10 Band dan Penyanyi Terkenal dari Bandung

Bagi Kamu, satu kata apa sih yang mewakili Bandung? Bandung selalu istimewa, kulinernya, tempat wisatanya dan juga musiknya. Beberapa penyanyi dan band terkenal lahir dan terbentuk di Bandung. Bahkan ada juga yang sudah melakukan tour ke berbagai macam belahan dunia.

Band dan Penyanyi yang Lahir dan Terbentuk di Bandung

Band dan penyanyi di bawah ini ada yang masuk industri pasar musik Indonesia ada yang tidak. Walaupun begitu kemampuannya sudah mendunia loh. Bahkan ada yang mendapatkan tawaran tour keliling Amerika. Siapa  saja? Ini dia :

  1. Tulus

Tulus memang lahir di Buktitinggi tapi Bandung adalah sebuah rumah baginya. Hal ini dikatakan oleh Tulus beberapa waktu lalu pada awak media. Bahkan album monokrome pada Tahun 2016 dibuat dan dilaunchingkan di Bandung.

Bagi Tulus, Bandung adalah sebuah inspirasi baginya untuk menulis lagu. Baru-baru ini ia menggelar konser di Bandung berkolaborasi dengan Waljinah.Tentunya, hal ini mendapat apresiasi yang besar dari Rakyat Bandung. Nah, diantara beberapa lagu Tulus mana nih yang Kamu suka?

  1. Doel Sumbang

Penggemar musik era 70-an pasti sudah tidak asing lagi kan dengan nama Doel Sumbang. Penyanyi dengan ciri kacamata hitam dan gitarnya, nyatanya hingga saat ini masih menempati posisi atas top musik Sunda. Suara yang khas membuat lagu-lagu Doel Sumbang tak lekang dimakan waktu.

  1. Rizky Febian

Kalau yang satu ini, idolanya anak muda. Anak dari Entis Sutisna atau yang akrab dipanggil Sule adalah salah satu penyanyi solo yang bertalenta. Sudah banyak lagu yang dinyanyikannya dan rata-rata semua mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Beberapa karya Rizky Febian yang terkenal adalah lagu yang berjudul Penantian Berharga, Cukup Tau, Menari dan Kesempurnaan Cinta. Kira-kira Kamu udah denger yang mana nih? Atau udah denger semuanya?

  1. The S.I.G.I.T

The S.I.G.I.T singkatan dari The Super Insurgent Group of IntemperanceTalent adalah salah satu band indie yang terkenal hingga ke mancanegara. The S.I.G.I.T pernah mendapatkan tawaran untuk interview di salah satu radio lokal Australia.

Oleh karena itu, tak heran jika nama The S.I.G.I.T tidak terkenal di masyarakat Australia. Mereka juga pernah melakukan tour ke berbagai negara diantaranya Jepang, Hongkong, Macau, dan Amerika Serikat. Keren kan?

  1. Burger Kill

Band indie yang terkenal dengan lagu Tiga Titik Hitam ini pernah tampil pada konser rock terbesar di Australia. Mereka juga pernah mendapatkan penghargaan dengan kategori Mental As Fuck pada Golden Gods Awards di Tahun 2013.

Tak hanya itu, Burgerkill juga mendirikan sebuah komunitas musik Underground Bandung dengan nama Ujung Burung Rebel. Bahkan mereka juga sering menerima endorsment berbagai produk terkenal  dari Amerika.

  1. Speaker First

Speaker First adalah band indie yang sukses membuat Amerika kagum. Beranggotakan tiga orang tampan band ini pernah melakukan tour ke tujuh negara di Amerika Serikat.

Walaupun sempat vakum beberapa waktu lalu, Speaker First sudah kembali ke musik tanah air dan mancanegara pada tahun 2016, ditandai dengan diadakannya konser internasional di London, Inggris.

  1. Jeruji

Jeruji adalah salah satu band rock and roll yang mengusung genre punk. Band yang lahir di Bandung ini sudah pernah tour ke 9 negara selama 20 hari loh. Hal ini terbukti kan bahwa citra punk tidak selalu jelek. Tergantung mau disalurkan ke arah mana.

  1. Mocca

Suara Arina yang khas dan parasnya yang manis membuat Band Mocca tidak hanya terkenal di dalam negeri tetapi juga di mancanegara. Yang membuat lebih kagum lagi, mereka sangat digemari di Korea Selatan. Berkali-kali Band Mocca menghadiri undangan manggung dalam acara festival musik di sana.

  1. Bottlesmoker

Bottlesmoker hanya beranggotakan dua orang. Walaupun mereka tidak mengkomersilkan karya-karyanya dan bisa bebas di download secara gratis, tapi Bottlesmoker sudah digandeng label terkenal di Amerika Serikat loh.

Mereka juga pernah melakukan tour ke berbagai negara di belahan dunia. Diantaranya Brunei Darussalam, Malaysia, China, Thailand dan lain-lain.

  1. Isyana Sarasvati

Siapa nih yang suka dengerin lagu Isyana, kalau suka, kira-kira lagu apa yang paling sering Kamu dengarkan. Perempuan kelahiran Bandung ini, baru kemarin melaksanakan konser yang bertemakan forestra.

Bersama dengan para musisi lainnya,Isyana tampil memukau. Membuat suasana di Gunung Tangkuban Perahu menjadi hangat. Selain itu, konser yang diadakan pada tanggal 29 September kemarin juga merupakan inovasi dari Dinas Pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Beberapa band di atas sebagian memang tidak familiar di telinga masyarakat Indonesia. Juga ada yang tidak masuk pasar industri musik negara kita seperti Speaker First. Namun, jangan diragukan lagi kualitasnya. Berkat lagu dan kualitas mereka negara kita terkenal hingga ke mancanegara, dan mendapatkan penghargaan bergengsi di sana. Patut diacungi jempol nih.

Tinggalkan komentar