10 Gunung Yang Wajib Kamu Kunjungi di Bandung

Bandung, nampaknya kota ini memang paket lengkap ya. Tidak hanya kuliner dan budayanya saja tetapi juga keindahan panorama alam yang selalu menarik perhatian masyarakat Indonesia. Salah satu wisata alam yang disajikan oleh Bandung adalah Gunung yang mengelilingi seolah-olah seperti pagar.

10 Gunung Yang Wajib Kamu Kunjungi Ketika di Bandung

Gunung di Bandung memang cukup banyak, seperti di Kota Malang. Jika Kamu lihat dari tempat ketinggian akan menyajikan keindahan alam yang luar biasa. Gunung tersebut dijadikan tempat wisata dan sudah terkenal di berbagai penjuru. Ini dia referensi 7 gunung yang ada di sekitar Bandung :

  1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu
source : @info_cimahi

Gunung tangkuban perahu terkenal dengan legenda Sangkuriang dan Ibunya. Gunung ini terletak di arah utara Bandung tepatnya di Lembang dengan ketinggian mencapai 2.048 mdpl. Selain kental akan sejarahnya, ternyata Gunung Tangkuban Perahu juga menyajikan keindahan alam yang wajib untuk dikunjungi.

  1. Gunung Manglayang

gunung manglayang
source @kusumah845

Gunung Manglayang terletak di daerah Cileunyi yang berbatasan dengan Kabupaten Sumedang dengan ketinggian 1.818 mdpl. Jika dari stasiun, sekitar 25 km perjalanan yang harus ditempuh untuk sampai di gunung ini.

Jika Kamu ingin mendaki di Gunung Manglayang bisa banget. Di sana, terdapat 2 pos untuk istirahat para pendaki. Butuh waktu sekitar 3 jam untuk mencapai puncak dengan trek yang cukup mudah. Bagaimana apakah Kamu tertarik untuk mengunjunginya?

  1. Gunung Bukit Tunggul

Bukit Unggul Bandung Utara
source : @andhikayudi_

Masih berada di jajaran pegunungan Bandung Utara, yaitu Gunung Bukit Tunggul. Gunung Bukit Tunggul Merupakan gunung tertinggi dengan ketinggian yang mencapai 2.209 mdpl.

  1. Gunung Burangrang

Burangrang 2050mdpl
source : Burangrang 2050mdpl

Gunung Burangrang terletak di ketinggian 2.065 mdpl. Disebut sebagai gunung parasit karena gunung ini merupakan sisa letusan Gunung Sunda Purba beribu tahun yang lalu. Secara administratif, Gunung Burangrang terletak di sebelah barat Bandung berbatasan dengan Kabupaten Purwokerto.

Kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 3 jam agar sampai di tempat ini. Uniknya, Kamu bisa melihat hampir keseluruhan Bandung, Cimahi dan Purwakarta dari ketinggian.

  1. Gunung Palasari

gunung palasari
source : @jakadongs

Siapa nih yang ingin merasakan sensai pemandangan tiga gung sekaligus? Gunung Palasari terletak diantara Gunung Manglayang dan Gunung Bukit Unggul. Ketinggiannya hanya sekitar 2.000 mdpl.

Gunung ini sering menjadi tujuan para pendaki. Karena hutan yang masih lebat dan trek yang lumayan susah bisa memacu adrenaline pengunjungnya. Jika Kamu ingin ke sini, tetap jaga keselamatan dan berhati-hati ya.

  1. Gunung Wayang

gunung wayang kertasari bandung
source : @hekahertanto

Membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari pusat Kota Bandung untuk sampai di Gunung Wayang Lebih tepatnya terletak di Kertasari, Pengalengan, Bandung. Gunung yang mempunyai ketinggian sekitar 2241 mdpl ini walaupun belum memiliki jalur awal pendakian, tetap tidak mengurungkan niat pendaki untuk berkunjung ke sini.

Sembari berjalan menuju puncak, pendaki akan disuguhkan dengan keindahan kebun teh yang sangat luas. Membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk sampai ke puncak. Bagaimana tertarik untuk ke sana?

  1. Gunung Putri

Kalau gunung yang satu ini memang cukup hits ya dibanding dengan yang lainnya. Gunung Putri terletak di daerah Lembang. Gunung dengan ketinggian sekitar 1587 mdpl ini menawarkan keindahan Lembang dan sekitarnya.

Selain itu, gunung yang disebut dengan Geger Bintang Matahari ini bisa digunakan untuk berfoto ria. Pemandangan seperti pohon pinus bengkok menjadi spot foto kekinian yang bisa menambah followersmu di Instagram.

  1. Gunung Artapela

gunung artapela 2194mdpl
source : @penikmattlelah

Gunung Artapela  juga tidak kalah terkenalnya dengan Gunung Putri. Membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai di sini. Pemandangan yang cantik dengan jalur yang sangat bersahabat sangat recommended buat Kamu yang ingin menikmati pemandangan Kota Bandung dari atas.

Terletak di ketinggian sekitar  2.194 mdpl, membutuhkan waktu 3 jam untuk mendaki Gunung Artapela. Sekedar tips, karena gunung ini belum memiliki tempat untuk berteduh, maka sebaiknya berangkat pagi sekali atau sekalian malam, jangan siang hari.

  1. Gunung Puntang

gunung puntang
source : @pemburu.sunrise.sunset

Gunung Puntang ini terkenal dengan kejadian mistisnya, beberapa pendaki sering mengetahui hantu yang menyerupai tentara Jepan dan Noni Belanda. Belum lagi legenda Curug Siliwangi yang terkenal angker di kalangan masyarakat.

Namun walaupun begitu, gunung dengan ketinggian 2.223 mdpl ini menyajikan pemandangan yang indah. Butuh waktu sekitar 6-7 jam untuk sampai di puncaknya. Jika Kamu berniat untuk ke sana dan sudah sampai puncak jangan lupa untuk mandi di sungai yang ada di sekitar area perkemahan.

  1. Gunung Patuha

gunung patuha
source : @din2fa

Nah kalau Gunung Patuha ini terletak di sebelah selatannya Bandung. Berada di ketinggian 2.432 mdpl merupakan gunung tertinggi di deretan Bandung Selatan. Objek wisata yang paling terkenal di gunung ini adalah Kawah Putih.

Tetap hati-hati ya ketika akan mengunjungi gunung manapun. Karena yang paling terpenting adalah keselamatan. Selalu jaga sopan santun dimanapun berada. Termasuk juga di beberapa gunung yang sudah disebutkan di atas.

Tinggalkan komentar