12 Kata-Kata Lucu Bahasa Sunda dan Maknanya

Indonesia memang negara yang memiliki keanekaragaman bahasa, suku dan ras. Salah satunya adalah Bahasa Sunda. Menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari juga salah satu menghargai keanekaragaman Indonesia loh.

12 Kata-Kata Sunda yang Lucu Beserta Maknanya

Logat halus dan juga lucu membuat Bahasa Sunda sering digunakan dalam beberapa sinteron atau film. Apalagi saat ini di media sosial juga sedang marak status Bahasa Sunda yang lucu-lucu. Jika Kamu ingin update status atau berbicara dengan Bahasa Sunda, kata-kata di bawah ini bisa Kamu tiru.

  1. Ceuk Uing Mah Putus Cinta Jeung Kabohoh Teh Teu Sabanding Nyeurina Pas Uing Pegat Senal Keur Apel Ka Imahna.

Arti kalimat pertama ini adalah menurut Saya, putus cinta itu sakitnya tidak seberapa jika dibanding dengan sandal yang putus ketika mau berkunjung ke rumahnya. Hayo siapa nih yang udah pernah ngrasain kayak gini? Sakit kan?

  1. Bapakna Cool, Mamahna Hot. Ke Pasti Budakna Bakal Dispenser

Artinya, Bapaknya cool mamanya hot pasti anaknya seorang dispenser. Pleseten ini lucu sekali kan? Cocok banget buat perumpaan bahwa di dunia ini memang tidak ada yang sempurna. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

  1. Pasti Peurih Sih Lamun Diputuskeun Teh, Komo Deui Lamun Diputuskeunna Sabab Direbut Babaturan Sorangan

Kalau ini sindiran banget untuk teman yang suka merebut pacar teman, atau bahasa kerennya teman makan teman. Arti kalimat ini adalah putus cinta memang sakit, apalagi kalau diputuskan karena direbut teman sendiri. Cocok banget buat Kamu yang sedang patah hati.

  1. Upamen Anjen Jadi Beurit, Aa Mah Rela Jadi Gotna, Supados Anjeun Tiasana Kukucuprakan Samaotna

Kalau kamu orang Sunda pasti tahu nih arti kata beurit. Beurit artinya adalah tikus. Lebih tepatnya, arti kalimat di atas adalah jika Kamu jadi tikus, Aku rela untuk jadi gotnya, supaya Kamu bisa main air sepuasnya. Lucu banget kan? Pasangan disamain dengan tikus.

  1. Semoga Kamu Cepat Putus Sama Kabogoh Kamu Yang Mukanya Ledug Kaya Keresek Gahu Yang Sararoek Itu

Kalau ini katanya agak frontal ya, tapi lucu. Kalimat ini bisa Kamu contoh kalau lagi kesel sama sainganmu. Artinya adalah semoga Kamu cepat putus dengan gebetanmu yang mukanya jelek seperti kantong tahu yang sobek itu.

  1. Ayeuna Uing Keur, Teu Hayang Ngomong Jeung Api-Api Pohon Ingetan.

Artinya adalah, kalau lagi kesel gini, Aku nggak mau ngomong dan pura-pura hilang ingatan aja. Ngeluh tapi kok lucu ya. Apalagi jika diucapkan dengan logat Sunda yang khas.

  1. Ulah patah semangat usaha teh, inget cicileun masih panyang

Selain lucu, kalimat Sunda satu ini juga bisa menambah semangat dalam mencari rezeki. Artinya adalah jangan sampai kamu patah semangat untuk berusaha menggapai sesuatu. Ingat cicilan masih panjang. Bisa Kamu buat status dan menyemangati teman-teman yang membacanya.

  1. Ulah Waka Sombong Lamun Acan Bisa Balap Motor Sambil Kunci Setang

Sindiran banget kalau ini, artinya adalah jangan Kamu berlagak sombong kalau belum bisa balap motor sambil dikunci setang. Ada-ada aja nih orang Sunda. Mana bisa balap motor sambil kunci setang? Hahaha

  1. Lur Inget Hirup Mah Teu Bisa Sagala Instant. Mun Hayang Instant Ninyuh Sarimi Weh

Apa artinya? Jaman sekarang tidak ada segala sesuatu yang instan, kalau mau nyari yang instan mending buat mie aja sana. Memang benar, di era serba modern ini masyarakat sukanya yang instan-instan padahal mereka tidak tahu bahwa yang terpenting adalah prosesnya.

Hasil adalah nomer kesekian. Kalimat ini juga cocok dengan kata motivasi “proses tidak akan menghianati hasil” artinya segala sesuatu harus berjuang dulu.

  1. Urang Mah Paling Teu Bisa Ningali Mantan Jeung Kabogohna, Teu Bisa Nahan Hayang Malentong

Hayo apa artinya nih? Artinya adalah Aku paling tidak tahan kalau lihat mantan lagi sama kekasihnya. Bawaannya pengen nimpukin aja. Jangan dong ya, kasihan mantan dan gebetannya juga manusia.

  1. Ah Rek Sare Sugan Ngimpi Mantan Pasea Jeung Kabogohna. Dek Di Kekeak Kua Ing

Artinya, tidur dulu ah siapa tau mimpi mantan bareng pacarnya. Nanti Aku kompor-komporin. Emang dasar ya orang Sunda ini lucu-lucu. Tapi ingat, jangan selalu ngomongin atau berharap ke mantan dariapda nanti sakit hati ya kan.

  1. Hampura, Pulsa Maneh Teu Mahi Keur Ningali Foto Uing

Ini adalah kesombongan orang Sunda tapi dibuat bercandaan. Artinya adalah silahkan beli pulsa dahul agar bisa melihat foto Saya. Bisa nih, buat seru-seruan di facebook.

Menurut Kamu, mana nih kata-kata di atas yang sesuai banget sama suasana hati sekarang? Kesel, marah atau lagi pengen nimpuk mantan sama gebetannya. Yang pasti, ini hanyalah guyonan semata dan kata-kata tersebut sudah familiar di media sosial. Kamu mau buat status dengan kata-kata yang mana?

Tinggalkan komentar