Gaya Hidup

7 Dampak Negatif TikTok yang Perlu Diwaspadai

CIANJURUPDATE.CO – Dampak negatif TikTok merupakan hal yang harus kamu ketahui. Sebab, banyak fenomena yang telah terjadi di dunia maya tentang penggunaan aplikasi yang saat ini semakin populer.

Salah satu dampak menggunakan TikTok adalah pemakaian gadget seperti smartphone semakin meningkat. Dengan demikian, media sosial pun menjadi ramai digunakan.

Bagi kamu menggunakan TikTok pasti tahu bahwa aplikasi ini punya berbagai macam konten video. Mulai dari musik, tantangan, tarian, panduan, penyuntingan serta kisah kehidupan. Konten tersebut bertujuan untuk memberikan hiburan, kelucuan, pendidikan, bahkan dapat menjadi konten viral.

Dampak Negatif TikTok

Dengan viralnya TikTok, khususnya di kalangan remaja, menimbulkan berbagai macam masalah, bahaya serta dampak negatif jika salah dalam penggunaannya. Meskipun, terdapat pula dampak positifnya.

Baca Juga: SSSTiktok Download Video TikTok Tanpa Watermark HD

Berikut adalah dampak negatif TikTok yang harus kamu ketahui:

Menurunkan Produktivitas

Bermain TikTok dalam kurun waktu yang lama, dapat menimbulkan sejumlah hal negatif. Salah satunya menurunkan produktivitas. Jika Anda menggunakan waktu yang lama hanya untuk menonton konten TikTok, maka akan lupa dengan kegiatan dan pekerjaan lain.

Lupa Waktu

Kita semua tahu bahwa waktu adalah hal yang berharga. Oleh sebab itu, apabila kamu terlalu lama menonton TikTok, maka kamu membuang waktu secara sia-sia.

Kecanduan seseorang dalam menonton TikTok bisa merusak manajemen waktu yang sudah disusun selama 24 jam setiap harinya. Pekerjaan positif seperti belajar atau bekerja akan semakin berkurang karena terlena dengan hiburan di TikTok dalam jangka waktu lama.

Menyebabkan Kurang Tidur

Sudah jadi rahasia umum bahwa pemakaian gadget seperti smartphone dengan berbagai macam aplikasi dan games menjadikan orang terlena sampai lupa waktu.

Sama halnya dengan orang-orang yang kecanduan menonton TikTok. Mereka rela kehilangan waktu tidurnya di malam hari karena menonton TikTok dan tidak ingin ketinggalan tren terbaru. Apabila hal ini terjadi pada kamu, tentunya akan sangat membahayakan kesehatan.

Terpapar Video TikTok Negatif

Video apapun yang ditonton dan dibagikan ke internet, termasuk di TikTok harus bermuatan positif. Jika konten yang dibagikan dan ditonton tidak diseleksi dengan baik, tentunya video yang tidak layak bisa membuat orang lain akan terpapar hal negatif dan bersifat merusak mental.

Mempengaruhi Perilaku Remaja

Sebagian besar orang tidak sadar bahwa penggunaan TikTok dapat menimbulkan perubahan watak seseorang menjadi jelek. Misalnya ucapan kasar, gampang emosi, begadang, serta tidak bersosialisasi secara langsung dengan teman dan orang lain.

Hal ini bisa terjadi akibat konten yang tidak disaring sebelum ditonton atau tren yang tidak sesuai usia penonton. Maka dari itu, pendampingan orang tua sangat diperlukan bagi remaja yang menonton TikTok.

Video TikTok Hoax yang Bertebaran

Sebagian pengguna TikTok membagikan video yang sangat rentan dengan hoax. Seperti kita ketahui, banyak video TikTok yang memperlihatkan suatu kejadian tanpa kejelasan sumber informasi yang valid.

Sayangnya, sebagian pengguna TikTok malah menelan mentah-mentah konten itu tanpa memverifikasinya. Bahkan, sampai dibagikan ke banyak orang.

Anak di Bawah Umur Bisa Terpengaruh

Video TikTok yang bersifat acak dari berbagai lapisan usia membuka potensi pada anak-anak untuk menonton video memalukan, kasar, norak, jorok, mesum, materialis, serta video negatif lainnya.

Tanpa pendampingan orang tua, pastinya konten tersebut bisa dengan mudah ditonton oleh anak di bawah umur. Sebaiknya, aplikasi TikTok dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Jadi Wadah Bullying

Seringkali kita melihat video TikTok yang menampilkan sejumlah orang yang saling mengucapkan kalimat kasar dan cemoohan pada pihak lain.

Hal ini pun pastinya bisa berdampak buruk karena bisa ditiru anak-anak dan remaja. Seperti kita ketahui, konten di TikTok tidak memiliki sistem sensor dalam hal ucapan. Apabila dibiarkan, hal itu bisa ditiru di sekolah atau kampus sehingga terjadi aksi bullying.

Dengan mengetahui dampak negatif TikTok tersebut, tentunya kamu memerlukan upaya pencegahan dari orang tua dan pihak terkait dalam pengarahan, pengawalan, serta peninjauan secara terus menerus terhadap pengguna muda TikTok.

Selain itu, setiap pengguna direkomendasikan untuk mempunyai rasa tanggung jawab dan lebih pintar dalam memakai TikTok. Sehingga aplikasi tersebut bisa memberikan dampak positif daripada negatif untuk kehidupan sehari-hari.

Itulah dampak negatif TikTok yang perlu kamu ketahui. Kalau bukan kamu yang membawa perubahan, siapa lagi? Mari kita membawa hal positif untuk memberantas hal negatif di dunia maya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami