Cianjur Update

Ada Seribu Bangunan Ruangan SD Rusak di Cianjur

CIANJUR UPDATE, Cianjur – Di Cianjur sedikitnya ada 1000 ruang kelas SD yang rusak. Bahkan, Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, menerima laporan dengan adanya bangunan SDN Karyasakti Kecamatan Cibeber yang muridnya terpaksa belajar ngampar karena tak punya meja dan kursi.

Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur Aripin mengatakan, hasil laporan terakhir ada sekitar 1.000 ruangan kelas rusak. Kategori tersebut berdasarkan rusak ringan, rusak sedang, dan rusak berat.

Kepala Bidang sedikit mengkerutkan dahi, pasalnya satu ruangan rusak rata-rata memerlukan anggaran Rp 90 juta untuk memperbaikinya.

“Saya sudah menerima laporan SDN Karyasakti, untuk sekolah-sekolah rusak itu sebetulnya hampir di tiap kecamatan ada,” tuturnya kepada wartawan.

Sekolah-sekolah yang rusak itu sendiri, menjadi prioritas bagi Dinas Pendidikan untuk dipikirkan dan ditindaklanjuti agar segera mendapat bantuan.

“Semua bangunan yang tingkat kerusakannya rata-rata di atas 70% itu menjadi skala prioritas dan menjadi pengusulan dalam berbagai program bantuan,” katanya.

Baca Juga: Membahayakan, Batang Pohon di Cipanas Jatuh Hampir Menimpa Mobil

Pihaknya berharap ada ketersediaan anggaran untuk perbaikan sekolah yang laporannya sudah masuk dalam pemetaan.

Menurut Aripin sendiri, tujuan akhir memberikan kenyamanan kegiatan pembelajaran bagi tenaga pendidik dan kependidikan dengan adanya
memberikan kenyamanan perbaikan bangunan ruangan sekolah yang rusak.

“Jadi kami terus berupaya mudah-mudahan masuk di perubahan anggaran atau di anggaran murni 2023, nanti diupayakan dari berbagai program juga melalui dana alokasi khusus pusat,” jelasnya .

Untuk hasil dari pemetaan sejauh ini sudah masuk laporan sekolah rusak terdata sebanyak 1.000 lebih.

“Makanya untuk SD bukan hal yang sederhana kalau berbicara anggaran karena ada 1.000 lebih bangunan ruangan rusak, memang tingkat kerusakannya diklasifikasi dari mulai rusak berat, menengah, dan ringan jadi kami akumulasi 1.000 lebih bangunan ruangan sekolah dan membutuhkan anggaran. Kalau misalnya per lokal di angka 90 juta tinggal mengalikan saja jumlahnya,” pungkasnya.(afs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami