Tips & Tutorial

Apa Makna Dari Ucapan Syafakallah? Berikut Arti dan Pembahasannya secara rinci

Apa Arti Syafakallah? Ini Penjelasannya, Islam merupakan agama yang mengutamakan tolong menolong dalam kehidupannya. Seperti yang dijelaskan dalam surat Al-Maidah ayat 2 yang mengandung perintah untuk tolong menolong dalam sendi kebaikan . Menolong bukan berarti secara fisik saja melainkan juga dengan ucapan dan doa, beberapa orang yang membutuhkan bantuan secara fisik bisa saja akan terkabul hajatnya jika kita mendoakannya supaya rezekinya tercukupi. 

Tetapi apakah menolong hanya untuk sebatas perjuangan dalam kehidupan saja? Tentu saja tidak, tolong menolong dapat kita lakukan seperti halnya memberi sumbangan pada orang yang sedang sakit atau membantu mereka untuk berobat. Salah satu bentuk tolong menolong kepada orang sakit yang lazim ditemukan ialah dengan mendoakannya. Karena dengan doa, sesuatu akan berjalan dengan lancar. 

Ucapan Syafakallah dalam Islam

Menuruti surat Al-Maidah ayat 2 yang berarti “Tolong menolong lah kamu dalam hal kebaikan dan jangan tolong menolong kamu dalam hal kejahatan” kita diharuskan untuk selalu menolong sesama muslim. Apabila ada tetangga yang sakit kita menjenguknya, apabila ada tetangga yang membutuhkan kita membantunya dengan semampu kita. 

Sekecil apapun niat kita terhadap orang lain pasti akan bernilai pahala di sisi Allah SWT. Dalam hal tolong menolong untuk orang sakit, banyak sekali yang bisa dilakukan salah satunya mendoakannya. Nabi sering mencontohkan kepada umatnya agar memberi doa kepada si sakit dengan sebutan “Syafakallah” 

Beberapa sahabat yang mendengarnya beranggapan bahwa ucapan tersebut merupakan doa yang mustajab bagi si sakit agar segera sembuh. Tetapi apakah doa tersebut untuk lelaki atau perempuan? Sahabat pun bertanya kepada nabi. Sesuai hadis nabi, beliau pernah berkata “Syafakallah syifaan ajilan, syifaan la yughadiruu ba’dahu saqaman” yang artinya “semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya dengan kesembuhan tiada sakit selepasnya” 

Dari penggalan hadis tersebut, nabi menjelaskan bahwa lafadz Syafakallah adalah untuk lelaki. Sedangkan untuk perempuan sendiri nabi berkata Syafakillah yang “ki” nya berarti perempuan. Para sahabat kemudian menerapkannya ketika terdapat salah seorang dari mereka yang sakit.

Dalam sendi Islam, tolong menolong merupakan sebuah anjuran bagi pemeluknya. Salah satu contohnya adalah ketika terdapat orang yang sakit maka kita harus mendoakannya atau memberinya bantuan. Doa yang dapat kita ucapkan seperti apa yang diucap oleh Rasulullah Saw, yakni “Syafakallah”. Kita sebagai umatnya tentu harus mengikuti apa yang Rasulullah lakukan. 

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami