Techno

Apa Saja Perangkat Untuk Membangun Infrastruktur Jaringan VLAN? Ini Dia!

CIANJUR UPDATE – Artikel ini akan menjawab pertanyaan Anda tentang Apa Saja Perangkat Untuk Membangun Infrastruktur Jaringan VLAN? Semakin hari semakin ramai pengguna internet, tak bisa dipungkiri karena sekarang sudah ramai pengguna perangkat jaringan yang dapat kamu gunakan sebagai sarana mengakses internet.

Munculnya beberapa jaringan yang dapat menghubungkan perangkat dengan internet tak terlepas dari pentingnya melakukan kehidupan sehari-hari berbasis online. Kamu bisa berkomunikasi secara global, bekerja secara online, dan mencari hiburan secara online hanya dengan diam di rumah sembari menggunakan perangkat jaringan tersebut.

Sebut saja VLAN, sebuah topologi jaringan yang banyak dipakai di kantoran, rumahan, maupun perusahaan. Lantas mengapa mereka cenderung memilih VLAN? Apa kelebihan dan bagaimana cara membangun perangkat VLAN? Berikut ini penjelasannya!

Jaringan VLAN

Pernah mendengar kata LAN? Bernama lain Local Area Network merupakan sebuah jenis jaringan yang hampir sama dengan VLAN, bahkan bisa dikatakan bahwa VLAN ialah sebuah modifikasi dari jenis LAN. Mengapa begitu, karena pada dasarnya jaringan LAN lebih terfokus pada jumlah perangkat yang terhubung dalam satu switch dengan keadaan fisik. Itu artinya komputer harus benar-benar terhubung secara offline tidak memiliki kebebasan ruang secara terbuka. 

Sedangkan VLAN merupakan singkatan dari Virtual Local Area Network. Dari namanya saja kamu bisa mengetahui bahwa topologi jaringan ini bersifat bebas secara ruang alias memberikan kebebasan pada anggota perangkat yang terhubung dalam satu switch akan proses penghubungan mereka secara virtual atau online. Jadi beberapa data yang akan diterima maupun dikirim melalui jaringan VLAN ini tidak akan diketahui oleh perangkat dalam satu switch yang sama. Karena mereka memakai cara online dalam rangka menghubungkan perangkatnya. 

Baca Juga: Jaringan Internet Kartu Indosat IM3 Gangguan Hari Ini? Begini Cara Mengatasinya

Apa Saja Perangkat Untuk Membangun Infrastruktur Jaringan VLAN?

Tak terlepas dari banyaknya pemakai jaringan ini dikalangan perkantoran maupun perumahan, VLAN memiliki beberapa faktor pembentuk sebuah topologi jaringan. Tanpa adanya perangkat pembentuknya, jaringan VLAN tidak dapat diciptakan. Berikut ini perangkat pembangun infrastruktur VLAN:

  1. Komputer server dan client

Cara kerja sebuah komputer yang digunakan sebagai penyimpan data ini hampir mirip seperti penjual dan pembeli. Dimana komputer server berperan sebagai penjual sedangkan komputer client sebagai pembelinya. Jadi diantara keduanya akan terdapat proses pemindahan dan pertukaran data. Semua data yang berkaitan atau sudah diproses oleh client akan tersimpan di komputer server.

  1. Kabel dan konektor

Merupakan sebuah kerja sama yang tidak bisa dilepaskan, antara kabel dan konektor merupakan sebuah perangkat yang berperan penting dalam suatu jaringan. Kabel berperan dalam penghubungan perangkat satu dengan yang lainnya, sementara itu 

konektor memiliki fungsi penghubung kabel dengan adapter kabel itu sendiri. 

  1. Switch

Biasa dikenal sebagai pemecah sebuah jaringan dalam satu server dimana semua perangkat yang sudah terhubung di dalamnya akan terbagi menjadi beberapa bagian sesuai tipe switchnya. Semakin banyak frekuensi perangkat yang dapat masuk maka semakin mahal pula harganya. 

  1.  NIC (Network Interface Card)

Berperan sebagai penghubung antar komputer melalui jalur nirkabel, NIC sangat dibutuhkan dalam rangka menghubungkan komputer satu dengan yang lain. Biasanya pada komputer sudah terdapat NIC di dalamnya atau bisa juga telah terpasang pada motherboard. 

  1. Router

Perangkat berbentuk kotak ini memiliki fungsi yang sangat penting yakni mengatur keluar masuknya sebuah data yang diberikan atau diterima dari server ke client. Selain itu dengan router, kamu bisa menginginkan jaringan mana yang ingin dihubungkan atau tidak. 

Dalam rangka mendapatkan sebuah kelancaran berinternet kamu bisa menggunakan topologi jaringan VLAN. Selain memiliki kemudahan dalam segi penghubungan melalui online, proses penerimaan dan pengiriman data terbilang lebih fleksibel dan efektif. Tertarik menggunakan jaringan VLAN?

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami