Cianjur Update

Banjir dan Longsor Terjang Campaka Cianjur, Satu Rumah Hampir Roboh

CIANJUR UPDATE, Campaka – Kampung Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur diterjang banjir dan longsor pada Minggu, (11/09/2022). Dua rumah warga terdampak akibat bencana yang terjadi saat hujan deras melanda lokasi.

Diketahui, bencana itu diakibatkan hujan deras yang mengguyur lokasi itu. Kawasan berbukit mengakibatkan tanah longsoran menerjang sejumlah rumah warga.

Selain itu, banjir dan tanah longsor tersebut ikut membawa pohon-pohon yang membuat sejumlah genting rumah warga rusak. Tidak hanya itu, air pun masuk sampai ke dalam rumah dengan tinggi hingga mata kaki orang dewasa.

Menurut Informasi yang dihimpun dua rua rumah warga tersebut milik Budi (36) dan Yadi (35). Warga sekitar Ejat (50) menyebut hujan melanda cukup lama. Akan tetapi, setelah reda longsor menimpa rumah warga.

“Hujannya besar cukup lama, namun setelah hujan reda, tanah longsor dan menimpa rumah pak Budi dan Yadi,” ujar dia.

Baca Juga: Diduga Niat Bunuh Diri, Seorang Pria Loncat Dari Lantai 3 Gedung Biliard Sky

Menurutnya, dari kejadian ini tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, karena penghuni rumah tidak berada di dalam.

“Alhamdulillah tidak ada korban, karena pas kejadian penghuni rumah langsung berhamburan keluar, jadi semuanya selamat,” ucap dia.

Akibat kejadian tersebut, kedua rumah warga rusak berat karena tertimpa longsoran tanah. Kerugian akibat kejadian tersebut diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

“Kami bersama warga gotong-royong membantu barang-barang yang masih bisa diselamatkan, dan menyingkirkan material longsor tanah,” paparnya.

Kapolsek Campaka AKP Irwan Alexsander menyebut, ada dua rumah warga yang terdampak banjir dan longsor. Akan tetapi, karena warga dengan cepat menyelamatkan diri, sehingga tidak ada korban jiwa dari bencana ini.

“Tidak ada korban jiwa. Dan dua rumah terdampak,” singkat dia.

Kepala Bada Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Fatah Rizal mengaku sudah menurunkan personel BPBD guna meninjau lokasi yang terdampak banjir dan longsor tersebut.

“BPBD telah dilokasi. Dan melakukan assesment,” ucap Fatah.

Fatah menjelaskan, tentang rincian kerugian dari warga terdampak, pihaknya masih menunggu hasil laporan di lapangan. “Masih menunggu hasil asessment lapangan,” tutup dia.(afs/ren)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami