Gaya Hidup

Cara Memakai Sumpit yang Tepat dan Benar

CIANJUR UPDATE – Cara memakai sumpit merupakan tradisi masyarakat Jepang dalam mengambil makanan dari mangkuk dengan menggunakan sumpit. Biasanya ada beberapa cara antara lain gunakan ibu jari, telunjuk serta jari tengah menggenggam sumpit.

Atau alternatif lain gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk mengangkat makanan. Terlihat sederhana mengambil makanan pakai sumpit, tetapi semudah apa yang dilihat. 

Hal ini perlu tehnik tersendiri,karena belum biasa memegang sumpit. Atau kemungkinan juga  tidak banyak memahami bagaimana cara memakai sumpit yang benar dan berikut penjelasannya dilansir dari laman live Japan

Pertama pegang sumpit di antara jari telunjuk dan ibu jari kemudian gunakan jari manis sebagai penyeimbang. Setelah itu,  letakkan pula sumpit kedua di antara jari telunjuk dan ibu jari dan pakai jari tengah untuk penyeimbang.

Langkah berikutnya gunakan ibu jaari, telunjuk dan jari tengah untuk menggenggam sumpit kedua 

Setelah itu, gunakan ibu jari, telunjuk, dan jari tengah untuk menggenggam sumpit kedua dengan kuat. Langkah lain dalam cara memakai sumpit  pakai jari telunjuk dan jari tengah mengangkat makanan. Terakhir, gunakan pula jari telunjuk serta jari tengah  menutup sumpit agar tertahan dan makanan bisa diagkat.

Cara memakai sumpit

Etika Cara Memakai Sumpit di Negara Jepang

Caranya memang menarik, tetapi kebiasaan masyarakat Jepang mempunyai tata cara, etika tersendiri dalam menggunakan sumpit. Ada larangan meletakkan sumpit di tepi mangkuk atau populer dengan istilah Watashi Bashi.

Posisi sumpit yang demikian menandakan Anda sudah selesai makan,atau pertanda makanan tidak enak, maka letakkan pada tempat yang sudah disediakan.

Masih ada beberapa istilah maupun kebiasaan lain yang berkaitan dengan penggunaan sumpit salah satunya istilah Yose Bashi atau larangan memakai sumpit untuk menarik piring. 

Menariknya sumpit yang biasanya digunakan ketika makan mie, tetapi di negara asalnya bisa dimanfaatkan sebagai alat makan semua makanan. 

Bahasa Jepang makanan biasa dimakan dengan sumpit disebut istilah Hashi. Itulah sedikit  informasi dan ulasan singkat tentang cara memakai sumpit yang penting diketahui.

Artikel Terkait:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami