Tips & Tutorial

Cara Membuat Donat Enak Dengan Mudah, Coba Langkah Ini

Cara membuat donat memang mudah dan sederhana, tetapi penting diingat dalam proses pembuatannya perhatikan komposisi bahan dan proses pembuatannya. Alasannya dengan cara ini akan mendapatkan donat yang enak dan lezat.

Mengenal Donat

Sebelum mengetahui cara membuat donat terlebih dahulu perlu mengenali apa itu donat. Donat adalah cake mini atau sering dikenal sebagai kue kering dengan bentuk lubang tengah mirip seperti cincin.

Dalam perkembangannya donat terbagi menjadi 2 jenis,yaitu bread  Doughnut dan Cake Doughnut. Menariknya rasa donat memiliki 7 varian rasa antara lain donat kentang, donat meises,donat keju.

Selain itu, terdapat juga donat matcha,donat tiramisu kemudian donat oreo dan donat strawberry. Begitu banyak variasi rasa donat membuat disuka sebagian orang baik anak hingga orang tua.

Cara Membuat Donat

Sesudah memahami apa itu donat dengan berbagai variasi rasa donat.Maka saat membikin resepnya, tetapi terkadang sebagian orang  tidak tahu bagaimana cara membuat donat yang tepat. 

Anda bisa melihat resep  donat di Instagram, YouTube, Whatsapp atau media lainnya Berikut ini langkah mudah proses pembuatan kue donat yang dapat dicoba; 

Siapkan Bahan

Saat akan membuat adonan siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan donat meliputi tepung protein tinggi 450 gram, susu bubuk 50 gram,1 bungkus ragi dan satu sendok makan kaldu ayam.

Selain itu siapkan pula 150 ml air terus 75 gram gula pasir,1/2 sendok teh garam dan 1 sendok teh baking powder. Tidak lupa 75 gram mentega tawar.

Kemudian 4 butie telur ayam yang diambil kuning dan 500 ml minyak goreng. Bahan lain untuk topping penting mendapat perhatian, yakni gula halus serta keju chedar.

Cara Membuat Donat 

Setelah semua bahan sudah siap segera memulai mengolah adonan donat. Mula-mula siapkan air hangat kemudian masukkan gula pasir dan garam aduk sampai rata dan sisihkan.

Langkah berikutnya  campurkan tepung,susu, ragi,Royco kaldu ayam dan baking powder.Setelah itu, tambahkan pula mentega kemudian uleni pakai ujung jari sampai rata dan testurnya seperti pasir.

Baca Juga: Resep Ikan Bakar Cianjur yang Enak dan Cara Mudah Membuatnya

Sesudah adonan sudah selesai dibuat segera lubangi bagian tengah dan tuangkan telur ke dalamnya. Aduk lagi ke satu  arah sambil tuangkan sedikit demi sedikit larutan gula-garam yang telah dibuat sebelumnya hingga adonan kalis.

Roti Gandum, Jenis Makanan Terbaik untuk Turunkan Kadar Gula Darah

Cara membuat donat menarik lainnya adalah bulatkan adonan terus letakkan dalam wadah terus tutup memakai kain yang lembab. Biarkan adonan selama 1 jam sampai adonan mengembang dua kali lipat.

Adonan yang telah didiamkan kembali di buka dan diuleni lagi, Selesai adonan diuleni ambil sekitar 40 gram kemudian bulatkan dan ulangi lagi hingga donan habis,

Selanjutnya adonan donat yang sudah dicetak bulat  terus letakkan adonan pada wadah terus  tutup dengan kain diamkan selama 30 meit sampai mengembang.

3 Makanan Khas Sumedang yang Enak dan Menggugah Selera

Hal menarik dalam cara membuat donat ketika adonan donat yang telah mengembang kemudian goreng dalam minyak panas sampai matang warna kecoklatan terus angkat dan tiriskan.

Donat yang telah matang kemudian taburi dengan topping bisa menggunakan gula  halus atau keju cheddar parut baru sajikan. Tidak hanya topping gula dan keju jenis topping lain dapat taburkan sesuai selera yang sudah pasti seluruh keluarga senang.

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami