Gaya Hidup

Aktivitas Keseharian Masyarakat Usai Covid-19

Oleh: Nadia Toyyibah

CIANJUR UPDATE – Setelah dua tahun terakhir kita hidup dibawah waspada adanya Covid-19 yang melanda di Indonesia. Beberapa waktu lalu akhirnya kita seperti telah mendapatkan angin segar untuk bisa kembali memulai aktivitas keseharian kita sebagai masyarakat yang memiliki banyak aktivitas dan kesibukan baik bersekolah, bekerja hingga aktivitas – aktivitas lainnya.

Ya, Kabar gembira untuk kita semua kalangan masyarakat Indonesia melalui pernyataan orang nomor 1 di Indonesia yaitu Presiden Jokowidodo menyampaikan secara langsung beberapa waktu lalu mengenai kelonggaran boleh melepas masker. Beliau menyampaikan bahwa pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker.

Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker.

Namun untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, tetap harus menggunakan masker. Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia atau memiliki komorbid saya tetap sarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas.

Kemudian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa  bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap maka sudah tidak perlu lagi melakukan tes swab PCR maupun antigen. Kendati demikian, untuk para lansia masih harus tetap memakai masker karena sistem kekebalan tubuh yang sudah tidak semaksimal kalangan yang lebih muda.

Masyarakat Jangan Terlena Usai Covid-19

Melihat keputusan pemerintah tersebut, masyarakat diharapkan tetap tidak boleh terlena dan lengah dalam menjaga Kesehatan mereka. Dalam menghadapi usai covid-19 kita sebagai masyarakat tetap harus menjaga diri dan meningkatkan kekebalan tubuh kita. Kegiatan sehari-hari selama usai covid-19 akan berlangsung aman jika kita tetap menjaga jarak Ketika tidak memakai masker dan tetap menggunakan handsanitizer untuk memperkecil kemungkinan akan tertular penyakit dan kuman bersentuhan dengan benda-benda atau orang lain.

Selain itu, berolahraga, kegiatan bekerja sehari-hari selama usai covid-19 tetap harus diselingi dengan meluangkan waktu dengan berolahrag, mungkin bisa dimulai dengan olahraga sederhana dirumah seperti stretching, lari kecil, atau yoga bahkan lari pagi ke taman kota juga bisa dilakukan untuk tetap menjaga imunitas tubuh kita.

Usai covid-19 berlangsung akan lebih baik jika kita juga mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur di imbangi dengan vitamin C serta memperhatikan pola istirahat kita. Karena jika pola istirahat kita sangat minim, tentu sistem imun tubuh dapat menurun sehingga akan mudah terserang penyakit. Menghadapi pra covid, antusiasme masyarakat dalam melakukan berbagai kegiatan memang sudah sangat semarak sekali.

Namun kita tetap harus menjaga diri dari berbagai ancaman penyakit agar negeri ini benar-benar pulih dari wabah. Dengan melakukan aktivitas sehari-hari selama pra-covid dengan tetap memperhatikan Kesehatan, secara tidak langsung kita sudah membantu pemerintah dan negara dalam memerangi kasus covid-19. Jadi, Olahraga teratur, istirahat yang cukup, tetap menjaga jarak selama tidak pakai masker dan mengatur pola hidup sehat dapat lebih memperlancar kegiatan sehari-hari kita usai covid-19 dan mulai menikmati aktivitas menyenangkan kita tanpa masker dengan sebaik-baiknya.

Penulis: Nadia Toyyibah Mahasiswa UIN SGD Bandung

Artikel Terkait:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami