Gaya Hidup

Daftar Mata Pelajaran Untuk Anak SMA Jurusan IPA, Ada Apa Saja?

CIANJUR UPDATE – Masa-masa pendidikan merupakan masa yang terpenting dalam hidup seseorang. Kamu dapat mengenal sebuah pengetahuan saja sudah lebih dari cukup untuk membanggakan kedua orang tua. Tetapi pernahkah kamu melihat beberapa orang yang mengalami kesalahan pendidikan? Dalam artian salah ketika memilih jurusan ketika SMA yang ia sendiri tidak mampu untuk memahaminyam salah satunya jurusan IPA dan IPS karena punya mata pelajaran yang berbeda-beda.

Apakah Jurusan IPA di SMA Bagus?

Beberapa kasus salah jurusan kerap menjadi faktor penyebab ketidakpahaman seseorang akan sebuah materi. Hal ini kerap terjadi pada masa-masa SMA dimana sudah terdapat beberapa jurusan yang secara signifikan mengarah kepada masa depan seseorang tersebut. Jika ternyata ia salah memilih, seseorang tersebut tidak akan bisa mengembangkan bakatnya.

Karena hal itu kamu harus mampu mempertimbangkan bakat dengan sebuah jurusan yang disediakan, supaya tetap dapat mengembangkan sebuah bakat yang kamu tekuni. Salah satu jurusan yang sedang populer akhir-akhir ini tak lain ialah jurusan IPA. Mengapa tidak? Sekarang ilmu-ilmu sejenis pengobatan dan juga teknologi sangat diperlukan bagi negara. Sedangkan IPA merupakan tonggak awal seseorang memahami hal seperti itu termasuk kamu.

Baca Juga: Apa itu Forlap Dikti: Pengertian, Fungsi, dan Cara Daftar

Mata pelajaran jurusan IPA di SMA

Bagi kamu yang sudah familiar dengan jurusan pengetahuan sejak masa SMP tentu saja tidak merasa terkejut dengan pemecahan pengetahuan IPA pada waktu SMA. Perbedaanya hanya terletak pada mata pelajarannya yang semakin dikhususkan dan mendalam. Lalu apa saja mata pelajaran tersebut? Berikut daftarya:

1. Kimia

Pernah mendengar tentang senyawa? Tepat sekali, senyawa merupakan sebuah bagian ilmu kimia. Jadi ilmu kimia ialah sebuah ilmu yang didalamnya terdapat pembahasan mengenai bagaimana sebuah materi terbentuk, cara-cara pembentukannya, energi, senyawa, dan zat-zat kimia yang lain. Simpelnya saja kimia merupakan ilmu jurusan IPA ini adalah tentang sebuah materi kehidupan.

2. Fisika

Kenal sosok bermana Albert Einstein? Merupakan bapak fisika dunia yang melegenda dengan temuan rumus relativitasnya. Fisika merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang gerak sebuah benda dan hal lain terkait gerak diamnya sebuah materi di alam semesta. Termasuk diantaranya teori relativitas yang memungkinkan pergerakan waktu secara relatif dialami oleh beberapa manusia sedangkan yang lain tidak. Singkatnya, fisika merupakan sebuah ilmu untuk mengetahui cara kerja alam semesta.

3. Biologi

Kehidupan dibagi menjadi 5 kingdom, setidaknya hal tersebut menurut cabang biologi. Yakni Plantae, animalia, monera, protista, dan fungi. Lalu mengapa hal tersebut dinamai ilmu biologi? Dikenal sebagai ilmu yang mempelajari makhluk hidup baik dari segi marga, taksonomi, kehidupan, predasi dan lain-lain, biologi juga merupakan cabang ilmu terbesar di dunia ini ada di jurusan IPA karena menyangkut segi kehidupan seluruh makhluk. Tak hanya itu saja, biologi juga membahas mengenai peristiwa seputar alam semesta dan kaitannya dengan manusia.

4. Matematika

Pernah menghitung Aljabar? Jika pernah, ternyata ilmu ciptaan Al-Khawarizmi seorang filsuf muslim ini begitu populer hingga sekarang dan menjadi bagian dari ilmu matematika. Selain ketiga ilmu diatas yang membahas seputar materi dan kehidupan, maka matematika menjadi pelengkap akan rahasia-rahasia alam semesta yang berkaitan dengan angka. Matematika sendiri ialah proses hitung-menghitung sebuah bilangan yang berasal dari pemahaman melihat pola dari sesuatu yang tidak terpola.

Dari keempat mata pelajaran diatas, semuanya saling berhubungan satu sama lain dan membentuk sebuah terobosan kehidupan berupa teknologi. Jadi tidak heran mengapa jurusan IPA selalu menghadirkan sebuah penemuan-penemuan unik di dunia. Berminat untuk memilih jurusan IPA?

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami