Cipanas Update

Delapan Jasad Terbawa Longsoran di Sindangjaya Ditemukan, Warga Segera Makamkan

CIANJUR UPDATE, Cipanas – Akhirnya delapan jasad yang terbawa longsoran saat tebing setinggi puluhan meter di dekat Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kampung Jolok RT 05 RW 02, Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Cianjur itu telah ditemukan, Sabtu (16/7/2022).

Menurut informasi yang dihimpun tim cianjurupdate.com di lapangan, makam yang terbawa itu ternyata berjumlah sembilan, dan satu mayat lagi masih dalam tahap pencarian.

Koordinator Desa (Kordes), Retana Desa Sindangjaya Cipanas, Budi Kristanto mengatakan, dari pagi hari hingga sore ini Retana, Redkar, warga dan aparat Desa masih terus melakukan pencarian jasad yang tergerus longsoran dini hari itu.

BACA JUGA: Tebing TPU Jolok Ambrol, Puluhan Makam Terbawa Longsoran

“Alhamdulillah dari pencarian tadi pagi hingga sore ini bersama tim gabungan sudah delapan mayat dari 9 makam yang terbawa karena longsor sudah dievakuasi,” ungkap Budi.

Namun, kata Budi, pencarian masih akan terus dilakukan. Sebab masih ada satu lagi mayat yang belum dapat dievakuasi karena lokasi longsor berlumpur dan banyak pohon bambu menghalangi.

“Menurut warga, tinggal satu lagi mayat yang belum ditemukan, sedangkan mayat lainya sudah dievakuasi dan dimakamkan kembali agak jauh dari longsor,” tuturnya.

Pencarian hari ini, kata Budi, menggunakan alat damkar untuk menyemprot lumpur dan di batu warga menggunakan alat cangkul.

“Untuk sementara saat ini pencarian di hentikan dulu. Tapi sebagian warga masih melakukan pencarian dan jiga blom di temukan akan di lanjutkan besok,” tandasnya.

LIHAT JUGA: Jalan Longsor di Tanggeung Cianjur Akan Dibangun Pemprov Jabar

Sebelumnya, tebing setinggi puluhan meter di Kampung Jolok RT 05 RW 02, Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Cianjur ambrol akibat hujan terus menerus tanpa henti sejak Jum’at hingga Sabtu (16/7/2022).

Akibat kejadian tersebut, sejumlah pemakaman di Tempat Pemakaman Umum (TPU) tergerus longsor sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.

Menurut informasi yang dihimpun Cianjur Update, dari 10 makam yang terbawa lima makam sudah dievakuasi dan lima kalinya masih dilakukan pencarian.

Salah seorang Anggota Retana Desa Sindangjaya, Cipanas, Fajar Ilyas mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi dari warga setempat bahwa tebing 30 meter penahan TPU Jolok ambrol.

“Iya kang kejadiannya sekitar jam 01.00 Wib dini hari. Peristiwa itu terjadi karena hujan terus menerus dari Jum’at siang hingga Sabtu pagi tadi,” katanya.

Menurutnya, dari kejadian itu tidak korban jiwa, hanya saja 10 makam terbawa longsor, dan saat ini warga sedang mengevaluasi mayat yang terbawa pergerakan tanah tersebut. (ren)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami