Cianjur Update

Dongkrak Ekonomi Warga, Karang Taruna Pasirnangka Manfaatkan Lahan Kosong Kelola Pertanian

CIANJURUPDATE, Cibeber – Karang Taruna Unit 5 Kampung Pasirnangka, memanfaatkan lahan kosong untuk memberdayakan para pemuda dan masyarakat umum yang berdomisili di Desa Cisalak, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur.

Lahan kosong yang digunakan dan dikelola sebagai perkebunan dan pertanian tersebut, ditanami berbagai macam sayuran, buah-buahan, dan tanaman ketahanan pangan lainnya.

Hal ini memberi dampak positif untuk kehidupan masyarakat khususnya bagi para pemuda, karena pemanfaatan dan pengelolaan lahan tersebut, merupakan sumber mata pencaharian baru yang bisa mengurangi angka pengangguran di kampung Pasirnangka.

Dikatakan Ketua Karang Taruna Unit 5, Ryan Faizal, pihaknya melakukan kegiatan tersebut dengan modal swadaya yang berasal dari uang kas.

“Di kampung saya banyak yang nganggur, kemudian kami memanfatkan lahan kosong untuk pertanian. Walau dengan modal sendiri dari uang kas Karang Taruna Unit 5, alhamdulilah ini bisa berjalan dan menghasilkan,” kata Boyang, sapaan akrab Ryan Faizal, kepada wartawan, Kamis (12/1/2023).

BACA JUGA: BNPB: Relawan Boleh Bantu Korban Gempa Cianjur, Tapi Jangan Hunian Tetap

Kemandirian pemuda Karang Taruna Unit 5 tersebut, memang tidak membuahkan hasil yang maksimal, lantaran keterbatasan modal operasional dan lahan, namun setidaknya mereka telah berusaha mandiri, kreatif dan inovatif dalam menciptakan kegiatan masyarakat di bidang pertanian.

“Setiap panen, mereka hanya menerima honor sebesar 50 ribu rupiah, tapi alhamdulillah kami tetap semangat, kompak dan bersyukur,” ungkap Boyang.

Karang Taruna Unit 5 merupakan salah satu Organisasi kepemudaan di Desa Cisalak Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur, tepatnya di Kampung Pasirnangka RW 05 yang sudah lama berdiri dan solid bahkan keberadaannya diakui oleh pihak Kecamatan Cibeber karena kekompakannya dalam kegiatan positif yaitu pemanfaatan lahan kosong untuk kegiatan pertanian dan perkebunan tersebut.

Namun demikian, hanya pihak pemerintah ke RW-an 05 yang selama ini membantu melalui Ketua RW-nya dengan cara menyediakan lahan untuk garapan. (Der)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami