Cianjur Update

Dua Relawan Terbawa Banjir di Hotel Lembah Permai Resort Cipanas

CIANJUR UPDATE, Cipanas – Dua orang Anggota Relawan Tangguh Bencana (Retana) sempat terbawa arus banjir ketika longsor melanda Hotel Lembah Permai Resort Cipanas, Jumat (14/10/2022). Diketahui, banjir dan longsor tersebut terjadi di Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Menurut pantauan Cianjur Update, dua relawan bernama M Sahrul (21) dan Feri (30) tersebut hendak memindahkan sepeda motor milik mereka ketika bencana berlangsung. Namun, banjir langsung menerjang sehingga membuat mereka dan dua sepeda motor terbawa arus. 

Beruntung kedua relawan tersebut masih bisa diselamatkan. Meskipun begitu, dua sepeda motor milik dua relawan mengalami kerusakan. Mereka pun langsung melanjutkan evakuasi material longsor dan banjir.

Diketahui, tebing setinggi 100 Meter longsor menimpa aliran sungai kecil sehingga air mengalir ke dalam hotel. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut hanya saja satu mushola rusak berat dan dua bangunan lainya terdampak.

Kepala Desa Sindanglaya, Nyanyang Kurnia S memberikan adanya longsor salah satu hotel di wilayah nya pada saat malam kemarin sehabis diguyur hujan deras.

“Iya betul, hanya saya saya belum mengetahui persis kronologisnya, tapi dari desa sudah ada yang turun ke lokasi untuk membantu evakuasi,” singkatnya saat konfirmasi, Sabtu (15/10/2022).

BACA JUGA: Seorang Pria Ditemukan Gantung Diri di Hutan Cibeber Cianjur  

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Rudi Wibowo mengatakan, longsor di hotel bukit indah permai ini terjadi pada malam tadi sehabis diguyur hujan deras.

“Dari kejadian ini sehingga selokan aliran sungai Cisarua lembah koi tertutup oleh lolongsoran, sehingga mengakibatkan air meluap ke dalam Hotel Lembah Permai Resort yang dulunya Hotel Zuri Resort,” ucap dia.

Menurutnya, anggota Retana, BPBD, Polsek Pacet, Perangkat Desa Sindanglaya, Pemadam Kebakaran Cipanas mengevakuasi dan membuang material longsor. Namun, jumlah material longsor yang banyak membuat material belum dibersihkan semua.

“Sehingga sehingga tadi pun di sore hari karena Hujan lagi turun dan lumayan deras air pun meluap kembali ke dalam hotel Lembah Permai Resort tersebut,” kata dia.

Ia menambahkan, dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa hanya saja kerugian mushola Lembah Permai Resort rusak berat akibat tertimpa longsor dan diterjang arus sungai yang lumayan keras.

“Hingga saat ini para anggota masih melakukan asesmen dan evaluasi bersama sejumlah unsur yang ada,” tuturnya.

Sementara itu, dari pihak Lembah Permai Resort belum bisa dikonfirmasi, pada saat tim Cianjur today masuk ke gerbang masuk hotel tim tidak diperbolehkan untuk masuk lokasi.

Hingga saat ini, menurut informasi yang dihimpun, ada dua orang relawan dari Retana yang terbawa arus banjir saat evakuasinya reruntuhan longsor tadi sore.(afs/ren)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami