Cianjur Update

Dua Rumah dan Satu Hektare Sawah Terdampak Longsor Cibeber

CIANJUR UPDATE, Cibeber – Dua rumah dan satu hektare sawah di terjang banjir serta pergerakan tanah di Kampung Cihaur Pojok RT 04 RW 09 Desa Kanoman, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Rabu, (6/7/2022).

Peristiwa itu terjadi sekitar jam 14.45 Wib setelah hujan dengan intensitas tinggi di wilayah tersebut mengguyur sehingga dilanda banjir dan pergerakan tanah.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Rudi Wibowo membenarkan adanya pergerakan tanah dan banjir di Cibeber.

BACA JUGA: BPBD Tetapkan Status Waspada di Pesisir Pantai Cianjur Selatan

“Betul kang, kejadian ini diakibatkan oleh curah hujan yang cukup deras pada waktu itu, sehingga mengakibatkan adanya retakan tanah di atas dan terjadi pergeseran tanah,” ujar Rudi saat dikonfirmasi.

Ia mengatakan, pergeseran tanah dan luapan air sungai yang terjadi di TKP mengakibatkan menggenangi pesawahan dengan dua rumah penduduk.

“Kerugian yang dialami saat ini satu hektare sawah yang terbawa pergerakan tanah dan dua rumah warga yang terdampak,” ucap dia.

Tindakan yang dilakukan adanya kejadian tersebut, lanjut Rudi, melakukan pendataan, gotong royong dengan warga setempat serta membantu warga yang rumahnya terdampak oleh bencana.

Selain itu, pihaknya pun tak lupa memberikan imbauan kepada warga untuk menyelamatkan barang-barang berharga ketempat yang lebih aman.

“Kami khawatir terjadi pergeseran tanah kembali, maka dari itu kami mengimbau kepada warga agar mengungsi ke tempat yang lebih tinggi atau aman,” pungkasnya. (ren)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami