Tips & Tutorial

Faktor Eksternal Penyebab Pelanggaran HAM dan Berikut Penjelasannya

CIANJUR UPDATEFaktor eksternal penyebab pelanggaran HAM salah satunya kesenjangan ekonomi.Selain itu, faktor lain dapat berasal dari penyalahgunaan kekuasaan hingga kesenjangan sosial maupun ekonomi.

Pengertian Penyebab Pelanggaran HAM Dalam faktor eksternal

Pelanggaran Hak Asasi Manusia atau HAM adalah perbuatan sekelompok serta perseorangan yang sengaja atau akibat suatu kelalaian mengurangi hak asasi orang lain.

Menurut pasal 1 angka 6 UU nomor 39 tahun 1999 menyebut pelanggar HAM tidak hanya karena kelailaian saja atau terdapat unsur kesengajaan dan tidak sengaja saja .

Namun, diiringi sikap perlawanan kemudian menghalangi, mengurangi,membatasi,mencabut hak asasi manusia. Pelanggaran seperti ini  tidak akan mendapatkan penyelesaian hukum yang adil sesuai mekanisme hukum berlaku.

Pada perkembangannya pelanggaran HAM di Indonesia tertuang dalam UU nomor 26 tahun 2000. Biasanya pelanggaran masalah HAM terjadi karena beberapa faktor baik faktor internal maupun eksternal.Lalu,apa faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM dan berikut penjelasannya

Kesenjangan Ekonomi

Salah satu faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM, adalah kesenjangan ekonomi. Hal ini terjadi ketika ada sebagian masyarakat merasa kekurangan dan kondisi ekonomi keluarganya kemudian direndahkan.

Keadaan perekonomian keluarga tersebut oleh orang lain, maka pelaku pelanggaran HAM melakukan tindakan pidana,seperti pemerasan,pencurian,korupsi, bahkan juga bisa menghilangkan nyawa korbannya.

Tidak Ada Sosialisasi Mengenai HAM

Faktor lainnya yaitu bisa berasal dariĀ  tidak ada sosialisasi tentang HAM. Kondisi ini terjadi tidak semua masyarakat paham mengenai masalah Ham.

Alasannya, pemerataan pendidikn belum merata keseluruh pelosok negeri. Hal ini pula yang menyebabkan kerap terjadi pelanggaran kemungkinan kurang pemahaman yang jelas. 

Penyalahgunaan Teknologi dalam Faktor Eksternal Penyebab Pelanggaran HAM

Hal menarik dari pelanggaran HAM juga berasal dari perkembangan maupun kemajuan tehnologi digital. Kondisi ini terkadang malah di salahgunakan sebagian orang tidak bertanggungjawab dengan pembobolan data pribadi.

Masalah lain dari faktor eksternal pelanggaran HAM bisa berasal persoalan hukum yang belum menemukan solusinya hingga memicu pelanggaran HAM. Itulah mengapa kemudian banyak persoalan hukum kerap terjadi di Indonesia.

Artikel Terkait:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami