Techno

Fungsi Seni Rupa Murni Penting Ketahui dan Pahami

Fungsi Seni Rupa Murni Penting Ketahui dan Pahami

CIANJUR UPDATE – Fungsi seni rupa murni memiliki beragam salah satu pemuasan batin  dalam proses penciptaan mampu ciptakan nilai budaya dan nilai keindahan.

Pengertian Seni Rupa

Sebelum mengetahui lebih jauh fungsi seni rupa ada baiknya mengerti apa itu seni rupa. Karena dengan  memahami pengertian dapat menggunakannya fungsi secara baik  benar.

Menariknya seni rupa terbagi dua cabang seni rupa murni dan seni rupa murni serapan. Seni rupa murni merupakan karya seni ciptakan memenuhi kebutuhan batin yang berhubungan dengan keindahan.

Sedangkan seni murni terapan dalam pembuatannya lebih fokus pada nilai fungsional. Kemudian pula mempertimbangkan fungsi praktisnya. Biasanya seni termasuk kategori seni, adalah seni lukis,grafis, cetak maupun seni patung.

Bac Juga: Apa itu Forlap Dikti: Pengertian, Fungsi, dan Cara Daftar

Fungsi Seni Rupa murni

Pemuasan Batin

Sebuah karya seni yang menonjolkan nilai keindahan dan nilai budaya. Hal ini dapat terlihat dalam bermacam bentuk.  Kemudian dalam metode penggabungannya begitu menarik menggabungkan beberapa media.

Sejumlah media tersebut, antara lain media titik, garis, bidang, bentuk, warna, testur, gelap terang. Kemudian menariknya dalam kombinasikan bermacam media memakai prinsip tertentu

Pesan Sosial

Fungsi seni rupa murni yang menarik, adalah memiliki pesan sosial. Hal ini terlihat eksperimen tampilkan dalam bentuk seni rupa dan bisa saja hasil tersebut berupa seruan kebaikan.

Kemudian juga dapat pula berbentuk kritikan tajam terhadap suatu peristiwa atau kejadian penting. Bahkan, berasal masalah baru dalam kehidupan manusia dan bukan hanya itu seni rupa menjadi eksperimen dunia seni pada di kemudian hari.

Contoh Seni Rupa Murni

Salah satu seni rupa , yaitu lukisan yang biasanya memakai cat dan kuas kemudian juga kanvas sebagai media lukisan. Biasanya hasil lukisan indah apalagi karya pelukis terkenal karena ekspresi kejiwaan yang sampaikan pelukisnya  dan berfungsi hiasan atau pajangann.

Patung juga hasil dari seni rupa murni 3 dimensi yang biasanya berbentuk manusia, hewan. Kemudian juga relief, seni grafis , seni fotografi, kaligrafi dan mozaik. Ukiran maupun kerajinan, topeng juga menjadi bagian dari seni rupa murni yang kualitasnya terbaik.

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami