Cianjur Update

Hj Endang S Thohari Salurkan Traktor Sekaligus Panen Jagung di Desa Padaluyu

CIANJURUPDATE, Cianjur – Anggota Komisi IV DPR RI (A-84) dari Fraksi Partai Gerindra Hj. Endang S Thohari bersama perwakilan dari Kementerian Pertanian (Kementan), kembali menunjukkan kepeduliannya bagi para petani di kota yang berjuluk Tatar Santri ini.

Kali ini legislator Daerah Pemilihan Jawa Barat III yang meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur itu memberikan bantuan alat pertanian berupa traktor roda empat kepada kelompok tani (poktan) di Desa Padaluyu, Kecamatan Cugenang, Cianjur.

Hj. Endang S Thohari bersama Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP) itu menyalurkan bantuan senilai Rp 380 juta pada Jum’at (23/9/2022).

BACA JUGA: Indonesia Hoya Plant Festival Dongkrak Ekonomi Petani Cianjur

Hj. Endang menyampaikan, kebutuhan kelompok tani yang melatar belakangi pengajuan bantuan traktor ini dikarenakan perlunya kebutuhan bagi pengolahan lahan pertanian, sehingga dengan alat pertanian modern berupa traktor roda empat ini, petani lebih mudah dan cepat dalam menggarap lahan pertanian secara baik.

“Jadi banyak sekali fungsi dan manfaat dari alat mesin pertanian traktor roda empat ini, karena kendaraan mekanika yang terintegrasi ini dapat melakukan tugas-tugas pertanian seperti pengolahan tanah, membajak sawah dan menanam di ladang. Sehingga dengan alat modern traktor ini dapat menangani berbagai tugas termasuk pemeliharaan ladang, menyebarkan atau memindahkan pupuk, serta melakukan perawatan rumput secara rutin,” paparnya.

Selain itu, Hj. Endang juga menyampaikan, dengan alat pertanian terutama model terbaru ini, tentunya memiliki sistem transmisi otomatis yang membuat pengoperasian menjadi lebih mudah dan lancar. Sehingga para petani khususnya di kabupaten Cianjur ini bisa memudahkan pengoperasiannya.

“Jadi dengan model ini, para petani mampu mengurangi kelelahan melalui transmisi responsif otomatis dan kontrol perpindahan gigi eksklusif. Fitur-fitur baru ini memastikan petani semakin aman saat mengoperasikan traktor,” terangnya.

Hj. Endang berharap, dengan adanya bantuan alat tersebut tentu para petani dapat memanfaatkan mesin pertanian traktor roda empat ini dengan baik dan harus dijaga serta dirawat dengan sebaik-baiknya.

“Jadi setelah menerima bantuan, kami harapkan para petani khususnya kelompok tani di sini dapat memanfaatkan secara optimal dan menjaga alat ini secara maksimal,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, legislator dari Fraksi Gerindra ini yang didampingi sejumlah pihak, melaksanakan pula panen jagung warna ungu bersama kelompok tani (Poktan) Mekar Tani Desa Padaluyu, Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami