Cianjur Update

Resep Ikan Bakar Cianjur yang Enak dan Cara Mudah Membuatnya

CIANJUR UPDATE, Cianjur – Resep ikan bakar Cianjur salah satu cara menikmati secara sederhana kuliner khas kota santri dengan bumbunya,  seperti, bawang putih, cabai merah, jahe, kunyit, ketumbar. Tidak lupa tambahan bumbu lainnya daun salam,kecap, serai,margarin dan  asam jawa.

Bumbu Ikan Bakar Cianjur

Sebelum membuat resep ikan bakar Cianjur bumbu dasar  kamu buat terlebih terdahulu. Alasannya kunci kelezatan maupun citarasa dari resep ikan bakar ini terletak pada bumbunya.

Jika bumbu dasarnya pengolahannya kurang tepat bisa jadi rasanya kurang mantap,karena komposisi bumbu kemungkinan tidak tepat takarannya.

Rasa gurih, manis, pedas dan legit yang menyatu pada bumbu menjadi tagihan tidak ingin berhenti menguyah berikut ini cara bikin resep bumbu ikan bakar Cianjur yang lezat.

Baca Juga: 3 Makanan Khas Sumedang yang Enak dan Menggugah Selera

Bahan yang Diperlukan 

Siapkan bawang putih jumlah 4 siung, bawang merah  hanya 7 siung, cabai merah besar jumlahnya  8 buah, cabai rawit cukup 10 buah, jahe 3 dan kunyit 3 centimeter terus tidak lupa biji ketumbar 2 sendok. Bahan tambahan lainnya yang perlu perhatikan dalam  membuat resep ikan bakar Cianjur salah satunya daun salam 2 lembar.

Bahan tambahan penting mendapat perhatian, yakni  daun jeruk jumlah 2 lembar, serai cukup  1 batang serta air asam Jawa 3 sendok makan saja  .Tidak lupa  tambahkan kecap manis  sebanyak 5 sendok makan kemudian margarin cukup  4 sendok makan terus garam serta gula secukupnya.

Baca Juga: Roti Gandum, Jenis Makanan Terbaik untuk Turunkan Kadar Gula Darah

Cara Membuatnya mudah goreng bumbu sampai harum baru kemudian haluskan dan   campurkan dengan air asam. Kemudian panaskan margarin di atas wajan anti lengket dan goreng sampai harum. 

Langkah berikutnya tambahkan kecap manis jika telah matang matikan api. Hal lain agar tetap awet bumbunya bisa anda simpan pada wadah kedap udara baru masukkan ke dalam lemari es Bila ingin menggunakannya cukup panaskan pada wajan anti lengket

Resep Ikan Bakar Cianjur 

Cara mengolah ikan bakar Cianjur dengan terlebih dahulu   membersihkan ikan terus lumuri menggunakan air jeruk nipis, merica bubuk dan garam.

Bumbu yang telah Anda buat sebelumnya ada di lemari es keluarkan secukupnya kemudian tumis sampai harum pakai margarin tambahkan air secukupnya redam ikan di dalam bumbu selama 15 menit.

Sesudah iru siapkan panggang dan olesi minyak supaya tidak lengket baru kemudian bakar ikan dengan sesekali oleskan bumbu. Balik ikan bila sudah matang tampak kering kecoklatan dan angkat baru sajikan bersama nasi hangat, sayur beserta sambal.

Artikel Terkait:

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami