Gaya Hidup

Ini 7 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Hukum yang Bisa Anda Lakoni

CIANJUR UPDATE – Seperti pada umumnya, ilmu hukum adalah salah satu jurusan kuliah yang sampai dengan saat ini mempunyai banyak peminat. Pada satu hal kali ini tidak sedikit banyak jumlah prospek kerja yang menunggu dari lulusan ilmu hukum. 

Bisa dikatakan ilmu hukum menjadi salah satu program studi yang mempunyai prospek kerja secara menarik. Ada banyak bidang yang bisa dipilih oleh lulusan ilmu hukum. 

Pekerjaan yang ditekuni bisa memberikan penawaran upah atau benefit dengan jumlah fantastis.  Bagi Anda yang ingin bekerja di kantor dan lulusan ilmu hukum bisa simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. 

Sekilas Tentang Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan Ilmu Hukum merupakan riset yang menekuni bermacam sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan. Di Prodi Ilmu Hukum, mahasiswa pula belajar menimpa perundang-undangan tercantum di dalamnya hukum bawah (konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negeri, hukum pidana, hukum tata pidana) sampai hukum internasional dengan cakupan yang lumayan luas. Pada akhir masa kuliah, umumnya mahasiswa jurusan ini dituntut buat mengaplikasikan ilmu yang sudah diperoleh sepanjang kuliah lewat magang di bermacam firma hukum, lembaga majelis hukum, serta pula kantor kejaksaan.

Mahasiswa yang sudah menuntaskan pembelajaran di jurusan ini diharapkan bisa memahami dengan baik hukum serta sistem hukum di Indonesia, memiliki keahlian serta pengetahuan ilmiah buat meningkatkan hukum, peka terhadap kasus keadilan serta warga, sanggup mengidentifikasi serta menganalisis kasus hukum, dan sanggup mempraktikkan hukum serta peraturan perundang- undangan buat menuntaskan permasalahan hukum.

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Hukum

Seperti yang sudah disebutkan pada sebelumnya, bahwa dengan lulusan ilmu hukum bisa memberikan 7 prospek kerja menarik. Untuk ketujuh prospek kerja kantoran tersebut adalah: 

1. Pengacara 

Profesi kantoran yang pertama adalah sebagai pengacara. Sampai dengan saat ini profesi pengacara banyak didambakan oleh lulusan program studi ilmu hukum. Bahkan, untuk pekerjaan yang satu ini opsi atau pilihan pertama dari seorang lulusan ilmu hukum. 

2. Jaksa 

Bagi Anda yang ingin berperan di dalam ruang pengadilan, maka untuk prospek kerja dari lulusan ilmu hukum adalah menjadi seorang jaksa. Jaksa adalah perwakilan hukum pemerintah yang bertanggung jawab untuk menghadirkan bukti tersangka di tempat pengadilan pidana. 

3. Hakim 

Lulusan ilmu hukum yang sudah mempunyai banyak pengalaman di ruang pengadilan, dapat memilih profesi hakim. Tugas dari seorang hakim adalah untuk mengawasi persidangan dan proses hukum lainnya. 

Selain itu, hakim juga mempunyai peran untuk memastikan semua masalah sudah ditangani secara adil dan sesuai dengan payung hukum. Untuk menjadi seorang hakim harus mengikuti proses seleksi. 

Untuk lulusan ilmu hukum yang ingin bekerja di sebuah perusahaan bisa memilih profesi sebagai staf legal. Pada profesi satu ini banyak sekali perusahaan bank, properti dan rumah sakit membutuhkannya. 

Semua sarjana hukum diberikan kesempatan besar untuk bekerja di dalam bidang staf legal. Dengan pekerjaan ini Anda diberikan peluang untuk masuk dan bergabung pada sektor industri lainnya. 

5. Konsultan Hukum 

Profesi pekerjaan yang satu ini berbeda dengan staff legal, meski sama-sama berada di dalam kantor. Pada saat memilih menjadi seorang konsultan hukum biasanya mempunyai tempat kerja di sebuah lembaga. 

Anda bisa mengaplikasikan semua ilmu yang didapatkan di saat keperluan hukum atau sidang. Biasanya kantor atau perusahaan mencari konsultan hukum  untuk melakukan diskusi mengenai kelengkapan dokumen dan tata cara prosesnya. 

6. Prospek Kerja Lulusan Ilmu Hukum: Dosen 

Pekerjaan kali ini tidak kalah menarik untuk dipilih bagi Anda yang mempunyai lulusan ilmu hukum. Selain itu, untuk prospek pekerjaan kali ini sangat cocok dipilih bagi Anda yang ingin berkecimpung pada dunia pendidikan atau akademik. 

Untuk tugas dari seorang dosen tidak adalah membentuk kurikulum dan memberikan materi pengajaran. Tentu dengan gelar sarjana hukum belum bisa berada di posisi tersebut. Paling tidak untuk menjadi seorang dosen bisa menyelesaikan pendidikan setingkat dengan s2 atau magister terlebih dahulu. 

7. Staff Kementrian 

Anda yang mempunyai cita-cita menjadi seorang PNS, maka untuk lulusan ilmu hukum bisa memilih salah satu bidang kementrian. Banyak sekali bidang kementerian yang membutuhkan lulusan ilmu hukum. Maka dari itu, Anda bisa memilih salah satu bidang kementrian sesuai dengan kemampuan. 

Itulah dia 7 prospek pekerjaan kantoran bagi Anda yang mempunyai lulusan ilmu hukum. Diharapkan setelah adanya penjelasan diatas tidak ada lagi lulusan ilmu hukum yang bingung di saat memilih prospek pekerjaan. 

Artikel Terkait

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami