Gaya Hidup

Ini Dia 7 Jenis Profesi Laut yang Dapat Anda Lakoni 

CIANJUR UPDATE – Bagi anda yang ingin menjadi seorang profesi laut, maka harus mengetahui terlebih dahulu macam-macam jenis pekerjaan profesi laut. Selain itu, dengan menjadi seorang profesi laut akan dibagi menjadi beberapa jenis pekerjaan. Untuk beberapa jenis pekerjaan tersebut mempunyai fungsi masing-masing. 

Selain itu, untuk setiap jenis pekerjaan profesi laut mempunyai keahlian di dalam bidangnya masing-masing. Sehingga, dengan cara tersebut bisa membantu agar tujuan utama dari pelayaran bisa tercapai dan berjalan secara lancar. 

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai 7 jenis profesi laut yang bisa anda pilih. Sedangkan, untuk anda yang ingin menjadi seorang profesi laut bisa simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. 

Berbagai Jenis Profesi laut yang Bisa Anda Pilih 

Ada banyak sekali jenis profesi laut yang bisa anda pilih dan sesuai dengan keahliannya. Untuk 7 jenis profesi laut yang bisa anda pilih adalah: 

1. Oiler 

Pada bagian mesin kapal, pasti membutuhkan pekerja dengan profesi sebagai oiler. Sesuai dengan namanya, maka profesi pekerjaan yang satu ini mempunyai tanggung jawab untuk memasukkan dan mengeluarkan bahan bakar. 

Selain  itu, seorang oiler juga mempunyai fungsi untuk memasukkan dan mengeluarkan minyak pelumas. Profesi pekerjaan sebagai oiler mempunyai tanggung jawab yang sangat penting yaitu melaporkan kondisi mesin kapal kepada pihak masinis. 

2. Profesi Masinis Kapal Laut 

Profesi pekerjaan masinis kapal dibagi menjadi tiga orang. Untuk ketiga orang tersebut juga mempunyai tugas yang berbeda-beda. Akan tetapi, setiap satu orang masinis mempunyai tanggung jawab yang berbeda-beda. 

Bagi anda yang mencari lowongan pekerjaan profesi laut dengan posisi masinis 1, maka nantinya akan diberikan tanggung jawab pada mesin induk. Untuk masinis 2 mempunyai tanggung jawab pada semua jenis mesin bantu kapal. Sedangkan, masinis 3 diberikan tanggung jawab pada semua mesin pompa di dalam kapal. 

4. Chief Engine 

Profesi profesi laut pada bagian mesin yang terakhir adalah chief engine. Pada jabatan kali ini juga termasuk yang paling tinggi untuk di bagian mesin. Namun, untuk tanggung jawab dari seorang chief engine juga sangat berat. 

Seorang chief engine harus bertanggung jawab pada semua jenis mesin yang digunakan oleh kapal tersebut. Selain itu, chief engine juga harus menerima laporan dari bagian masinis 1-3. 

5. Profesi Juru Masak Kapal Laut 

Sesuai dengan namanya, untuk profesi pekerjaan yang satu ini mempunyai tanggung jawab dalam menyediakan berbagai macam jenis makanan. Tidak hanya itu saja, profesi juru masak kapal juga harus mengecek persedian mengenai beberapa bahan makanan. Sebagai juru masak, orang tersebut harus memasak makanan untuk semua crew profesi laut yang ada di dalam kapal. 

6. Mualim 

Profesi pekerjaan kapal yang satu ini hampir sama dengan masinis. Mualim juga dibagi menjadi tiga jenis pekerjaan. Mualim 1 mempunyai tugas untuk mengatur muatan, arah dan persedian air tawar yang ada di dalam kapal. 

Mualim 2 mempunyai tugas untuk membuat jalur atau peta dan mengatur navigasi dari kapal. Sedangkan, mualim 3 mempunyai tugas untuk memelihara, mengatur dan memeriksa semua alat keselamatan yang ada di dalam kapal. 

7. Klasi 

Jenis profesi pekerjaan kapal yang paling akhir adalah klasi. Klasi mempunyai tugas untuk merawat semua bagian yang ada di dalam lambung kapa. Selain itu, seorang klasi juga membantu dalam mengatasi permasalahan mengenai muata. 

Biasanya seorang klasi masih melakukan pekerjaan jenis lain yang memang sudah diperintahkan oleh pihak kapten. Sehingga, profesi pekerjaan kali ini harus siap dan siaga dengan semua apa yang diperintahkan. 

Paling terpenting dari jenis profesi laut adalah kapten dan nahkoda. Kapal tidak akan bisa berjalan sesuai dengan apa yang dibutuhkan, ketika tidak mempunyai kapten atau nahkoda dengan kualitas terbaik. 

Artinya, profesi pekerjaan sebagai nahkoda atau kapten mempunyai tanggung jawab yangs sangat penting di dalam kapal. Bahkan, untuk pekerjaan menjadi seorang nahkoda bukan hal yang mudah atau cukup berat. 

Bagi anda yang ingin bergabung di dalam salah satu jenis profesi pekerjaan kapa bisa mengerti tugas-tugasnya terlebih dahulu. Jangan sampai salah memilih profesi pekerjaan , karena akan berdampak di kemudian hari. 

Semua jenis profesi pekerjaan yang sudah disebutkan diatas harus mempunyai keahlian masing-masing. Sehingga, untuk anda yang ingin bergabung pada profesi pekerjaan laut bisa memperhatikan keahlian di dalam diri. 

Bergabung pada pekerjaan laut juga bukan menjadi salah satu hal yang mudah. Ada banyak sekali pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang-matang. Untuk salah satu pertimbangan yang harus dipikirkan adalah mempunyai jangka waktu kerja cukup lama. 

Sehingga, untuk anda yang mempunyai keluarga harus mempertimbangkan hal tersebut. Jangan sampai sudah terlanjur bergabung di pekerjaan laut, tapi tidak bisa menerima konsekuensi yang sudah diberikan. 

Tidak ada salahnya anda memilih salah satu dari 7 jenis profesi laut yang sudah disebutkan diatas. Semoga dengan adanya penjelasan mengenai macam-macam profesi laut tersebut bisa membantu anda yang ingin bergabung pada pekerjaan laut. 

Artikel Terkait

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami