Tips & Tutorial

Jadwal Sholat Untuk Kabupaten Cianjur Bulan Juni 2022

Jadwal Sholat Cianjur – Sebagai umat muslim sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu melaksanakan perintah Allah SWT, salah satunya melaksanakan sholat.

Dalam melaksanakan ibadah sholat, tentu kita harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Hal ini biasa dikenal sebagai waktu masuk sholat yang sudah ditentukan sejak zaman Rasulullah.

Biasa disebut juga waktu imsakiyah, karena merupakan sebuah waktu yang memberitakan mengenai kapan tepatnya kita boleh melaksanakan sholat. 

Jadwal Sholat: Waktu imsakiyah kabupaten Cianjur

Dalam melaksanakan ibadah sholat, terlebih dahulu kita harus melihat jadwal imsakiyah yang sudah tersedia di beberapa kalender maupun buku islami. Jadwal imsakiyah tersebut dihitung bukan tanpa pedoman yang kuat, melainkan sangat kuat yakni memakai metode falakiyah. Apa itu metode falakiyah? Yakni sebuah ilmu dimana didalamnya kita dapat mengetahui mengenai perjalanan benda-benda alam semesta seperti bulan dan cara menghitungnya untuk menghasilkan hitungan jadwal sholat yang tepat.

Baca Juga: Jamaah Haji Asal Cianjur Dibatasi, Jadwal  Pemberangkatan 2022 Belum Pasti

Dalam ilmu Falak sendiri terdapat beberapa metode penghitungan untuk menghasilkan jadwal sholat. Diantaranya memakai Azimut kiblat, Ribu’ dan teknik ephemeris yakni menggunakan kalkulator ilmiah. Hal tersebut perlu dilakukan secara teliti dan mendetail karena berhubungan dengan faktor ibadah kepada Allah. Untuk jadwal sholat kabupaten Cianjur bisa dilihat di kolom berikut:  

Berdasarkan hadis nabi Muhammad yang menerangkan tentang keutamaan sholat awal waktu, kita sebagai umatnya harus menerapkan isi hadis tersebut semata-mata mencari ridha Allah SWT. Karena sesungguhnya balasan bagi orang yang mengakhirkan waktu salatnya sangat hina di alam kubur yakni disiksa, hal ini menurut sebagian hadis sahih Rasulullah. 

Selain mengawalkan ibadah dalam hal sholat, tentunya syarat sah yang harus dilakukan sebelumnya ialah berwudhu. Tercatat bahwa sahabat Bilal yang merupakan muadzin pertama sejak zaman Rasulullah selalu tidak pernah batal setelah wudhu, jika ia batal maka ia akan berwudhu kembali.

Rasulullah yang melihat cara Bilal dalam mengistimewakan ibadah, lalu memutuskan untuk mensunnahkan wudhu ketika keseharian dan tidak lupa waktu sholat. Oleh karena itu jangan lupakan sholat ya, semoga jadwal sholat untuk kalian warga Cianjur ini bermanfaat.

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami