Gaya Hidup
Trending

Makanan Tradisional Jawa Timur Populer, Rujak Cingur Salah Satunya

Makanan Tradisional Jawa Timur Populer, Rujak Cingur Salah Satunya

Ketika berkunjung ke daerah Jawa Timur banyak menawarkan beragam kuliner yang mempunyai cirikhas dan citarasa yang pasti menggoda selera.

Rujak Cingur, Rawon, Sate Madura, Pecel Madium,adalah beberapa dari makanan tradisional Jawa Timur yang populer. Berikut ini rangkuman selengkapnya tentang makanan tradisional Jawa Timur penting ketahui

Makanan Tradisional Jawa Timur Populer

Rawon

Rawon salah satunya yang tidak asing bagi masyarakat Jawa Timur merupakan sayuran berkuah berwarna hitam. Warna hitam pada kuah rawon berasal dari bumbu yang biasa dengan sebutan Kluwek. Bumbu khas tersebut membuat citarasa gurih dan melezatkan.

Rujak Cingur

Salah satu kuliner khas Jawa Timur populer,yaitu rujak cingur. Jenis makanan ini Identik dengan daerah Jawa Timur dengan campuran cingur atau daging pada mulut sapi.

Kemudian, daging tersebut rebus dengan campuran potongan tempe, tahu, mentimun, nanas,lontong, sayuran. Lebih nikmat lagi adanyanya toping bumbu kacang atau petis sudah pasti rasanya enak dan lezat.

Pecel Madiun

makanan tradisional khas Madiun, yaitu pecel Madiun. Jenis makanan tradisional khas Madiun yang satu ini penting Anda coba saat berlibur ke Jawa Timur, yaitu pecel Madiun. Terdiri dari berbagai macam sayuran kemudian rebus dan taburan saus sambel kacang menjadi sajian menu makan yang sehat.

Beberapa sayuran dalam pecel Madiun, antara lain kacang panjang, tauge, mentimun serta daun singkong hingga peyek kacang merupakan sajian istimewa bagi Anda dan keluarga.

Baca Juga: Tirani Dwitasari Manglingi, Idola Kaum Pria Halu Jaman Dulu Hiasi Walpaper HP

Sego Tempong

Makanan tradisional Banyuwangi tidak kalah lezatnya, adalah sego tempong. Sego Tempong merupakan kuliner Banyuwangi, yang dalam bahasa Osing artinya Tampar.

Alasan makanan tersebut kemudian beri nama tampar, karena sambal pada nasi tempong sangat pedas sehingga siapapun menyantapnya serasa ada yang tampar.

Menu sego tempong terdiri dari beberapa macam sayuran, yakni bayam, kubis, keningkir terus lengkap dengan sambal kacang. Sambal kacang pada nasi tempong terdapat campuran kencur maupun terasi.

Adanya kencur dan terasi tidak heran membuat aromanya kuat dan pedas. Sementara lauknya pun bermacam bisa Anda pilih sesuai selera, yakni tempe, ayam goreng hingga ikan jambal.

Soto Lamongan

Kuliner asal Lamongan yang bernama soto Lamongan juga perlu Anda coba merupakan salah satu makanan tradisional Jawa Timur populer.

Koya, bumbu soto yang menjadi cirikhas membuatnya gurih dan nikmat, karena bahan dasar pembuatannya berasal dari kerupuk udang serta bawang putih hancurkan sampai lembut

Penyajian koya dalam soto dengan menaburkannya pada soto sebelum sajikan. Tambahan koya memberi citarasa yang khas, gurih dan lezat. Maka, siapapun menyantapnya akan menikmatinya kemudian bisa menjadi menu favorit.

Makanan tradisional dari Jawa Timur yang satu ini populer dengan sebutan sego tumpang dan berasal dari daerah Kediri. Menariknya dalam penyajiannya menggunakan sambal tumpang.

Nasi Tumpang

Kuliner khas Jawa Timur menarik lainnya, adalah nasi tumpang dengan ciri khas sambal tumpan. Sambal tumpang sendiri terdiri bahan tempe telah membusuk selanjutnya masak dengan ayam, kerupuk kulit hnigga rambak. Menariknya dalam penyajiannya sering menambahkan kuah pecel tumpang membuat ketagihan’

Gethuk Pisang

Kuliner khas Jawa Timur asal Kediri satu ini memang cocok sebagai oleh-oleh, yaitu gethuk pisang. Berbahan dasar pisang raja kemudian olah sedemikian rupa menjadi gethuk pisang yang lezat. Perpaduan rasa manis,asam sebagali camilan teman minum teh atau kopi pada sore hari.

Lontong Balap

Kuliner menarik rasanya gurih dan enak terdiri dari irisan lontong berpadu dengan, tauge, tahu goreng, bawang goreng dan sambal beserta kecap cirikhas dari lontong balap.

Makanan khas kota Surabaya ini memang istimewa bisa menjadi alternatif kuliner ketikamengunjungi kota Surabaya. Itulah 6 makanan tradisional Jawa Timur yang bisa menjadi rekomendasi saat berlibur ke daerah ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami