Cianjur Update

Masyarakat Gotong Royong Evakuasi Usai Longsor dan Banjir di Cipanas 

CIANJUR UPDATE, Cipanas – Pemerintah Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Cianjur bersama masyarakat melakukan gotong royong evakuasi usai bencana longsor dan banjir menerjang lokasi tersebut, Selasa (15/11/2022).

Selain itu, pemerintah Desa pun membagikan sejumlah bantuan dari Astra yang diprakarsai oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) kepada seluruh korban yang terdampak bencana banjir dan longsor tersebut.

Kepala Desa Ciloto, Marwan mengatakan, hari ini pemerintah desa dengan sejumlah unsur tokoh masyarakat yang ada di desa Ciloto melakukan kegiatan evaluasi pembersihan pasca bencana longsor dan banjir kemarin.

“Alhamdulillah kami kompak membantu membersihkan material longsor dan banjir tadi pagi dan mudah-mudahan di bencana ini  masyarakat bisa lebih waspada lagi,” ungkap dia saat dikonfirmasi.

Marwan menjelaskan, dari ketiga titik di wilayah desa Ciloto yang terkena banjir dan longsor tersebut bertambah dari jumlah yang awal, yakni yang terdampak bencana banjir 30 rumah, tiga rumah rusak berat akibat tertimpa longsor dan dua tempat ibadah yang tergenang banjir.

“Ya jumlah keseluruhan yang terdampak itu, 30 rumah dan dua tempat peribadatan terdampak banjir, tiga rumah terdampak longsor. Untuk kerugian diperkirakan mencapai Rp 35 juta,” ungkap dia.

Menurutnya, setelah melakukan evakuasi bergotong royong, lanjut dia, akan langsung melakukan musyawarah dengan pihak-pihak terkait, PUPR, pemilik Villa, perwakilan PT. IMM Asthon, kuasa hukum De Cinema dan masyarakat.

“Ya Allah saat ini kami akan bermusyawarah dengan sejumlah unsur terkait dan mudah-mudahan ada solusi bersama dalam mengatasi hal ini,” tuturnya.

BACA JUGA: Pantai Jayanti dan Mitos Ritual Rahasia Untuk Memperkaya Diri

Sebelumnya diberitakan, akibat hujan deras, tiga titik di wilayah Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur diterjang banjir dan longsor, Senin (14/11/2022) sekitar pukul 16.30 Wib.

Tiga titik tersebut diantaranya, Kampung Jemprak RT 06/RW 03, Kampung Bonol RT 02/RW 02 dan Kampung Cinyawar RT 07/RW 08 Desa Ciloto, Cipanas.

Kepala Desa Ciloto, Marwan membenarkan adanya beberapa titik di wilayah desanya di terjang banjir dan longsor akibat hujan deras yang lumayan lama.

“Iya kang, ada tiga titik di wilayah saya di terjang banjir dan longsor akibat hujan yang intensitas deras dan lama,” ungkap dia, saat dikonfirmasi.

Marwan menjelaskan, ketiga titik tersebut yang pertama kampung Jemprak 06/03 di belakang bioskop ada longsoran menimpa satu rumah warga.

“Namun, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya saja rumah yang tertimpa rusak, ditambah satu ke RTan ini terdampak luapan airnya sehingga terendam banjir,” kata dia.

Kemudian, lanjut Marwan, yang kedua juga di Kampung Bondol RT 02/RW 02 pondok pesantren Bondol tergenang oleh lumpur.

“Nah yang terakhir ketiga di Kampung Cinyawar wilayah dua RT 07/RW 08 terkena imbas luapan air, ada sekitar 15 rumah dan satu masjid terendam banjir,” tuturnya.

Menurutnya, hingga saat ini sejumlah dari tiga titik tersebut sedang melakukan evakuasi rumah yang terkena longsor dan terkena banjir.

“Kerugian dan kerusakan belum diketahui masih pendataan, akan tetapi sejumlah warga di ketiga titik tersebut sedang melakukan evakuasi,” tutup dia.(ren/afs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami