10 Alasan Mengapa Bandung Dijuluki Paris Van Java?

Jika Kamu mendengar kata Paris apa yang ada di fikiranmu? Keindahannya, sejarahnya atau yang lainnya. Lalu bagaimana jika Kamu mendengar kata Jawa? Sebuah pulau? Adat istiadat, atau kerajaan? Perlu Kamu tahu Bandung adalah salah satu daerah yang dijuluki Paris Van Java (Parisnya Jawa),

Alasan Bandung Dijuluki Paris Van Java

Menurut Kamu adakah kota yang lebih indah dibandingkan Bandung? Apa sih keistimewaan Bandung sehingga gelar tersebut disematkan. Bandung, memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Bandung adalah surganya Jawa, semua yang Kamu cari ada di sini.

  1. Kental Akan Sejarah Perjuangan

Bandung adalah kota yang kental akan sejarah perjuangan. Banyaknya museum yang ada sebagai bukti bahwa dulunya bangsa kita pernah dijajah dan orang Bandung berjuang mati-matian untuk merebutnya kembali.

Salah satunya adalah Museum Mandala Wangsit Siliwangi, walaupun tempat ini sudah tidak terpakai. Tapi masih ada bukti sejarah di sana, masih banyak senjata dan peralatan yang digunakan dalam peperangan zaman dulu. Karena sejarahnya,hingga diciptakan nyanyian Bandung Lautan Api.

  1. Kuliner yang Menggugah Selera

Selain kental akan sejarah perjuangan, di Bandung juga banyak kuliner yang menggugah selera. Yang paling terkenal adalah siomay dan batagor Bandung. Rasanya tidak lengkap jika tidak mencoba dua makanan ini.

Namun selain itu masih banyak juga kuliner enak yang bisa Kamu coba. Contohnya iga bakar, seblak, surabi dan lain-lain. Dijamin rasanya juga nggak akan mengecewakan.

  1. Destinasi Wisata Alam yang Super Cantik

Kenapa Bandung dijuluki Kota Kembang? Tak lain karena kembang adalah suatu yang mengandung keindahan. Kota Bandung diapit oleh beberapa gunung yang membuat daerah ini sering dikunjungi oleh para pendaki dari berbagai daerah.

Hamparan perkebunan teh dan air terjun yang indah membuatmu semakin betah berlama-lama di Bandung. Bahkan, ketika Kamu pulang, Bandung akan membuatmu rindu dan memanggil untuk dikunjungi lagi dan lagi.

  1. Tempat Favorit Menghabiskan Waktu Dengan Keluarga

Banyak cafe dan spot-spot favorit yang layak dikunjungi untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Semua jenis cafe ada di sini, Kamu tinggal pilih mau cafe yang bernuansakan alam bebas, klasik hingga modern. Semua ada di sini.

Apalagi di perkembangan era teknologi informasi saat ini, banyak sekali cafe instagramable yang membuat momenmu dengan keluarga, teman, saudara atau pacar semakin indah. Bahkan, kamu juga bisa menemukan tempat favorit seperti di luar negeri, Eropa, Jepang dan lainnya.

  1. Banyak Menyimpan Rahasia

Kota Bandung juga banyak menyimpan rahasia. Banyak sekali misteri-misteri yang belum terungkap di kota ini. Tak jarang juga para vloger di youtube yang mendatangi Bandung untuk sekedar uji nyali.

Jika Kamu berniat untuk memecahkannya dan mencari tahu apa misteri beberapa tempat yang disebut oleh angker oleh masyarakat. Kamu akan banyak menemukan rahasia yang belum terungkap dan memperoleh pelajaran darinya.

  1. Lahirnya Para Musisi dan Artis Terkenal

Siapa sih yang tidak kenal Raffi Ahmad, Isyana Sarasvati, Rizky Febian, Sule yang kerap sekali membintangi layar kaca? Mereka semua asli kelahiran Bandung. Memulai karirnya di Bandung hingga saat ini banyak masyarakat yang memuji karyanya.

Tidak hanya itu, banyak sekali band indie yang sudah menorehkan prestasi baik di dalam maupun di luar negeri. Prestasi Anak Bandung ini terbukti tidak main-main.

  1. Orangnya yang Ramah dan Bersahabat

Orang Bandung terkenal ramah-ramah. Bahasa Sunda yang digunakan membuat tutur kata mereka halus dan menyenangkan. Bandung juga merupakan kota yang sangat bersahabat bagi semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

  1. Paris Punya Eiffel dan Bandung Punya Gedung Sate

Paris dan Bandung memiliki kesamaan. Sama-sama punya ikon yang menjadi ciri khas kotanya. Berkunjung ke Bandung tidak lengkap rasanya jika tidak menyaksikan kemegahan Gedung Sate. Sama halnya dengan berkunjung ke Paris, tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Menara Eiffel.

  1. Bandung Juga disebut Sebagai Kota Pendidikan

Di Bandung terdapat banyak sekali kampus atau sekolah tempat lahirnya para tokoh terkenal. Ada kampus ITB (Institut Teknologi Bandung) yang hingga saat ini masih menempati peringkat 10 besar universitas terbaik se Indonesia.

Selain itu, Bandung juga dikenal dengan kota lahirnya pahlawan, seniman,musisi nasional dan internasional. Jika saat ini ada Bapak Ridwan Kamil yang sangat digemari oleh kaum muda karena inspirasi dan kesederhanannya.

  1. Perkembangan Modis yang Sangat Cepat

Terakhir, mengapa Bandung dijuluki Paris Van Java, karena perkembangan fashion pada zaman dahulu sama pesatnya dengan di Paris. Bahkan dulunya, baju yang diproduksi di Paris sengaja dipasarkan di Bandung. Keren kan?

Sekarang Kamu sudah tahu kan apa alasan Bandung dijuluki Paris Van Java? Menurutmu gelar ini cocok atau tidak dengan realitas yang terjadi di Bandung sekarang? Atau Kamu punya gelar yang lebih baik untuk Kota Bandung tercinta ini.

Tinggalkan komentar