Cianjur UpdateNasional Update

Menparekraf Sandiaga Uno Akan Berkunjung ke Gunung Padang Cianjur

CIANJUR UPDATE, Cianjur – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno akan berkunjung ke Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur. Hal ini merupakan bentuk apresiasi karena Gunung Padang Cianjur masuk dalam 50 besar Desa Wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Sandiaga berniat untuk melihat keunikan yang tersedia di situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur. Atas prestasi itu, Gunung Padang Cianjur tidak ingin cepat puas dan berupaya untuk masuk dalam tiga besar.

Polsus Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur, Nanang mengatakan, dengan masuk dalam nominasi di 50 besar di ajang ADWI membuat bangga masyarakat Cianjur.

Ketika Sandiaga datang, Nanang pun mendapatkan kesempatan untuk menjadi pemandu wisata bagi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno.

“Mas Menteri Parekra Sandiaga Salahuddin Uno akan berkunjung langsung ke Desa Wisata Situs Cagar Budaya Gunung Padang pada hari Rabu tanggal 15 Juni 2022,” kata dia kepada wartawan, Sabtu (11/06/2022).

Baca Juga: Situs Gunung Padang Cianjur Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Indikator yang menjadikan Gunung Padang Cianjur masuk ke dalam 50 Desa Wisata terbaik adalah keindahan serta keunikan bentuk bangunan. Tidak hanya itu, berbagai sejarah dan budaya yang ada di tempat wisata ini pun menjadi salah satu penentu.

Selain itu perjuangan situs bersejarah kebanggan Cianjur ini melalui serangkaian lomba kreatifitas masyarakat dan pengelola yang di unggah pengunjung wisata dari lokal maupun mancanegara.

Hingga sekarang, Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Tentu, bisa bersaing dengan tempat wisata yang lainnya.

“Sudah tersedianya fasilitas seperti Homestay dan toilet yang bersih,ada kuliner setempat dan juga ada bentuk kerajinan dan UMKM,” ungkap dia.

Jabatan Fungsional Adhitama Kepariwisataan dan Ekraf Ahli Muda Dinas Pariwisata dan Kebudayan (Disparbud) Cianjur, Susan membenarkan bahwa Situs Megalitikum Gunung Padang mewakili Cianjur di ajang ADWI.

“Betul, karena salah satu desa wisata itu harus ada hal yang unik yang ada di desa wisata tersebut. Karena di desa lain tidak punya situs cagar budaya seperti gunung padang yang sudah terkenal secara nasional, bahkan internasional,” singkatnya.(afs)

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami