Cipanas Update

Musim Haji Pasca Pandemi, Wisatawan Asal Timteng Mulai Ramai di Cipanas

CIANJUR UPDATE, Cipanas – Sejak dilarangnya warga negara asing masuk ke Indonesia imbas pandemi Covid-19 hampir dua tahun lalu, sangat berdampak buruk terhadap perekonomian seluruh sektor di berbagai wilayah.

Salah satunya yang dirasakan oleh para pelaku usaha jasa pariwisata Timur Tengah di wilayah Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Namun, di tahun ini, seolah membawa angin segar bagi para pelaku usaha tersebut. Terlebih di Kerajaan Arab Saudi dan Indonesia kini telah memperbolehkan kembali warga negara asal Timteng untuk datang ke Indonesia saat musim haji pasca Pandemi ini.

BACA JUGA: Belasan Tahun di Luar Negeri, PMI Asal Cianjur Pulang Membawa Depresi

Salah seorang sopir parawisata Timur Tengah, Agus Soleh mengaku, selama dibukanya kembali border negara khususnya Indonesia-Arab Saudi, wisatawan asal Timur Tengah tampak menggeliat kembali datang ke sini. Sehingga tentu berdampak baik pada para pelaku usaha jasa travel.

“Alhamdulillah sampai saat ini mungkin tingkat kedatangan tamu-tamu pariwisata khususnya dari Timur Tengah ke Cianjur sudah sudah tampak mencapai sekitar 60 persen,” katanya kepada Cianjurupdate.co, Jumat (15/7/2022).

Jika dibandingkan tahun sebelum covid-19 2018 atau 2019, tingkat kunjungan wisatawan Timur Tengah, menurut Agus terbilang normal. Namun di saat pandemi melanda, okupansi dari Timur Tengah cenderung anjlok mencapai 100 persen.

“Kemarin pas Covid-19 itu wisatawan asal timur tengah 100 persen tidak ada, tapi yah alhamdulillah tahun ini sudah ada kembali sekitar 60 persen,” ungkap dia.

LIHAT JUGA: Sambut Libur Sekolah, Le Eminence Hotel & Convention Cipanas Siap Manjakan Tamu

Pihaknya menjelaskan, untuk wisata asal timur Tengah di Cianjur ini biasanya berwisata di wilayah Bogor Cianjur. Seperti hotel kebanyakan di Hotel Le Eminence dan untuk wisata di Cibodas, Taman Bunga serta Sevillage.

“Yah paling banyak dikunjungi itu ke hotel Le Eminence dan untuk wisatanya seperti ke KRC, Taman Bunga dan Sevillage,” ucap dia.

Hal yang sama di ungkapkan sopir asal timur Tengah lainya, Hendri (40) tahun ini dibandingkan tahun kemarin saat Covid-19 wisata timur Tengah sudah mulai ramai kembali.

“Ya Alhamdulillah kang karena Pemerintah Pusat sudah memperbolehkan kembali jadi di Cianjur ini sudah mulai ada lagi. Namun belum semua masuk karena masih di tempat lain seperti Jakarta, Bali dan Bogor,” ujarnya.

Meski begitu, saat ini kunjungan wisatawan Timteng tersebut telah mulai berdatangan lagi hingga mencapai 65 persen.

“Alhamdulillah ini juga, saya lagi bawa orang satu rombongan keluarga dari timur tengah. Ya saya berharap kedepannya bisa lebih banyak lagi seperti sebelum Covid-19,” pungkasnya. (ren)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami