Dampak Corona, Ini Dia 7 Pekerjaan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Sampai saat ini pemerintah masih memberlakukan kebijakan work from home untuk sejumlah wilayah terdampak corona paling parah. Bagaimana jika dampak virus corona membuat Anda kehilangan pekerjaan, sementara tagihan banyak yang harus dilunasi? Jangan khawatir karena beragam cara bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang hanya dari rumah. Yuk, intip pilihan kerjanya di bawah ini.

Dampak Corona
credit : entrepreneur.com

Dari Penulis Lepas Hingga Blogger

Anda bisa pilih satu dari tujuh pekerjaan berikut yang dapat dikerjakan dari rumah dan membuat aliran penghasilan tetap lancar.

  1. Penulis Lepas

Bagi yang punya bakat menulis cerpen, artikel, atau tulisan jenis lainnya, bisa mencoba peruntungan jadi penulis lepas. Saat ini banyak perusahaan online yang membutuhkan penulis untuk memenuhi kebutuhan klien dari berbagai jenis bisnis. Sebab usut punya usut promosi melalui tulisan di website punya kans lebih besar untuk memenangkan persaingan usaha.

Biasanya akan ada tes yang dilakukan oleh perusahaan untuk merekrut penulis lepas. Hal tersebut bertujuan untuk menyortir penulis yang memiliki kualitas sesuai dengan apa mereka butuhkan. Jika beruntung, maka Anda akan jadi salah satu penulis dengan bayaran menggiurkan, sehingga tak ada salahnya mengembangkan lagi kemampuan menulis sekarang!

  1. Web Designer

Desain web juga sangat dibutuhkan, Anda bisa membuat penawaran diri melalui portofolio di akun media sosial. Lalu ketika ada yang berminat menggunakan jasa Anda, maka lakukanlah dengan maksimal. Tinggal desain web sesuai keinginan klien, komunikasi via email atau telepon, lalu terima fee jika web sudah selesai.

Anda tak perlu kemana-mana, uang datang menghampiri melalui pekerjaan ini. Tapi Anda tentu harus memiliki latar belakang web design, karena pekerjaan ini memang butuh skill mumpuni di bidang mendesain sebuah website.

  1. Admin Media Sosial

Media sosial banyak dijadikan lahan bisnis yang menjanjikan, bahkan perusahaan besar pun ikut ambil bagian dalam promosi dengan cara ini. Sehingga sangat dibutuhkan admin yang siap mengoperasikan dan mengelola media sosial untuk kebutuhan bisnis. Anda bisa mencoba peruntungan di sini, tak perlu keluar rumah, cukup kuota internet dan keahlian promosi.

Admin ini biasanya bertugas membuat konten untuk media sosial, menjawab pesan konsumen melalui media sosial, dan membuat strategi bisnis online yang menjanjikan keuntungan besar bagi perusahaan.

  1. Youtuber

Kamu pasti kenal youtuber seperti Atta Halilintar yang kini subscribernya sudah mencapai 20 juta lebih! Hanya dengan mengisi konten video kreatif melalui channel youtube, lalu biarkan waktu menjawab berapa orang yang menyukai konten tersebut dan Anda akan dibayar! Jadi buat yang kreatif cukup manfaatkan youtube channel untuk menghasilkan uang dari rumah.

Mulailah dari pemanfaatan ponsel sebagai sarana membuat video, lalu download aplikasi edit video yang banyak tersedia. Terakhir, berkreasilah untuk menghasilkan konten yang berkualitas, agar tujuan mendapatkan penghasilan bisa lebih bermanfaat.

  1. Online Shop

Sejak beberapa tahun lalu, online shop memang sangat tren sebagai upaya mengembangkan usaha. Bahkan bagi Anda yang tak punya usaha apapun bisa bekerja sama dengan pemilik online shop untuk menjual produk. Hasilnya Anda akan dapat untung sesuai banyaknya order produk yang berhasil didapat.

Pekerjaan online ini bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Hal yang paling penting  adalah punya jiwa bisnis dan promosi yang hebat, serta tentunya produk yang dijual punya kualitas baik. Sehingga konsumen puas dan bisa jadi media promosi berantai ke calon konsumen lain.

  1. Trader

Jika mau mencoba peruntungan di dunia bisnis saham, Anda bisa memilih pekerjaan trader. Namun, bisnis ini memang butuh pemahaman dasar tentang dunia saham, istilah, dan trik agar bisa mendapatkan keuntungan dari jual beli saham online. Tak sedikit orang yang berhasil meraup uang banyak dari usaha ini.

Kamu bisa menggeluti bisnis ini hanya dari rumah, tinggal pilih jenis trading yang ingin digeluti, lalu pelajari hingga paham dan mulailah berbisnis. Tak perlu keluar rumah, hanya butuh koneksi internet yang bagus, jadi sambil masak, makan, atau melakukan aktivitas menyenangkan di rumah bisnis tetap berjalan.

  1. Blogger

Hampir sama dengan penulis lepas, tapi Anda mengelola sendiri blog untuk diisi dengan konten yang diinginkan. Biasanya blog memiliki tema masing-masing, Anda bisa menyesuaikan dengan hobi atau passion. Lalu kemaslah konten bermutu yang mengundang banyak pembaca dan pengunjung blog, sehingga Anda bisa menerima penghasilan dari blog tersebut.

Penghasilan yang akan Anda dapatkan tergantung pada kualitas konten dan seberapa banyak yang menjadi follower. Tapi memang harus dilakukan sedikit kajian awal, tentang apa yang sedang trend  saat ini dan apa kecenderungan masyarakat. Kajian dilakukan agar konten bisa diterima dengan baik oleh para netizen. Butuh kesabaran dan keuletan membuat konten terbaik.

Sekarang tak perlu lagi cemas kalau harus berada di rumah dalam waktu lama, selain menjaga kesehatan, Work From Home ternyata banyak peluang kerja yang bisa Anda ambil. Tinggal memilih mana yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan Anda. Lakukan dan lihat sejauh mana pekerjaan itu memberikan penghasilan, agar bisa menata masa depan lebih baik.

Tinggalkan komentar