Tips & Tutorial

Pengertian dan Struktur Teks Prosedur Yang Baik dan Benar

Pernah melihat acara tv bertemakan lomba memasak? Pada acara tersebut kita diperlihatkan beberapa tips dan cara agar masakan terasa enak.

Tentunya dalam proses pemasakannya, sang pembuat harus melewati beberapa cara terlebih dahulu untuk mencapai hasil. Hal ini biasa disebut dengan langkah membuat sesuatu atau prosedur pembuatan. 

Prosedur yang baik dan benar akan menghasilkan sesuatu yang diinginkan seperti halnya masakan tadi. Karena itu dalam proses membuat sesuatu seseorang pasti akan mengikuti arahan yang telah diberikan. Hal ini kerap disebut teks prosedur, yang mana akan menjelaskan tata cara membuat sesuatu secara benar. Lalu apa pengertian teks prosedur secara lebih lengkap dan apa saja strukturnya? Simak ulasan berikut!

Pengertian dan ciri teks prosedur

Merupakan kata lain dari teks yang berisi langkah-langkah membuat sesuatu, teks prosedur terbilang agak berbeda dengan teks yang lain. Jika kita pernah melihat teks deskriptif yang menjelaskan sesuatu, maka prosedur akan berisi cara-cara, tujuan, dan fungsi pembuatan sesuatu serta berisi daftar mengenai media pembuatnya. 

Teks prosedur banyak digunakan sebagai metode penulisan buku masak yang kerap kali kita lihat di pasar. Teks ini tidak memiliki pembahasan yang jelas akan sesuatu melainkan tata cara pembuatan, jadi tidak heran jika kita tidak menemukan penjelasan akan sebuah makanan ataupun barang yang ada.

Untuk ciri dari teks prosedur sendiri dapat kita lihat dari kalimatnya yang kebanyakan berupa perintah. Sedangkan untuk isinya, terdapat bagian tentang bahan dan juga cara pembuatan. Sebelum memasuki bagian percobaan pembuatan, umumnya pada teks prosedur akan terdapat tujuan melakukannya. 

Struktur teks prosedur

Setelah mengetahui apa itu teks prosedur dan ciri-cirinya, selanjutnya untuk strukturnya teks prosedur dibagi menjadi beberapa bagian. Berikut strukturnya:

  1. Judul

Merupakan anak dari tema yang kita buat, bisa berupa pembuatan makanan ataupun sesuatu yang lain. 

  1. Tujuan 

Sebelum masuk kepada tutorial pembuatan, terlebih dahulu kita harus menentukan apa tujuan dari pembuatan sesuatu tersebut. 

  1. Bahan dan Alat

Struktur yang ketiga ini tak boleh dilewatkan karena menyangkut sarana yang digunakan untuk pembuatan sesuatu yang sesuai dengan judul. 

  1. Langkah-langkah

Merupakan bagian dari pembuatan itu sendiri, kita diharuskan untuk menulis satu demi satu langkah-langkah sesuai urutannya, jika keliru sedikit saja atau terlewatkan maka sesuatu yang akan dibuat tidak optimal.

  1. Penutup

Bagian yang muncul diakhir ini bisa juga diganti dengan saran akan pembuatan sesuatu. Terkadang struktur satu ini ditulis dan terkadang tidak. 

Setelah mengetahui apa itu teks prosedur dan strukturnya, kita dapat mencoba membuatnya dengan menentukan tujuan dari proses tersebut terlebih dahulu. Jangan lupa urutkan struktur dengan benar supaya terlihat menarik dan bagus. Selamat mencoba! 

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami