7 Permainan yang Bisa Dilakukan di Rumah Dengan Keluarga

Menyiasati anjuran pemerintah untuk berdiam di rumah selama “perang” melawan virus corona, mungkin membuat banyak orang dilanda bosan. Apalagi jika di rumah banyak anak-anak yang waktu bermainnya jadi terbatas, pasti mereka banyak mengeluhkan kondisi saat ini. Tapi Anda jangan pesimis dulu, karena banyak permainan menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah agar tak bosan lho! Mau tahu apa saja?

Memanfaatkan ruang indoor, pengenalan pada permainan legenda merupakan langkah yang tepat dan bisa dilakukan bersama keluarga saat ini. Sehingga ketika kondisi krisis dan minim akses di luar rumah, Anda tetap memiliki waktu terbaik bersama orang-orang tercinta. Jadi pastikan Anda mencoba tujuh permainan berikut ini.

dampak virus corona
credit : mamapapa.id

Dari Main Ular Tangga Hingga Balap A la Rumahan

Tujuh permainan ini dijamin bisa meminimalisir kebosanan, dan tetap membuat Anda dan keluarga semangat menjalani hari. Apalagi jika dipadukan dengan hukuman-hukuman lucu yang membuat suasana jadi semakin santai dan intim.

  1. Ular Tangga

Permainan ini sudah dikenal sejak lama, cara mainnya dengan menggunakan kertas yang dapat dibeli di toko mainan. Tampilannya berupa urutan angka dan gambar yang menentukan perjalanan seorang pemain. Bisa dimainkan oleh banyak orang untuk menentukan siapa yang bisa mencapai finish di angka 100 lebih dulu.

 

Untuk anak-anak ular tangga membantu mereka mengenali warna, gambar dan angka secara bersamaan. Sekaligus mengajarkan cara sabar menunggu giliran main, dan sabar saat harus dikalahkan pemain lain. Anda bisa mengajak anak dan pasangan main bersama di pagi hari atau malam menjelang tidur.

 

  1. Puzzle

Menyusun potongan gambar menjadi satu kesatuan yang utuh, juga bisa jadi pilihan bermain bersama di rumah saat ini. Anda bisa memilih puzzle dengan jumlah ratusan hingga ribuan potongan, sehingga semua anggota keluarga bisa ikut bermain. Puzzle juga bisa “membunuh” waktu lebih cepat, sehingga dirumah jadi tak terasa dari pagi hingga malam.

 

Anda bisa pilih gambar puzzle yang disukai oleh anak-anak dan anggota keluarga lainnya, sehingga saat dimainkan semua merasa senang dan tertantang untuk menyelesaikan puzzle. Jangan lupa untuk memberikan hadiah kecil bagi siapa saja yang berhasil menuntaskan bagiannya terlebih dahulu. Bisa berupa makanan kesukaan atau tambahan jam nonton televisi.

 

  1. Monopoli

Anak zaman sekarang mungkin tak kenal permainan legendaris yang satu ini, saatnya Anda memperkenalkannya dan membuat anak jadi mahir bermain. Monopoli dimainkan dengan pola jual beli properti, dimana masing-masing pemain diberi uang awal untuk dijadikan modal bermain. Lalu dilanjutkan dengan membeli properti yang ada di kertas monopoli.

 

Permainan ini bisa menjadi ajang belajar bisnis sejak kecil, bagaimana menabung, dan mampu mempertimbangkan berbagai hal sebelum mengambil keputusan. Anda mengajarkan anak sambil memainkan monopoli, sehingga tak ada waktu yang sia-sia di rumah. Untuk membuat suasana lebih semangat, Anda dapat menerapkan sistem hukuman juga.

 

  1. Kartu Dengan Hukuman

Anak generasi sekarang memang lebih identik dengan permainan serba teknologi, jadi mereka mungkin harus diperkenalkan lagi dengan permainan manual yang tak kalah mengasyikkan. Hanya dengan main kartu jenis remi, cangkul, Anda bisa membuat suasana riang gembira dengan menerapkan hukuman lucu.

 

Misalnya, siapa yang kalah dicoret wajahnya menggunakan lipstik atau bedak. Bisa juga hukuman joget lucu di depan pemain lain. Dijamin Anda dan keluarga jadi semakin dekat dan tak mau berhenti bermain hingga semua merasakan hukuman seru tersebut.

 

  1. Scrabble

Permainan menyusun kata ini juga bisa dijadikan pilihan permainan di rumah, saat pemberlakuan isolasi mandiri melawan virus corona. Anda bisa memainkannya untuk menyusun bahasa Indonesia atau bahasa Inggris tergantung siapa yang bermain. Karena bisa menjadi media belajar jika Anda bermain dengan buah hati.

 

  1. Petak Umpet

Siapa bilang main petak umpet hanya bisa dilakukan di luar ruangan, sekarang Anda bisa melakukannya di dalam rumah dengan mengajak semua anggota keluarga. Pilih tempat bersembunyi favorit Anda, dan biarkan yang kalah mencari hingga bertemu. Sebelum main pastikan alat pecah belah sudah disimpan, agar tidak hancur saat kejar-kejaran nanti.

 

  1. Balap

Anda bisa meningkatkan daya kreativitas dan imajinatif buah hati, dengan bermain balapan di dalam rumah. Buatlah mobil-mobilan menggunakan kardus bekas,lalu buat area balapan menggunakan meja dan kursi dan mulailah adu kecepatan mencapai garis finish. Permainan ini bisa meningkatkan stamina tubuh, sebagai ganti olahraga.

 

Untuk anak-anak permainan ini bisa mengasah kreativitas mereka untuk membuat mobil terbaik versi mereka, yang akan dipakai di area balap. Mereka juga dapat diberi pemahaman tentang pentingnya menerima kenyataan dan ikhlas jika kalah bersaing.

Jangan menganggap imbauan untuk dirumah saja sebagai beban yang membosankan, buktinya dengan mencoba tujuh permainan di atas Anda dan keluarga bisa melewati hari dengan lebih berwarna. Ibaratkan saja saat ini Anda sedang memanfaatkan quality time terbaik bersama anggota keluarga, yang mungkin selama ini tak pernah dirasakan akibat kesibukan kerja dan aktivitas yang menyita waktu.

Tinggalkan komentar