Cianjur Update

Pilkades Cianjur 2022 Siap Digelar, Ada 300 Calon Kades di 77 Desa

CIANJUR UPDATE, Cianjur – Sebanyak 300 calon kepala desa dari 77 desa di Kabupaten Cianjur siap mengikuti di pemilihan kepala desa (Pilkades) pada 17 Juli 2022 mendatang. Panitia pun diimbau untuk tetap menjaga netralitas.

Kabid Penataan dan Kerja Sama Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur, Dendy Kristanto menjelaskan, dari 77 desa di Kota Santri, ada sebanyak 357 bakal calon yang mendaftarkan diri.

“Dari 77 desa itu ada sekitar 20 desa yang calonnya lebih dari lima orang, terkahir dengan Desa Wanasari itu calonnya lebih dari lima orang,” kata dia kepada wartawan pada, Senin (20/6/2022).

Dendi mengungkapkan, bagi desa yang memiliki calon kades lebih dari lima orang, harus mengikuti seleksi tambahan. Hal itu tertuang salam Perbub 41 junto 42. Seleksi tambahan tersebut meliputi seleksi administrasi dan tes tertulis.

“Untuk tes tertulis sendiri dilaksanakan di Unsur pada tanggal 10 Juni yang lalu, plus kemarin hari Minggu 18 Juni untuk Desa Wanasari, jadi total ada 20 desa,” jelas dia.

Selain itu, kata dia, dari 20 desa tersebut, sudah ditetapkan yang lolos menurut seleksi ada lima calon dari lima desa dengan total ada 100 orang.

“Sekarang yang sudah ditetapkan berdasarkan data di kami keseluruhan kurang lebih ada 300 orang yang akan berkompetisi di 77 desa pada tanggal 14 Juli,” ucap dia.

Sementara itu, Dendy mengungkapkan, untuk tahapan Pilkades Cianjur 2022 hingga hari ini, Senin (20/6/2022) ialah batas pengumuman calon yang telah ditetapkan.

“Mulai besok, Selasa (21/6/2022) tahapannya adalah tahapan pembenahan daftar pemilih tambahan. Karena awalnya mereka sudah ada di DPS, kemudian nanti ditetapkan sebagai DPT,” ungkap dia.

DPMD Kabupaten Cianjur mengimbau semua Badan Pengawas Desa (BPD), Camat, hingga Panitia Pilkades untuk bekerja secara profesional dan selalu menjaga netralitas.

“Dan kepada para calon yang sudah ditetapkan silahkan berkopetisi secara baik dengan niat kita adalah mengabdi,” ungkap Dendy.

“Karena apapun hasil Pilkades nanti yang juara adalah masyarakat desa setempat, bukan hanya bicara satu calon, tetapi juga kemenangan seluruh desa,” tutup dia.(afs)

Berita Terkait

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami