Nasional Update

Presiden Jokowi Reshuffle Menteri dan Wamen, Ini Daftar Namanya

CIANJUR UPDATE, Nasional – Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle beberapa menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara pada hari ini, Rabu (15/6/2022).

Presiden Jokowi memilih dua nama baru guna menggantikan menteri yang dicopot. Pertama, ada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang menjadi Menteri Perdagangan. Zulkifli Hasan menggantikan Mendag sebelumnya yaitu Muhammad Luthfi.

Kemudian, ada mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto yang menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Hadi menggantikan Sofyan Djalil yang sudah menjabat sejak 2016 lalu.

Tidak hanya itu, Jokowi pun merombak Posisi wakil menteri di kabinetnya. Ada nama Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni yang menjadi Wakil Menteri ATR/BPN. Ia menggantikan rekan sesama kader PSI Surya Tjandra yang sudah menjabat sejak 2019 lalu.

Baca Juga: Petani Kelapa Sawit Demo di Istana Hari Ini, Minta Jokowi Tinjau Larangan Ekspor

Selain itu, Jokowi pun menunjuk dua nama pada posisi kosong wakil menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Dua posisi tersebut akan diisi oleh Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat John Wempi Watipo yang kini menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) serta Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor menjadi Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Jilid 2 pada Desember 2020 lalu. Reshuffle dilakukan usai dua menteri Jokowi diringkus petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menteri Kelautan dan Perikanan nonaktif Edhy Prabowo dan Menteri Sosial nonaktif Juliari Peter Batubara tertangkap tangan karena dugaan kasus rasuah selama dua pekan berturut

Nama yang dilantik dalam perombakan saat itu adalah Tri Risma sebagai Menteri Sosial; Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan; Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama; Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan; Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; serta M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan.

Baca Juga: Puan Maharani Jadi Juri Puteri Indonesia 2022

Setelah itu, Jokowi melakukan perombakan kabinet lagi pada April 2021. Jokowi menunjuk dua menteri yang menduduki kursi kementerian baru, yaitu Kementerian Investasi, dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Mereka adalah Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi, dan Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek).(afs)

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami