Cianjur Update

Rela Lewat Jembatan Kawat, Warga Cianjur: Uangnya Tidak Ada

CIANJUR UPDATE, Cianjur – Demi menembus akses paling cepat, warga di dua kecamatan di Kabupaten Cianjur nekat menantang maut melewati jembatan gantung yang hanya terbuat dari kawat.

Hal itu terpaksa dilakukan lantaran jembatan tersebut menjadi jalan alternatif paling cepat terutama untuk tiba ke sawah.

Sebagai informasi, jembatan kawat yang membentang sepanjang 52 meter dengan ketinggian mencapai 25 meter dari permukaan sungai menghubungkan Desa Salamnunggal Kecamatan Cibeber dan Desa Sukaeama Kecamatan Bojongpicung.

Warga Desa Salamnunggal Cibeber Cianjur Rustandi (35) mengatakan, jembatan kawat itu dibangun warga beberapa tahun lalu dengan swadaya masyarakat dan biaya seadanya.

“Dibuat seadanya, jadi dari awal dibuat juga memang hanya kawat. Karena uangnya tidak ada, cukupnya buat beli kawat, jadinya dibangun seadanya,” kata dia dikutip Detik.com, Jumat (24/6/2022).

Meskipun berbahaya, namun warga tetap menggunakan jembatan tersebut untuk beraktivitas. Menurut pengakuannya, jembatan kawat itu menjadi akses jalan terdekat warga Desa Salamnunggal menuju sawah garapannya yang berada di Desa Sukarama Kecamatan Bojongpicung.

“Warga Salamnunggal kebanyakan punya lahan di Sukarama. Ada juga warga Sukarama yang punya sawah di Salamnunggal. Apalagi ada aktivitas lain yang memang mengharuskan warga lewat jembatan ini, karena lebih dekat dibandingkan lewat jalan memutar yang berjarak beberapa kilometer,” ungkapnya.

Dia mengaku kerap merasa khawatir terjatuh atau kawat jembatan putus, akan tetapi karena tidak ada akses lain yang lebih dekat, dirinya trpaksa melalui jalur tersebut untuk ke sawah dan mencari rumput.

“Kalau takut jatuh pasti ada, tapi terpaksa lewat sini meski berisiko. Lebih cepat kan,” tutur dia.

Di sisi lain, Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan telah menginstruksikan dinas terkait untuk memprioritaskan pembangunan jembatan penghubung dua desa sekaligus dua kecamatan tersebut.

“Informasi soal jembatan yang berbahaya itu sudah diterima. Saya sudah minta segera dimasukan dalam rencana pembangunan, segera akan dibangun supaya masyarakat tidak terancam bahaya untuk beraktivitas,” tandasnya.(rid)

Berita Terkait

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami