Rute Menuju Lokasi Pantai Pangandaran dan Harga Tiket Masuk

Pantai Pangandaran ini adalah salah satu pantai yang berlokasi di Kabupaten Pangandaran dan sangat populer dijadikan sebagai obyek wisata sekaligus tempat nongkrong yang menyenangkan. Dimana pantai ini mempunyai panorama alam yang sangat indah dilengkapi dengan flora dan faunanya.

pantai pangandaran
@taminangga

Alamat Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran adalah salah satu wisata tepi laut yang berlokasi di daerah Ciamis tepatnya di Desa Pananjung. Adapun pantai ini pernah dinobatkan oleh AsiaRooms sebagai satu-satunya pantai terbaik yang ada di provinsi Jawa Barat.

Bagaimana saya bisa ke Pantai Pangandaran?

Perlu Kamu ketahui bahwa ada banyak cara untuk menuju pantai Pangandaran ini, mulai dari jalur darat hingga jalur udara. Sebago contoh, jika Kamu berangkat dari Jakarta, Kamu bisa naik bus Gapuraning Rahayu selama kurang lebih 7 jam. Ongkos bis tersebut sekitar Rp 90 ribuan.

Namun, apabila Kamu ingin sedikit lebih santai, bisa menggunakan kendaraan pribadi. Nantinya, jika Kamu berangkat dari Jakarta menuju Pantai Pangandaran, Kamu akan melintasi sejumlah kota-kabupaten di Jawa Barat yang terkenal akan sajian kuliner khas dan pemandangan yang indah di sepanjang jalan.

Kamu juga tidak perlu takut kesasar. Sebab, jalan untuk menuju Pantai Pangandaran ini sudah bisa Kamu akses melalui Google Maps atau pun Waze. Sehingga, bagi Kamu backpacker sejati, bisa berkunjung ke tempat ini kapan saja Kamu inginkan tanpa perlu bersusah payah mencari jejak.

Jika ingin lebih cepat, Kamu bisa menggunakan jalur udara dengan penerbangan Jakarta-Pangandaran miliki PT Asi Pudjiastuti Aviation (Susi Air). Adapun lama perjalanannya sendiri memakan waktu sekitar 45 menit saja dan Kamu perlu membayar biaya tiket pesawat senilai Rp 824 ribuan.

Tak hanya itu, ada juga alternatif lainnya, Kamu bisa naik kereta api dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Banjar. Dimana jarak tempuh perjalanan sekitar 8 jam, soal harganya dibandrol sekitar Rp 110 ribu. Tiba di Stasiun Banjar, Kamu bisa melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan bus untuk menuju Pangandaran.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Pantai ini biasanya buka hingga malam hari. Namun, demi keselamatan para pengunjung, aktivitas yang ada di laut hanya dibatasi hingga pukul 17.00. Oleh sebab itu, jika Kamu ingin bermain ke pantai ini, ada baiknya datang sebelum matahari terbenam.

Mengenai harga tiket masuk ke pantai Pangandaran ini relatif, berdasarkan jenis kendaraan yang Kamu gunakan. Berikut rincian harganya diantaranya:

  • Pejalan kaki – Rp 6.000
  • Motor dikenakan tarif – Rp 15.000
  • Kendaraan jenis Sedan atau Jeep – Rp 35.000
  • Kendaraan jenis Carry – Rp 65.000
  • Mobil penumpang besar – Rp 93.000

Daya Tarik Pantai Pangandaran

Ada banyak arena wisata lainnya yang ada di dekat pantai Pangandaran ini dan sayang untuk dilewatkan.

  1. Cagar Alam

Berlokasi sangat dekat dengan Pantai Pangandaran, Cagar Alam satu ini merupakan sebuah hutan yang menghubungkan antara pantai pasir coklat dengan pantai pasir putih. Di Cagar Alam mini ini juga Kamu bisa menyaksikan beragam jenis satwa seperti rusa, lutung dan juga kera. Kamu perlu berhati-hati jika masuk ke lokasi Cagar Alam ini, terlebih lagi jika membawa makanan atau minuman.

Hal ini karena para kera yang gemar mencuri makanan dan minuman tersebut dari tangan Kamu. Adapun biaya masuk ke Cagar Alam ini berkisar Rp 20.000 per orangnya.

  1. Pangandaran Sunset

Pangandaran Sunset adalah nama taman yang ada di dekat Pantai Pangandaran, tempat ini biasa dijadikan sebagai tempat untuk menyaksikan sunset. Kamu dapat menikmati keindahan sore hari dengan hembusan angin dan juga pesona matahari terbenam.

  1. Citumang

Apabila Kamu merasa bosan dengan suasana pantai, Kamu juga bisa mencoba bodyrafting di Citumang. Apa itu Citumang? Ya,Citumang adalah sebuah sungai mengalir yang sangat jernih airnya. Kamu bisa bermain bodyrafting bersama teman-teman atau pun kekasih, jangan khawatir, Kamu juga akan didampingi oleh sang pemandu yang akan mengabadikan momen Kamu tersebut dengan action cam.

Harga tiket obyek wisata satu ini sebesar Rp 150.000 – Rp 175.000 per orangnya. Adapun harga tersebut sudah termasuk dengan perlengkapan seperti pelampung, makan dan juga dokumentasi.

  1. Green Canyon

Green Canyon adalah salah satu obyek wisata yang juga hampir mirip dengan Citumang. Namun, yang membedakannya adalah Green Canyon cenderung lebih populer. Bagi Kamu yang hendak berkunjung kesini akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Pantai Pangandaran.

Nantinya, di dalam gua Kamu dapat berenang dan bersenang-senang di dekat hamparan bebatuan. Adapun tarif untuk tiker masuk Green Canyon ini dipatok sebesar Rp 250.000 untuk perahu (max. 6 orang) dan berenang atau perahu Rp 100.000 dengan durasi waktu 30 menit.

  1. Pantai Batu Hiu

Di pantai Batu Hiu, Kamu juga dapat menikmati keindahan alam dari atas bukit. Adapun Kamu tidak diizinkan untuk berenang, hal ini karena ombaknya yang cukup besar. Dari atas bukit terdapat saung dan juga gazebo yang bisa Kamu gunakan untuk menikmati indahnya pemandangan pantai Batu Hiu.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Pergi?

Bagi Kamu yang hendak berlibur ke pantai Pangandaran, perlu Anda ketahui bahwa jam buka untuk bisa memasuki area pantai yaitu sekitar pukul 09.00 pagi. Sedangkan, untuk jam tutupnya yaitu pukul 21.00, sehingga bagi Kamu yang ingin kemari, hendaknya datang lebih awal yaitu di pagi hari.

Jika Kamu masih kebingungan mencari tempat wisata yang ingin dikunjungi saat liburan akhir pekan tiba, Pantai Pangandaran ini bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu bisa mengajak teman-teman, pacar, dan juga keluarga untuk berwisata disini.

Tinggalkan komentar