Rute Menuju Lokasi Pantai Santolo dan Harga Tiket Masuk

Kabupaten Garut yang lebih dikenal sebagai wilayah penghasil dodol dengan cita rasa khas dan biasa disebut dodol Garut. Selain makanan, peternakan domba di sana juga sangat terkenal hingga ke berbagai daerah. Ternyata Garut juga memiliki beragam destinasi wisata alam yang sangat menarik, salah satunya seperti Pantai Santolo yang perlu Kamu kunjungi.

Rute Pantai Santolo
credit : trivindo.com/

Daya Tarik Pantai Santolo

Daya tarik apa yang menjadikan Pantai Santolo perlu dikunjungi?

  1. Mengeksplor Pulau Kecil di Santolo

Meskipun destinasi utama yang dijadikan daya tarik adalah Pantai Santolo, tetapi di sini juga terdapat pulau kecil yang terletak tepat di kiri pantai. Pulau Santolo pada awalnya terbentuk dari tumpukan karang berukuran besar sehingga di sekitarnya terdapat perairan dangkal yang dihuni beragam biota laut menawan.

Kamu bisa melihat keindahan biota bawah laut dengan jelas dan jernih. Serta ditemani oleh indahnya pepohonan yang hijau dan rindang. Di tempat ini Kamu bisa merasakan kenyamanan dan kedamaian luar biasa karena dekat dengan alam.

  1. Menaiki Perahu Nelayan

Kegiatan wisata menarik yang ditawarkan di sini salah satunya yakni menaiki perahu nelayan untuk menyusuri keindahan laut di sekitar Pantai Santolo. Kamu hanya perlu menghabiskan biaya sangat murah, sekitar 4.000 hingga 20.000 rupiah saja. Harga tersebut sangat tergantung pada jarak untuk menyusuri laut sesuai yang Kamu minta kepada nelayan.

  1. Menikmati Wahana Wisata Banana Boat

Selain menaiki perahu nelayan, menikmati keindahan laut juga bisa Kamu lakukan dengan menaiki Banana Boat. Harganya juga sangat murah, yakni sekitar 25.000 saja untuk per orang. Tidak kalah dengan kenyamanan saat menaiki perahu nelayan. Wahana ini tergolong ekstrim namun sangat cocok bagi Kamu yang menyukai tantangan di alam.

  1. Menikmati Spot Foto Bahari

Di Pantai Santolo juga terdapat banyak sekali lokasi yang cocok dijadikan sebagai spot foto. Kamu bisa selfie di berbagai tempat karena hampir seluruhnya terlihat sangat menarik dan indah. Ada beberapa tempat yang biasa dijadikan sebagai lokasi unggulan untuk spot foto.

Antara lain yakni bibir pantai, jembatan tua Pulau Santolo, serta keindahan biota bawah lautnya. Kamu bisa mengambil foto selfie saat snorkeling untuk memamerkan keindahan pesona bawah laut yang terdiri dari karang beserta ikan-ikan kecil.

Alamat Pantai Santolo

Lokasi Pantai Santolo sebenarnya sangat mudah dijangkau karena hanya berjarak sekitar 90 kilometer dihitung dari pusat kota. Kamu bisa menempuhnya selama 3.5 jam dengan rute jalan yang cukup berliku dan berlubang.

Kamu bisa menemukan Pantai Santolo tepat di daerah Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Aksesnya sangat mudah, namun Kamu harus berhati-hati jika mencapainya menggunakan kendaraan roda empat.

Apabila Kamu seorang pengunjung baru di Kota Bandung, dapat menggunakan peta digital melalui Gmaps. Atau juga menanyakan beberapa rute yang sulit kepada warga lokal di sekitar lokasi Kamu berada untuk menuju Pantai Santolo, karena ada beragam rute dari beberapa lokasi yang bisa Kamu pilih.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Santolo

Kamu bisa menikmati seluruh pemandangan alam laut yang eksotik di Pantai Santolo hanya dengan membayar biaya tiket masuk sebesar 3.000 hingga 5.000 rupiah saja per orang. Kamu bisa memperoleh tiketnya hanya di jam-jam tertentu, yakni mulai dari pukul 5 pagi hingga saat tutup di malam hari.

Tiket masuk tersebut memang murah, tetapi Kamu harus membawa uang lebih untuk menikmati beragam aktivitas wisata menarik. Serta untuk membeli jajanan atau oleh-oleh khas Garut setelah berwisata alam.

Kapan Waktu Paling Tepat Mengunjungi Pantai Santolo?

Pantai Santolo memiliki pemandangan biota laut yang sangat indah sehingga Kamu direkomendasikan untuk mengunjunginya di pagi hingga siang hari. Pemandangan sore hari juga tidak kalah menarik karena Kamu bisa menikmati matahari tenggelam di pantainya.

Di pagi setengah siang juga merupakan waktu paling tepat bagi Kamu untuk menyusuri indahnya lautan di dekat Pulau Santolo. Sekaligus mengunjungi perkampungan nelayan untuk melanjutkan perjalanan wisata kuliner karena hasil alam dari lautnya yang sangat kaya, seperti ikan tongkon, cumi, dan sebagainya.

Bagaimana Saya bisa ke Pantai Santolo?

Rute umum menuju Pantai Santolo bisa dicapai melalui jalur Ranca Bali, ini merupakan jalan yang sangat direkomendasikan bagi para calon pengunjung pertama di Kota Bandung. Kemudian Kamu bisa menuju daerah Naringgul, dan melanjutkan ke Cidaun, Rancabuaya hingga akhir tujuan yakni Santolo. Jalan pada rute ini cukup mudah karena permukaan jalannya cukup halus.

Jalur alternatif lain menuju Pantai Santolo dapat Kamu capai melalui jantung Kota Garut. Berawal dari lokasi tersebut, Kamu bisa melanjutkannya menuju Cikarang kemudian ke arah Cikelet hingga ke Paeungpeuk. Selanjutnya Kamu bisa menaiki transportasi umum dalam waktu singkat, jalur alternatif ini banyak menjadi pilihan pengunjung dan menjadi jalur paling ramai.

Tinggalkan komentar