Rute Menuju Lokasi Pantai Karapyak dan Harga Tiket Masuk

Pantai laut selatan di Jawa Barat yang tidak kalah menarik selanjutnya yakni Pantai Karapyak. Keindahannya sangat menawan tidak kalah dengan pantai populer lainnya di Jawa Barat meskipun pembangunan dan pengembangan fasilitas memadai masih memerlukan waktu lama. Kamu perlu mengunjunginya karena ada banyak hal yang bisa Kamu nikmati di sini.

rute pantai karapyak

Daya Tarik Pantai Karapyak

Apa yang membuat pantai Karapyak sangat menarik dan perlu Kamu kunjungi?

  1. Berpasir Putih

Meskipun pantai ini masih tergolong sebagai tempat wisata yang sepi pengunjung, tetapi keindahannya tidak boleh dilewatkan. Pantai Karapyak memiliki pasir yang berwarna putih yang membentang luas kurang lebih sekitar 5 kilometer. Warna pasir tersebut terbentuk karena proses pelapukan batu karang dan bercampur dengan cangkang kerang.

  1. Pemandangan Biota Bawah Laut di Batu Karang

Saat air laut mengalami surut, Kamu bisa melihat ikan-ikan kecil yang berenang di antara batuan karang. Jangan khawatir diterpa ombak karena karang tersebut masih mampu menghalau gempuran ombak yang besar. Ada beberapa biota laut seperti bulu babi, keong, dan beragam jenis ikan kecil lainnya. Kamu juga dapat melihat beberapa tumbuhan seperti rumput laut dan lainnya.

  1. Suasana Pantai Cenderung Tenang

Pantai ini sangat cocok dikunjungi oleh semua orang yang ingin menikmati ketenangan, karena masih sedikit pengunjung. Hal tersebut juga membuat pantai tetap terjaga kebersihannya, udaranya pun masih terasa sejuk.

Kamu dapat menikmati keindahan pantai dengan suasana tenang, hanya ada suara ombak dan pemandangan laut. Di beberapa tebing yang sedikit curam Kamu bisa mengambil momen tak terlupakan atau berselfie, karena tebing tersebut memang sangat cocok dijadikan sebagai spot foto.

Alamat Pantai Karapyak

Lokasi Pantai Karapyak sebenarnya cukup dekat dengan pusat kota, yakni sekitar 78 kilometer dari alun-alun Kota Ciamis, Jawa Barat. Kamu bisa langsung mengunjungi alamatnya tepat di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Pantai Karapyak berada tidak jauh dari Pulau Nusakambangan sehingga Kamu bisa sekaligus mengunjungi kedua tempat tersebut.

Jika Kamu datang dari arah Pangandaran, maka jaraknya lebih dekat yakni sekitar 20 kilometer saja. Kamu bisa memantau lokasinya melalui peta digital sehingga dapat mengunjunginya dengan lebih mudah.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Karapyak

Pemandangan laut dengan batuan karang yang indah membuat pantai ini layak dihargai sehingga Kamu tidak akan merasa kecewa saat mengunjunginya. Tiket masuk Pantai Karapyak terbilang mahal, namun disesuaikan dengan jenis kendaraan para pengunjung. Harga tiap tiket juga berbeda-beda, Kamu akan dikenai biaya untuk tiket parkir dan tiket masuk.

Untuk tiket parkir sepeda motor, akan dikenai biaya sebesar 10.000 rupiah saja, sedangkan biaya 18.000 rupiah dikenakan pada pengguna mobil. Untuk minibus sebesar 36.000 rupiah. Selanjutnya Kamu perlu membayar tiket masuk sebesar 54.000 rupiah  ketika menaiki minibus besar atau kendaraan dengan kapasitas sejenis.

Selanjutnya, biaya sebesar 72.000 rupiah akan dikenakan kepada penumpang bus kecil. Bus sedang dan bus besar, atau kendaraan dengan kapasitas serupa dikenai biaya sebesar 108.000 hingga 180.000 rupiah.

Kapan Waktu Paling Tepat Mengunjungi Pantai Karapyak?

Pantai Karapyak merupakan pantai yang letaknya di perairan bagian selatan dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Sangat berbahaya jika Kamu berenang di lautnya karena ombak cenderung besar, tetapi pemandangan karangnya sangat indah ketika air laut sedang surut. Kamu bisa turun ke permukaan karang di tepi laut dan melihat biota di bawahnya yang sangat indah.

Kamu bisa mengunjungi pantai ini saat pasang tetapi sangat dianjurkan untuk tidak terlalu dekat dengan laut. Sangat direkomendasikan jika Kamu mengunjunginya di saat surut karena keindahan alam tepi laut bisa terlihat dan ombak pun tidak terlalu berbahaya karena masih bisa terhalang oleh karang.

Bagaimana Saya bisa ke Pantai Karapyak?

Rute menuju Pantai Karapyak sangatlah mudah, Kamu bisa memilih salah satu dari dua rute yang tersedia. Kamu bisa melewati Kantor Kecamatan Kalipucang sebagai titik pertama menuju pantai, kemudian melewati tanjakan cukup curam. Kamu akan menempuh perjalanan sejauh 13.3 kilometer, dan Kamu bisa melihat Dermaga Majingklak tepat berada di sebelah Pulau Nusakambangan.

Rute kedua, Kamu bisa melewati titik awal dari pertigaan Rest Area Emplak, perjalanan bisa dicapai dalam jarak yang lebih dekat sekitar 9 kilometer. Tetapi Kamu perlu berhati-hati karena kondisi jalan masih belum sempurna, dan tidak sebagus jalan yang dilewati di rute pertama. Masih ada dua jalur lagi ketika Kamu tiba di gerbang pantai, jalur dengan jalan lurus kemudian jalur berkelok.

Informasi tentang lokasi wisata sangatlah penting sebelum Kamu merencanakan perjalanan wisata bersama keluarga, teman, atau rekan lainnya. Agar Kamu bisa mempersiapkan berbagai keperluan yang nantinya penting untuk digunakan saat berwisata, termasuk kendaraan dan biaya.

Tinggalkan komentar