Sport Update

Sejarah Munculnya Sepak Bola di Dunia, Sudah Ada Sejak Abad Sebelum Masehi

CIANJUR UPDATE – Sepak bola merupakan aktivitas olahraga yang sangat populer dalam sejarah di dunia. Bagaimana tidak, sejumlah turnamen besar diantara beberapa negara setiap 4 tahun sekali pasti diadakan untuk memeriahkan sekaligus melestarikan olahraga asal negara tirai bambu ini. Faktanya olahraga sepak bola sudah ada sejak zaman nenek moyang kita, tepatnya di zaman dinasti Han. Lalu bagaimana sejarah kisah awal mula sepak bola bisa terbentuk? Berikut ulasannya!

Sejarah Sepak bola dari Zaman Dinasti Han

Pada abad kedua sebelum ditemukannya tahun Masehi, di wilayah negeri tirai bambu China sudah ditemukan olahraga sepak bola. Namun bedanya sepak bola yang dimainkan hanyalah sebuah aksi permainan belaka belum menjadi sebuah kebiasaan bagi para pependuduknya

Pada waktu dinasti Han, bola yang para masyarakat gunakan tercipta dari bola kulit, permainannya sendiri masih tergolong sama dengan sepak bola masa kini. Perbedaannya hanya terletak dari cara mereka yang masih sangat tradisional, mereka hanya bertujuan memasukkan bola ke dalam jaring kecil bukan gawang. 

Baca Juga: Berikut Jadwal Pertandingan Liverpool Terbaru 2022, YNWA!

Sepakbola Modern

Lalu sebuah terobosan sepak bola modern muncul 2000 tahun kemudian yakni tahun 1815 Masehi dimana kala itu sepak bola sudah menjadi hal kebiasaan bagi para mahasiswanya maupun pelajar. Kepopulerannya sejak tahun itu sangat meninggi sehingga akhirnya di tahun 1863, sepak bola resmi didirikan untuk olahraga dan mempunyai aturan. 

Ketika itu di Freemason Travern sebelas klub sepakbola sudah berkumpul satu sama lain dan mulai menetapkan aturan baku dalam bermain. Hal ini untuk membedakan antara permainan sepak bola dengan rugby. Peraturan terbaru akhirnya muncul pada tahun 1869, dimana saat itu para pemain dilarang membawa bola dengan tangan dan mewajibkan aturan bola memakai kaki. Saat peraturan sudah ditetapkan, akhirnya para masyarakat dan pelajar menerapkan sekaligus mempopulerkan olahraga baru ini kepada khalayak lain seperti pedagang dan pelaut. Akhirnya pada tahun 1904, sebuah assosiasi sepak bola internasional dibentuk dan dinamai FIFA. Kepopuleran sepak bola terus berlanjut hingga FIFA sendiri sukses membuat turnamen Piala Dunia. Rencananya Piala Dunia akan dilaksanakan di akhir tahun 2022, tepatnya pada tanggal 12 November nanti. Jangan lupa nonton ya!

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami