Tips & Tutorial

Bagaimana Ciri Teks Deskriptif Yang Baik? Berikut Ini Struktur Penulisannya!

Teks Deskriptif merupakan metode penjelasan akan sesuatu secara lebih detail dan mendalam sehingga perasaan akan sesuatu yang digambarkan akan benar-benar terasa dalam benak si pembaca mulai dari keadaan, bentuk, tekstur, bau bahkan gambaran rinci lain mengenai sesuatu. Deskripsi banyak digunakan sebagai penjelas akan suatu objek dan memberikan kesan nyata dari segi pembaca. 

Pengertian dan ciri teks deskriptif

Jika deskriptif berarti penggambaran akan sesuatu secara detail, maka teks deskriptif merupakan sebuah karya tertulis mengenai apa, ciri, identitas dan karakteristik yang spesifik mengenai sebuah objek yang ditulis. Seperti halnya penjelasan, teks deskriptif sering kita temui pada ensiklopedia, katalog, dan Wikipedia. Tak hanya media offline, kini teks deskriptif mulai merambah ke dunia online salat satunya dengan munculnya website semacam Wikipedia tersebut. 

Dalam teks deskriptif sendiri, terdapat beberapa hal yang membedakan teks tersebut dengan jenis teks lain. Sehingga antar keduanya menjadi lebih mudah dikenali mengingat ciri dan juga pembahasan yang berbeda. Lalu apa saja ciri-ciri teks deskriptif? Berikut ulasannya!

  1. Bersifat mendeskripsikan

Hal yang paling utama dan mencolok dari teks jenis ini adalah tentang penjelasannya akan sebuah sesuatu yang mendalam bahkan hingga ke akar-akarnya. Pembahasan yang lebih detail akan sesuatu menjadikan teks ini mudah dikenali dari yang lain.

  1. Membuat Indra pembaca merasakan tulisan

Menjadi sebuah kunci utama bagi karya tulis deskriptif yang mana jika berhasil menggerakkan perasan pembaca akan sebuah penjelasan, teks tersebut memang termasuk kategori deskriptif. Karena pada jenis ini pembaca akan merasakan keadaan, bentuk dan lainnya sebagaimana yang tertulis. 

Struktur teks deskriptif

Membuat teks deskriptif yang baik tak terlepas dari ketepatan segi penulisan baik itu mengenai tanda baca tulisan, huruf maupun teknik pembuatannya. Dalam dunia bahasa, sebuah struktur akan teks sangat diperlukan guna menghindari kesamaan akan teks yang lain. Untuk struktur pada teks deskriptif sendir yakni:

  1. Identifikasi

Merupakan struktur pertama dalam teks deskriptif, yang mna menyampaikan hal secara umum mengenai sebuah sesuatu. Dari yang awalnya secara garis besar yang kemudian menjadi terkhusus di paragraf selanjutnya.

  1. Deskripsi

Struktur kedua yang memiliki fungsi penjelas secara lebih rinci ini biasanya terletak di tengah hingga semi akhir teks. Memuat pengertian objek secara lebih khusus, bentuk, warna, keadaan, bau dan beberapa hal penting terkait objek. 

  1. Kesimpulan

Merupakan paragraf akhir yang berisi simpulan dari beberapa paragraf yang sudah tertulis sebelumnya. Bisanya akan terdapat pengulangan dalam arti sempit yang berisikan keseluruhan materi secara singkat. 

Dengan teks deskriptif kita dapat mengetahui secara lebih jelas akan sebuah objek. Penulisan teks deskriptif yang tepat tak terlepas dari strukturnya, dengan mencantumkan struktur yang lengkap maka teks deskriptif dapat tertulis secara benar. Selamat mencoba membuatnya!

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami