Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat yang Lagi Hits

Berbicara mengenai pesona alam Indonesia memang tidak ada habisnya. Rasanya setiap sudut kota yang ada di Indonesia mempunyai keindahan yang selalu menyegarkan mata dan pikiran. Salah satunya adalah Kabupaten Kuningan yang terletak di sebelah Timur Jawa Barat.

Berkunjung ke Kuningan, tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke tempat wisata yang ada. Karena Kuningan juga tidak kalah seperti daerah Malang, Bandung atau lainnya yang memiliki banyak tempat wisata yang sedang hits. Penasaran dimana saja tempat wisata di Bandung. Yuk langsung aja!

43 Tempat Wisata Kabupaten Kuningan yang Sedang Hits dan Wajib Kamu Kunjungi

Kuningan, memang terkenal dengan pesona Gunung Ciremainya. Di bawah ini destinasi wisata yang bisa Kamu datangi bersama keluarga, teman atau pacar :

  1. Telaga Remis

telaga remis kuningan jawa barat
source : @lalaniww

Telaga remis terletak di Gunung Ciremay yang mana tempat ini menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona. Pemandangan yang masih sangat alami membuat fikiran Kamu serasa direfresh kembali.

Desa Kaduela Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan adalah lokasi Telaga Remis. Jangan lupa untuk ajak keluargamu ya, karena fasilitas di sini juga sudah memadai dan layak pakai.

  1. Pemandian Cibulan Kuningan

cibulan kuningan jawa barat
@pesonakuningan

Kuningan memang terkenal dengan sejarahnya. Apakah Kamu sudah pernah mendengar nama Prabu Siliwangi? Jika sudah, berdasarkan cerita yang beredar Pemandian Cibulan Kuningan adalah tempat mandi Prabu Siliawangi. Nah kalau begini Kamu bisa berwisata sambil belajar sejarah.

Di tempat ini, katanya ada sebuah ikan yang umurnya sudah ratusan tahun. Anehnya, ikan tersebut akan menghilang ketika pemandian dibersihkan dan akan ada lagi ketika air penuh. ikan tersebut katanya juga memiliki duri pada saat bulan purnama. Tapi ini hanya cerita rakyat belaka, tidak tahu apakah memang benar adanya atau tidak.

  1. Telaga Nilem Kuningan

telaga nilem kuningan jawa barat
@nikipetir

Nah siapa nih yang suka foto pemandangan di bawah air. Kalau Kamu gemar melakukan hal tersebut, Telaga Nilem Kuningan menjadi pilihan yang tepat. Airnya yang jernih membuat Kamu akan jatuh cinta dan betah berlama-lama di sana.

Tiket masuknya pun juga cukup murah. Cukup dengan Rp.15.000 Kamu sudah bisa membawa tiket masuk. Tempat ini juga sudah dilengkapi dengan musholla, tempat makan dan kamar mandi.

  1. Taman Nasional Gunung Ciremay

gunung ciremay
@wibialwi

Masih stay di Gunung Ciremay. Gunung yang satu ini memang tidak ada habisnya untuk menyajikan pemandangan alam yang luar biasa. Sangat cocok sekali untuk Kamu yang mengaku pecinta alam.

Di Taman Nasional Gunung Ciremay ini juga ada basecamp untuk para pendaki yang berkunjung ke sana. Pesona air terjunnya juga sangat indah, sayang jika Kamu melewatkannya.

  1. Taman Wisata Alam Linggajati

Taman Wisata Alam Linggajati kuningan
@wajahpendaki

Nah, kalau Kamu ingin mendaki ke Gunung Ciremay, Taman Wisata Alam Linggarjati ini digunakan sebagai titik pertama pendakian. Cocok banget bagi Kamu yang ingin rekreasi ke gunung tapi tidak ingin mendaki.

Taman Wisata Alam Linggarjati, sudah dilengkapi dengan penginapan, kolam renang, hingga taman bermain. Sesuai namanya, Taman Wisata Alam Linggajati terletak di Desa Linggarjati Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan. Yuk langsung aja cek kesana.

  1. Situs Purbakala Cipari Kuningan

Situs-Purbakala-Cipari-Kuningan
@cirebonwarta_

Tempat yang satu ini merupakan peninggalan sejarah pada era megalitikum. Yang mana, ada masyarakat purba yang menghuni kawasan Sunda Besar mulai dari Kalimantan, Jawa hingga Sumatra pada sekitar 10.000 tahun yang lau. Wow fantastis bukan?

Layaknya situs budaya yang lain. Cipari Kuningan juga sering dikunjungii siswa baik mulai SD hingga SMA. Eitss mahasiswa juga pernah berkunjung ke sini loh. Dan Kamu, wajib banget menginjakkan kaki di sini.

  1. Waduk Darma

waduk darma kuningan jawa barat
@pesonakuningan

Waduk Darma berjarak sekitar 12 km dari pusat Kota Kuningan Berkunjung ke tempat ini, Kamu harus menempuh perjalan sekitar 12 km dari pusat Kota Kuningan. Kamu bisa menikmati pemandangan sambil berkeliling waduk menggunakan perahu motor. Tempat ini juga cocok banget buat Kamu yang ingin berkemah bareng teman-teman, sahabat atau keluarga.

  1. Curug Sidomba Kuningan

curug-sidomba-kuningan
credit : pesona.travel

Curug artinya adalah air terjun, kenapa dinamakan Sidomba? Karena di air terjun ini banyak sekali domba yang berkeliaran. Curug ini juga tidak terlalu tinggi loh, hanya sekitar 3 meteran saja. Yang tak kalah menarik di kawasan wisata ini juga ada masjid yang mana untuk sampai kesana Kamu perlu menaiki 99 anak tangga.

Tapi ketika sampai di atas, Kamu bisa menyaksikan pesona alam yang indah banget. Kamu juga tidak perlu khawatir untuk membawa anak kecil karena di sini juga sudah disediakan arena bermain. Lengkap kan fasilitasnya?

  1. Pemandian Air Panas Sangkanhurip Kuningan

Pemandian-Air-Panas-Sangkanhurip-Kuningan
credit : petualanganzara.com/

Tempat wisata ini terletak di Desa Sangkanhurip Kecamatan Gondomekar Kabupaten Kuningan. Pemandian ini memiliki suhu air sekitar 36┬║ celsius, yang mana bisa menyembuhkan segala penyakit kulit dan rematik.

Jika Kamu lelah, di sini juga sudah disediakan tempat spa. Kamu juga bisa menikmati kuliner ikan bakarnya yang super enak. Gimana, mau mencoba pergi ke sana?

  1. Sumur Tujuh Cibulan

Pemandian-Air-Panas-Sangkanhurip-Kuningan
credit : travelspromo.com

Sumur Tujuh Cibulan ini terletak di kawasan Pemandian Cibulan yang sudah dijelaskan di atas. Berdasarkan cerita masyarakat di sini merupakan tempat Wali Songo menyebarkan agama Islam. Sekaligus menjadi tempat bersuci dan bersemedi Prabu Siliwangi.

Ya, karena memang Indonesia sangat kaya akan budaya dan sejarahnya. Sehingga tidak heran kalau setiap daerah mempunyai situs sejarahnya masing-masing. Bangga kan menjadi orang indonesia?

  1. Taman Kuning Kebunraya Kuningan

taman kuning
@pesonakuningan

Wah mendengarkan kata kuning, yang ada dibayangan Kamu pasti semuanya berwarna kuning kan? Objek wisata ini sebenarnya pernah ditutup sementara waktu pada Tahun 2016. Kemudian diresmikan kembali pada Tahun 2017.

  1. Kebun Raya Kuningan

kebun raya kuningan
@aditian.kr

Kalau Kamu mengajak keluarga untuk berlibur bersama. Kebun Raya Kuningan menjadi pilihan yang tepat. Tempat ini terletak di Desa Padangbeuhar Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan. Di sini Kamu akan disajikan pemandangan bukit-bukit yang ada di Gunung Ciremay.

Rencananya, pemerintah akan mencanangkan program untuk wisata ini sebagai tempat wisata alam dan ilmiah. Atau yang lebih dikenal degan ecotourism, tujuannya untuk lebih mengenal dan melestarikan flora dan fauna yang ada di Gunung Ciremay.

  1. Situ Cicerem Kuningan

situ cicerem kuningan
@ayodolan

Situ artinya adalah danau. Ya tempat ini merupakan sebuah danau yang mempunyai kedalaman sekitar 5 meter dan berwarna biru. Kamu akan merasakan keindahan dalam air yang menakjubkan. Tetapi perlu diingat harus tetap berhati-hati ya. Harus pandai menjaga diri dan jangan melakukan perbuatan yang buruk.

  1. Open Space Gallery Kuningan

open-space-galery-kuningan
credit : knginfo.com

Siapa nih yang suka seni? Kalau Kamu suka seni wajib datang ke Open Space Gallery Kuningan ini di Desa Linggajati. Di sini Kamu akan merasakan konsep budaya di alam terbuka. Tempat ini juga sering digunakan untuk acara pagelaran seni dan tarian Jawa Barat loh.

  1. The Mountain Recreation Kuningan

mountain recreation kuningan
credit : travelspromo.com

Jika Kamu ingin berkunjung ke sini, langsung arahkan kendaraan ke Jalan Raya Cirendang-Cigugur di Perumahan Pesona Alam Kuningan. Tempat ini sangat cocok untuk keluarga karena terdapat bermacam-macam wahana air dan teater 3 dimensi yang pastinya sangat disukai oleh anak-anak.

  1. Gedung Perundingan Linggajati

gedung-perundingan-linggarjati
credit : rappler.com

Jika Kamu hafal dengan sejarah perjanjian Linggajati, nah di sinilah tempatnya. Tempat yang pernah digunakan oleh para penjajah dari Belanda melakukan perjanjian dengan Indonesia pada Tanggal 10-13 November 1946.

Bangunan yang masih terawat dengan baik membuat Kamu tidak perlu takut untuk berkunjung ke sini. Banyak terdapat dokumentasi foto delegasi Indonesia yaitu Sutan Syahrir dan delegasi Belanda. Perabotan yang digunakan pada saat rapat pun juga masih ada.

  1. Bukit Sukageuri

Gardu-pandang-di-bukit Sukageuri-View
credit : travelingyuk.com

Jika Kamu pernah berkunjung ke Kaliburu atau Puncak Becici di Jogja, tempat ini juga menyajikan pemandangan yang sama. Kamu bisa menikmati pemandangan Kota Kuningan. Sangat cocok buat Kamu yang ingin menambah koleksi foto di Instagram.

  1. Lembah Cilengkrang Kuningan

Lembah-Cilengkrang-Kuningan
credit : ksdae.menlhk.go.id/

Keistimewaan tempat ini yaitu mempunyai 2 curug, Curug Sawer dan Curug Sabuk. Sangat cocok buat Kamu yang mempunyai jiwa petualangan. Di sini juga ada pemandian air panasnya loh.

Dan satu lagi, jika, beruntung Kamu akan bisa menyaksikan Burung Elang Jawa yang ada di sebelah barat Barat Desa Kejambon Kecamatan Kratamulya. Kapan lagi merasakan sensasi bertemu dengan Burung Elang Jawa.

  1. Sangkan Resort Aqua Park

sangkan resort kuningan
@pesonakuningan

Jika Kamu ingin menikmati wahana air bersama keluarga Sungkan Resort Aqua Park tempatnya. Apa aja sih yang ada disana? Pertama Kamu akan bisa menikmati raft slide yang mempunyai ketinggian sekitar 12 m pastinya bikin Kamu mendapatkan sensasi yang luar biasa.

Kedua, di sini juga ada baby pool yang mana pihak wisata sudah menyediakan khusus untuk balita dengan kedalama sekitar 12 cm saja. Ketiga, kiddy pool yaitu wahana air yang ditujukan untuk anak berumur 12 tahun. Kamu juga bisa merasakan sensasi wahana deburan ombak seperti di pantai. Wah menyenangkan bukan?

  1. Balong Cigugur Kuningan

balong-cigugur-kuningan
credit : radarnusantara.com

Nah, siapa yang ingin berwisata sambil melakukan terapi ikan? Di sinilah tempatnya. Kamu bisa merasakan sensasi terapi ikan Nilem Mangut, namanya unik ya. Ikan-ikan tersebut akan memakan kulit mati yang ada di kaki mu, sehingga membuat kulit lebih segar dibandingkan dengan biasanya.

  1. Taman Cisantana

taman-cisantana-kuningan
@yayamutiara23

Tempat wisata ini sangat instagramable. Pemandangan batu besar yang sangat bagus membuat wisata ini sering dikunjungii oleh wisatawan untuk berfoto ria.

  1. Palutungan Kuningan

palutungan kuningan
@pesonakuningan

Tempat wisata ini juga tidak boleh Kamu lewatkan. Terletak di Desa Cisantana Kecamatan Sigugur Kabupaten Kuningan. Pemandangan pohon pinus yang sangat rindang disertai dengan dua curug yang ada di sekitar yaitu Curug Ciputri dan Curug Landung. Membuat Kamu merasakan sensasi alam yang berbeda dibanding tempat lainnya.

  1. Balong Dalem Jalaksana

balong-dalem-kuningan
@infocrbcom

Sama seperti wisata water park lainnya Balong Dalem Jalaksana juga menyajikan hal yang sama. Namun di sini arenanya lebih lengkap ada flyingfox, jalur tracking, outbond dan masih banyak lagi yang lainnya. Terletak di Babakanmulya, Sadamantra Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan.

  1. Gunung Ciremai

credit : wisatakabkuningan.blogspot.com

Kalau wisata yang satu ini memang sudah tersohor di berbagai penjuru dunia. Kamu bisa menyaksikan kawah berpotongan dari ketinggian 2.900 meter di atas permukaaan laut, jika Kamu belum pernah mempunyai pengalaman mendaki, tenang saja ada guide yang sudah berpengalaman yang akan menemanimu mengeksplor keindahan Gunung Ciremay.

  1. Desa Sitonjul Kuningan

desa-sitonjul-kuningan
credit : cintaihidup.com

Sitonjul merupakan salah satu desa wisata yang bisa Kamu kunjungi. Jika dari arah Sangkanhurip Kamu perlu melakukan perjalanannya sekitar 13 km. Sedangkan kalau dari arah Kuningan yaitu sekitar 34 km.

Kamu akan mendapatkan sensasi suasana pedesaan yang asri, sesekali bisalah berenang melewati sungai dan foto-foto di spot yang bagus. Yang seolah-olah membuatmu seperti orang Sitonjul asli.

  1. Wisata Bukit Panembongan

bukit-panembongan-kuningan
credit : nofiaw.blogspot.com

Di tempat wisata ini, Kamu akan mendapatkan pemandangan hamparan kebun teh, hutan dan perkampungan warga dari atas. Sangat indah sekali, sangat cocok buat Kamu yang ingin eksis di media sosial. Atau buat Kamu yang ingin belajar menjadi fotografer.

  1. Taman Rekreasi Salsabila

taman-salsabila-kuningan
credit : salsabilaresort.blogspot.com/

Selanjutnya adalah Taman Rekreasi Salsabila yang sangat cocok untuk mengajak anak-anak ke sana. Satu yang tidak Kamu dapatkan di tempat lain Kamu dapatkan di sini yaitu rumah bergaya ala-ala Eropa yang membawa Kamu seakan berada di Eropa. Atau merasakan Indonesia pada era zaman dahulu.

  1. Paseban Tri Panca Tunggal

Paseban-Tri-Panca-Tunggal
credit : jalladha.blogspot.com/

Masih dalam situs budaya, tempat ini digunakan untuk seseorang belajar ilmu kebatinan dan budaya. Bentuknya seperti pendopo yang menambah tempat ini menjadi sangat indah. Di dalam Tri Panca Tunggal Kamu akan mendapati burung garuda yang sedang melebarkan sayapnya. Ikon Indonesia banget.

  1. Hutan Kota Mayasih

hutan-kota-mayasih
credit : E2RD CHANNEL

Hutan Kota Mayasih merupakan salah satu tempat yang dibangun pemerintah Jawa Barat untuk menambah ketersediaan ruang terbuka hijau. Dengan bebatuan yang bagus tempat ini sangat menyenangkan dan wajib untuk kamu kunjungi.

Menikmati pemandangan sambil ngobrol santai dengan orang yang disayang. Yuk langsung aja ajak kekasihmu ke sini.

  1. Hutan Kota Bungkirit

HUtan-Kota-Bungkirit-Kuningan-Jawa-Barat
credit : ksmtour.com

Tak jauh berbeda dengan Hutan Kota Mayasih, tempat ini juga merupakan usaha pemerintah yang menjadikannya objek wisata. Tidak jauh dari pusat Kota Kuningan. Jangan heran jika menemukan jalan yang menanjak karena kontur tanahnya berbentuk lembah. Seperti yang dijelaskan di atas kan kalau Kuningan itu juga merupakan daerah yang ada lembahnya.

Tapi jangan khawatir, di sini sudah disediakan fasilitas lengkap untuk anak-anak bermai. Seperti  perosotan, ayunan dan lain-lain.

  1. Taman Cirendang

Taman-Cirendang-kuningan-jawa-barat

Sebelumnya tempat ini adalah terminal. Kemudian pemerintah berinisiatif untuk menambah ruang terbuka hijau untuk masyarakat bersantai. Sebelum memasuki tempat ini Kamu akan disuguhkan dua buah sungai yang bisa dibuat untuk cuci kaki.

Pemandangan air mancur dan gemercik airnya yang segar menambah keromantisan tempat ini. Kamu juga bisa berselfie di dua patung yang ada di Taman Cirendang. Wisata santai tapi bagus.

  1. Pemandian Air Panas Cipanas

pemandian-air-panas-cipanas
credit : lebakunique.com

Untuk masuk ke tempat ini, Kamu tidak perlu merogoh kantong lebih banyak. Hanya dengan Rp.3.000 untuk anak-anak dan Rp. 5.000 untuk orang dewasa. Pemandian air panas ini juga bisa menjadi obat bagi Kamu yang memiliki penyakit kulit.

Tetapi mitos yang beredar,penyakit kulit akan sembuh jika yang mandi adalah orang luar daerah ini. Dalam artian, tidak bisa menyembuhkan orang yang bertempat tinggal di sekitar pemandian ini. Wah kenapa ya kira-kira?

  1. Curug Putri

curug putri
credit : travelspromo.com

Dusun Palutungan, Desa Cisantana memang salah satu daerah di Kuningan yang banyak memiliki temapat wisata. Salah satunya adalah Curug Putri ini. Di sini, Kamu akan tidak hanya mendapatkan pemandangan air terjun. Tetapi, di sebelahnya ada monkey forest yang lengkap akan fasilitasnya.

Ada outbond dan wahana lainnya yang bisa Kamu coba. Untuk sampai di tempat ini Kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 9 km dari pusat Kota Kuningan. Untuk tiket masuknya hanya cukup membayar Rp. 7.000 dan parkir Rp. 3.000.

  1. Curug Payung

curug payung jawa barat
credit : idntimes.com

Curug Payung juga tidak kalah indah dibandingkan denganc curug lainnya. Airnya yang jenih membuat badanmu lebih segar. Tapi, untuk menikmati keindahan dan sensasi yang seperti ini. Kamu harus berjalan menusuri jalan setapak yang lumayan jauh.

Curug Payung terletak di Dusun Ciraharja, Desa Gunungmanik, Kecamatan Hantara Kabupaten Kuningan. Jadi, langsung ketik tempat tersebut di google maps dan manjakan dirimu.

  1. Curug Nyandung

curug nyandung
credit : officialusachannel.blogspot.com

Bagi Kamu yang sangat mencintai alam. Datang ke Curug Nyandung adalah piliihan yang tepat. Air terjun dengan ketinggian 21 meter dan dikelilingi oleh pepohonan. Membuat curug ini mempunyai daya tarik tersendiri.

Tapi, karena lokasinya memang di alam bebas, di sini Kamu tidak akan menemukan fasilitas seperti kamar mandi, ataupun kamar ganti. Untuk tempat parkir mobil atau motor ada di Desa Cimenga. Kemudian Kamu harus berjalan 700 m untuk sampai di tempat ini. Tapi ketika sampai, kelelahanmu akan terbayar.

  1. Curug Gongseng

Curug Gongseng
credit : gurugeografi.id

Untuk sampai ke sini, Kamu perlu menempuh jarak sekitar 20 km dari Kota Kuningan. Lebih tepatnya di Desa Cibuntu Kecamatan Pesawahan Kuningan. Kontur dinding air terjun yang apik layaknya batu buatan membuat masyarakat terkagum-kagum.

Curug Gongseng sangat dirawat baik oleh masyarakat sekitar. Tiket masuknya juga sangat murah loh,Kamu hanya perlu membayar Rp. 2.000 untuk parkir dan Rp.2.000 untuk tiket masuk.

  1. Balong Keramat Darmaloka

Balong-Keramat-Darmaloka
credit : jelajahkhatulistiwa.com

Balong Keramat Darmaloka terletak di Desa Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Berdasarkan sejarah yang beredar di masyarakat, tempat ini merupakan salah satu petilasan sejarah perjuangan Walisongo di Jawa Barat.

Katanya, di Balong Keramat Darmaloka terdapat salah satu ikan yang bernama hitam. Ikan itu disebut masyarakat sebagai ikan keramat. Suasanya air yang jernih dan alam yang tenang membuat Kamu merasakan kenyamanan.

  1. Gua Maria Rahmat Sawer

Gua-Maria-Rahmat-Sawer
credit : ndereksangdewimaria.blogspot.com

Gua ini terletak di Desa Cisantana Keamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Gua Maria Rahmat Sawer biasanya digunakan oleh masyarakat setempat untuk menggelar acara kebudayaan.

Slogan wonderful Indonesia sangat pas sekali ya. Karena Indonesia itu menakjubkan. Ada wisata alam yang juga tidak melupakan adat istiadat. Termasuk kegiatan religi. Saksikan keragaman budaya Indonesia di tempat ini.

  1. Curug Ceret

Curug-Ceret
credit : desanaringgul2019.blogspot.com

Untuk perjalanan ke curug ini, tidak sesulit yang Kamu bayangkan. Kamu bisa memulai perjalanan dari Pos Cibunar yang merupakan pos pendakian Gunung Ciremay via Linggajati Ketinggian air yang hanya 5 meter membuat curug ini tidak berbahaya dan banyak sekali pengunjungnya.

Air yang jernih dan pemandangan yang asri dan segar. Menjadi ciri khas Curug Ceret yang hingga saat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

  1. Wisata Hutan Desa Setianegara

Desa-Setianegara-lambosir
credit : simple-wanderer.blogspot.com

Ke Kuningan, wajib banget pergi ke Desa Setianegara. Hamparan pemandangan hutan yang sejuk dan asri sangat cocok sekali buat Kamu yang ingin menikmati alam bebas tanpa batas. Di sini, Kamu juga bisa melihat kegiatan para petani yang bercocok tanam di bawah kaki gunung.

Desa Setianegara terletak di Kecamatan Cilimus. Jangan khawatir, penduduknya pun juga ramah-ramah. Kamu akan mendapatkan pelayanan terbaik jika menginap di sana. Kurang enak gimana sih, pemandangan alam indah, masyarakatnya ramah.

  1. Wisata Kuliner Hucap

kuliner-tahu-kecap
credit : cdninstagram.com

Kalau pergi ke Kuningan, wajib banget nih mampir ke tempat ini. Hucap adalah singkatan dari tahu kecap, yaitu makanan khas Kabupaten Kuningan. Salah satu tempat penjual tahu kecap yang enak banget yaitu Hucap Mi Iroh yang ada di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Kuningan. Langsung ke sana aja ya, dan rasakan tahu kecap yang super duper lezat.

  1. Pusat Oleh-Oleh Kuningan

pusat-oleh-oleh-di-kuningan
credit : accountantswife.wordpress.com

Salah satu tempat yang recommended buat Kamu adalah Pusat Oleh-Oleh Kuningan yang terletak di Jalan Siiwangi Kuningan. Karena mengunjungi destinasi wisata atau berlibur ke luar kota, tak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh.

Di sini Kamu bisa memilih jenis cindera mata yang akan Kamu bawa pulang. Seperti kaos Kuningan, keripik gemplong, opak bakar, jeruk nipis peras dan masih banyak lagi yang lainnya. Dijamin, keluargamu akan suka.

  1. Curug Bangkong

curug bangkong kuningan
credit : harjasaputra.com

Jika Kamu ke Waduk Darma yang sudah disebutkan di atas.Kamu juga bisa langsung menuju ke Curug Bangkong, karena lokasinya yang berdekatan. Sama dengan Curug Nyandung, Kamu juga perlu menempuh perjalanan sekitar 700 m Desa Kertawiratma Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan.

Air terjun yang mempunyai ketinggian 21 meter dengan kedalaman hanya 3 meter ini membuatmu puas bermain air di sana. Tapi jangan kaget jika memang fasilitas di sini sangat minim. Oleh karena itu, kunjunganmu sangat diperlukan agar tempat ini bisa berbenah.

  1. Bukit Perkemahan Ipukan

Bukit-Perkemahan-Ipukan
credit : indonesia-tourism.com

Jika Kamu ingin liburan dengan berkemah, Bukit Perkemahan Ipukan adalah pilihan yang tepat. Terletak di Taman Nasional Gunung Ciremay, di sini juga sudah menawarkan fasilitas yang cukup lengkap.

Kehangatan akan Kamu dapatkan dengan menyalakan api unggun di malam hari. Menambah  momen bahagia bersama keluarga atau teman. Apalagi suasana senja yang romantis, juga cocok untuk Kamu datangi bersama kekasih.

  1. Wana Wisata Cibulan

ikan-dewa-cibulan
credit : ayobandung.com

Wisata yang terletak di Desa Maniskidul Kecamatan Jalaksana ini menawarkan wahana permainan air yang sangat jernih. Kamu juga akan merasakan sensasi berenang bersama ikan dewa yang sangat indah.

Ditambah dengan udara yang sejuk,membuat Kamu betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu liburan di sini. Jangan khawatir, fasilitasnya juga sudah cukup lengkap.

45 tempat wisata yang ada di Kuningan di atas adalah tempat wisata yang paling hits dan sering dikunjungi oleh masyarakat. Tapi jangan sampai, ketika Kamu asyik berwisata hingga lupa waktu untuk pulang.

Apakah Kamu masih ragu kah untuk berkunjung ke Kabupaten Kuningan? Percayalah, jika Kamu lelah dengan aktivitas kota yang itu-itu aja, Kamu bisa banget datang ke sini. Untuk sekedar merefresh pikiran. Siapa tau Kamu juga bisa mendapatkan jodoh di sini, iya kan?

Berdasarkan riset yang sudah dilakukan oleh Kementerian pariwisata. Rata-rata orang yang sering berwisata ke luar negeri hanya pernah mengunjungi 3 provinsi di Indonesia. Jumlah ini masih jauh dibanding intensitas berlibur ke luar neger. Jadi, mulai sekarang marilah membantu pemerintah untuk menambah devisa negara ya.

Terakhir, memang pemandangan luar negeri bagi sebagain orang dirasa lebih indah dibanding pemandangan di Indonesia. Tapi, bukankah dengan mencintai produk bangsa, merupakan salah satu bentuk rasa cinta? Rasakan dulu sensasi wisata bumi Indonesia, baru kemudian ke luar negeri.

Tinggalkan komentar