Cianjur Update

UM Bandung Gelar Penanaman 500 Bibit Pohon di Cianjur

CIANJUR UPDATE, Cianjur – Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung melaksanakan penanaman 500 bibit pohon di Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Senin (5/8/2022). Kegiatan ini merupakan serangkaian program Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UM Bandung dalam KKN.

Terdapat 500 bibit pohon yang terdiri atas 250 bibit pohon produktif dan 250 bibit pohon buah-buahan. Penanaman pohon dilakukan di sejumlah desa/kelurahan di Kecamatan Cianjur. Kegiatan ini dihadiri Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Cianjur Faturahman, beberapa kepala desa dan lurah, serta sejumlah dosen dan perwakilan LPPM UM Bandung.

Ketua LPPM UM Bandung Ellyza Nurdin mengatakan, KKN adalah bentuk pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan dengan berbagai macam bidang ilmu dan keahlian.

“Mahasiswa diharapkan mempelajjari pengetahuan di masyarakat yang tidak diajarkan di perguruan tinggi untuk menjadi anggota masyarakat yang aktif,” kata dia.

Elyza mengatakan, bibit tersebut merupakan hasil kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kawa Barat. “Sudah diserahterimakan di balai perbibitan di Purwakarta,” kata dia.

Pihaknya berharap, kegiatan penanaman pohon dan KKN UM Bandung di Cianjur bisa bermanfaat. Ia pun berterima kasih kepada pihak kecamatan dan desa yang sudah membantu program mahasiswa selama KKN.

“Dan mendukung proker mahasiswa untuk menangani masalah di masyarakat,” ungkap dia.

Baca Juga: Sapi Mengamuk dan Seret Warga Hingga Tewas di Cianjur

Wakil Rektor I UM Bandung Hendar Riyadi menjelaskan, program penanaman pohon di Cianjur ini penting untuk menyelesaikan persoalan lingkungan. “Kita juga sering mendengar dari pak presiden bahwa gunung kita sudah mulai gundul,” ucap dia.

Maka dari itu, lanjut dia, program ini diharapkan disambut baik. Ia pun berharap bisa memberikan pelajaran penting bagi mahasiswa KKN, sebab penanaman pohon tidak hanya menancapkan tanaman.

“Yang penting ada jangka jauh ya untuk menjaga generas penerus kita ini,” ungkap dia.

Hendar menyebut, menanam pohon sama dengan menjaga ketahanan pahan, generasi masa depan, dan ketesediaan air. Sehingga, ia berharap penanaman pohon ini tidak berhenti sampai di Cianjur.

“Apalagi program KKN satu bulan ini tidak akan cukup untuk memberdayakan dan memberikan edukasi kepada masyarakat,” ungkap dia.

Sementara itu, Camat Cianjur Tom Danni Gardiat mengucapkan terima kasih kepada LPPM dan mahasiswa UM Bandung yang sudah melaksanakan KKN selama satu bulan lamanya. “Mudah-mudahan kedepannya bisa menjadi ikhtiar dari UM Bandung dan kedepannya bisa lebih maju lagu sesuai yang diamanatkan UUD 1945 dan UU tentang kesejahteraan desa,” ungkap Tom.

Ia pun berharap penanaman pohon di Cianjur dari UM Bnasung bisa memberikan pahala bagi semua pihak yang terlibat. “Mudah-mudahan jadi sedekah jariyah,” tutup dia.(afs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami