Gaya HidupJabar Update

3 Makanan Khas Sumedang yang Enak dan Menggugah Selera

CIANJUR UPDATE – Indonesia merupakan negara kepulauan, hal itu menyebabkan beragamanya suku dan daerah yang memiliki kebudayaan sampai makanan khas yang berbeda.

Walaupun memiliki beragam jenis perbedaan, tak cukup menjadi alasan untuk menghalangi proses integrasi.

Dalam setiap daerah tentu saja memiliki kebudayaan yang berbeda termasuk makanan khas, salah satunya di daerah Jawa yang terkenal dengan olahan masakan yang enak.

Sebut saja daerah Sumedang yang terletak di sisi barat pulau Jawa tepatnya wilayah Jawa Barat. Sumedang terkenal dengan berbagai makanan khas yang membuat daerah ini tak sepi pelancong tentu saja tak terlepas dari kenikmatan aneka olahan makanan di sana.

Beberapa orang yang pergi berlibur ke sana pasti membawa oleh-oleh khas Sumedang. Lalu apa saja makanandan oleh-oleh yang paling populer disana? Berikut ulasannya!

Baca Juga: Rocket Chicken: Harga dan Cara Pesan Delivery

Makanan Khas Sumedang

Daerah yang memiliki jarak 46 km dari timur laut kota Bandung ini memiliki potensi olah makanan yang paling dicari pelancong. Apa lagi kalau bukan tahu Sumedang, tak heran jika kota Sumedang sering kali disebut kota tahu karena kepopuleran akan olahan tahu yang nikmat dan tidak akan ditemui di kota lain.

Selain tahu masih ada beberapa makanan lain yang tak kalah nikmatnya. Berikut daftar makanan khas Sumedang:

1. Tahu Sumedang

Kamu yang sedang berlibur ke pariwisata di Sumedang pasti tak mungkin tak menemui penjual tahu Sumedang. Mengapa tidak, sebuah olahan tahu yang amat sangat populer tersebut disuguhkan dengan olahan krispi dan renyah di luar namun lembut di dalam. Hal inilah yang membuat para pelancong tak melewatkan akan makanan khas kota ini. 

2. Makanan Khas Sumedang: Soto Bongko

Siapa sih yang ingin melewatkan makanan khas Sumedang satu ini? Dengan perpaduan kuah yang kental seperti kuah kari dan potongan lontong tentu membuat perut ketagihan. Tak hanya itu saja dengan sajian taoge dan juga tahu asli Sumedang dijamin membuat perut puas, apalagi mengingat bahwa Sumedang merupakan kota tahu.

3. Sambal Oncom

Jika kamu sering mendengar tentang sambal terasi, ternyata ada yang lebih nikmat darinya yakni sambal oncom. Merupakan sebuah olahan sambal khas dari Sumedang, perpaduan beberapa rempah-rempah yang dibalut dengan bawang dan cabai membuat rasanya tak kalah nikmat dari sambal terasi. Sambal ini cocok untuk menemani makan apalagi dengan tahu Sumedang, pastinya renyah, gurih dan pedas. 

Beberapa daerah di Indonesia memiliki beberapa makanan khas yang menjadi andalan pemuas kedatangan para pelancong. Hal ini tentu saja membuat nama akan suatu daerah dikenal dengan nama makanan khasnya disertai kekhususannya masing-masing.

Tak terkecuali kota Sumedang yang menyuguhkan makanan khasnya berupa tahu Sumedang, tentu saja hal ini tak boleh dilewatkan. Bagaimana ingin mencoba rasa tahu Sumedang?

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami