Cianjur Update

5 Tips Menghindari Jalan Berlubang di Cianjur Bagi Pengendara Motor

CIANJUR UPDATE – Jalan berlubang menjadi salah satu hal yang menjengkelkan bagi semua orang, dan di Cianjur ada banyak ruas jalan yang masih berlubang serta menimbulkan bahaya bagi pengendara. Banyak kelompok masyarakat yang memprotes mengenai jalan berlubang yang tak kunjung diperbaiki.

Maka dari itu, perlu tips yang bisa dilakukan untuk menghindari jalan berlubang di Cianjur. Selain harus memprotes pemerintah soal lambatnya perbaikan yang dilakukan. Simak selengkapnya.

  1. Mengikuti Tes SIM

Seperti yang kita ketahui, ketika mengikuti tes Surat Izin Mengemudi (SIM) di Indonesia, kita akan dihadapkan dengan lintasan yang menantang dan meliuk-liuk. Salah satunya adalah lintasan angka delapan yang legendaris.

Mengikuti tes SIM dapat melatih kemampuan berkendara kita untuk menghindari jalan berlubang dengan mulus. Selain itu, pastinya kita pun akan mendapatkan lisensi berkendara resmi agar bisa disebut warga negara yang baik.

Jika gagal dalam tes tersebut, alangkah baiknya mencoba lagi di lain waktu. Sebab, semakin banyak latihan, pastinya akan semakin terlatih kemampuan berkendaranya. Minimal, bisa menukik seperti Marc Marquez atau Valentino Rossi. 

  1. Atur Kecepatan Berkendara

Tidak bisa kita pungkiri, di jalan ada banyak orang yang kebut-kebutan, apalagi dengan knalpot berisik yang sangat mengganggu pendengaran. Padahal, kebut-kebutan itu bisa sangat berbahaya ketika melaju di jalanan yang berlubang.

Jika lengah, dan roda motor kita bisa masuk ke dalam lubang dan membuat kita terkejut. Apalagi jika kita tidak memiliki keseimbangan yang benar, bisa-bisa terjadi kecelakaan lalu lintas. Maka, mengatur kecepatan bisa menjadi tips yang ampuh untuk menghindari jalan berlubang di Cianjur.

Pastikan untuk menggunakan kecepatan yang standar di jalan yang penuh lubang di mana-mana. Sebab, dengan begitu kita bisa lebih aware terhadap lubang-lubang yang ada di jalanan. Saat itu pun, kita langsung mengeluarkan jurus-jurus hasil mengikuti tes SIM.

BACA JUGA: Gempa Magnitudo 5,4 Terasa Sampai Cianjur, Warga Terkejut

  1. Pastikan Lampu Menyala di Malam Hari

Malam hari bisa menjadi saat-saat berbahaya bagi pengendara motor, terlebih di jalan berlubang. Sebab, lubang-lubang yang ada di jalanan tentunya akan sulit terlihat karena pencahayaan yang minim. Kita pun tahu, di Cianjur ada banyak ruas jalan yang minim lampu jalanan.

Dengan begitu, jika Anda berkendara di malam hari, pastikan lampu depan motor Anda menyala dengan baik. Jangan menantang diri untuk berkendara tanpa lampu motor, karena Tuhan tidak senang diajak bercanda.

  1. Modifikasi Motor

Beberapa jalur di Cianjur selatan memang sudah diperbaiki oleh pemerintah, tetapi ada juga jalanan yang masih seperti ‘susukan saat’. Oleh karena itu, perlu cara lain untuk menghadapi jalan berlubang ditambah kontur jalan berbatu yang berbahaya. Salah satu tips yang terbaik adalah modifikasi motor.

Kita bisa mengganti ban motor dengan roda motor trail. Bahkan, suspensi motor pun bisa ditinggikan sehingga bagian bawah motor tidak maduk ke jalanan. Cara ini pun sangat ampuh buat Anda yang senang dengan adrenalin.

  1. Mengenali Situasi Jalanan

Bagi Anda warga luar kota yang berkendara di Cianjur, ada baiknya Anda mengetahui situasi jalanan terlebih dahulu. Sebab, pastinya warga luar kota akan sangat asing dengan kontur jalan dan lubang-lubang yang ada di jalanan Cianjur.

Dengan mengenali situasi jalanan, pengendara pun bisa lebih aware terhadap lubang yang ada di jalanan. Sehingga, pengendara bisa lebih hati-hati dan sayang terhadap nyawanya. Meskipun, jalan berlubang hingga kini masih menjadi ancaman.

Itu dia beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menghindari jalan berlubang di Cianjur. Di musim hujan seperti sekarang ini, jalanan berlubang terkadang bisa lebih berbahaya, karena dengan tergenang air, kita tidak tahu seberapa kedalaman lubang itu. Mungkin saja lubang itu bisa dijadikan pemancingan dadakan bagi warga sekitar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami