Gaya Hidup

Apa itu Forlap Dikti: Pengertian, Fungsi, dan Cara Daftar

CIANJUR UPDATE – Dunia pendidikan Indonesia tentu tidak lepas dari peranan lembaga Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi atau sering disebut dikti. Dikti, memiliki data tentang perguruan tinggi yang disebut Forlap Dikti.

Menurut Wikipedia, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan merupakan unsur pelaksana di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Sesuai dengan Permendikbud nomor 45 tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi memiliki tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan tinggi akademik.

Pegertian Forlap Dikti

Apa itu Forlap Dikti? Forlap Dikti adalah informasi yang berasal dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) yang merupakan kumpulan data perguruan tinggi secara nasional yang dikelola Pusat Data dan Informasi Iptek Dikti.

Forlap Dikti atau Forum Laporan Pendidikan Tinggi adalah fasilitas dari Kemenristekdikti. Supaya, masyarakat bisa mengecek dan mengamati informasi data tentang perguruan tinggi, mahasiswa, dan dosen.

Terkait itu, pernahkah Anda mendengar ada perguruan tinggi yang tiba-tiba tutup dan tak menerima mahasiswa lagi. Sementara, masih ada mahasiswa yang belum menyelesaikan studi di kampus tersebut? Kondisi seperti ini bisa menjadi panduan sekaligus pengingat bagi masyarakat umum dan para calon mahasiswa. Agar, lebih cermat lagi memilih perguruan tinggi.

Sebenarnya, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) telah memiliki sarana informasi yang bisa diakses oleh masyarakat terkait data-data perguruan tinggi. Seluruh informasi ini terangkum dalam sebuah Forum Laporan Pendidikan Tinggi (Forlap Dikti).

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Trading Forex dan Cara Kerjanya

Fungsi

Setelah itu, Forlap Dikti memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. perumusan kebijakan di bidang pendidikan tinggi akademik;
  2. pelaksanaan kebijakan di bidang pembelajaran, kemahasiswaan, – kelembagaan, dan sumber daya pendidikan tinggi akademik;
  3. perumusan pemberian izin penyelenggaraan perguruan tinggi swasta yang diselenggarakan oleh masyarakat;
  4. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang pendidikan tinggi akademik;
  5. pelaksanaan administrasi Direktorat Jenderal; dan
  6. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Menteri.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Forlapdikti memiliki banyak fungsi khususnya untuk pendidikan jenjang perguruan tinggi. Termasuk pada data-data administratif mahasiswa, dosen, dan perguruan tinggi. Nah sekarang Anda tidak perlu khawatir untuk mencari data-data tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa Dikti memiliki banyak fungsi khususnya untuk pendidikan jenjang perguruan tinggi. Termasuk pada data-data administratif mahasiswa, dosen, dan perguruan tinggi. Nah sekarang Anda tidak perlu khawatir untuk mencari data-data tersebut.

Cara Daftar Forlap Dikti

Untuk Pendaftaran biasanya sudah didaftarkan oleh universitas anda kuliah untuk mengecek apakah anda sudah terdaftar atau belum berikut caranya.

Jangan terburu-buru untuk memencet tombol enter. Setelah kamu mengetikkan kata kunci berupa nama diri dan nama perguruan tinggi, tunggu munculnya beberapa pilihan yang keluar dari kolom pencarian. Setelah muncul pilihan-pilihan yang ditampilkan secara vertikal ke bawah, Anda bisa memilih salah satunya dengan mengklik kata kunci yang sesuai tersebut. Lalu, Anda akan langsung masuk ke dalam data diri sebagai mahasiswa.

Di dalam data tersebut Anda akan ditunjukkan beberapa data terkait aktivitas Anda ketika kuliah. Yaitu nama lengkap, jenis kelamin, nama perguruan tinggi, program studi, jenjang, NIM, awal tahun masuk, status saat ini. Semakin mudah untuk cek data status mahasiswa aktif di Forlap Dikti. Jadi, kini kamu tidak perlu bingung lagi jika sewaktu-waktu membutuhkan berbagai data diri selama menjadi mahasiswa, semuanya bisa ditemukan di Forlap Dikti.

Itulah Apa itu Forlap Dikti

http//: forlap dikti.go.id/ prodi, forlap.dikti.go.id mahasiswa, http//forlap.dikti.go.id/perguruan tinggi
pddikti, http// forlap dikti.go.id/ ijazah, cek mahasiswa dikti, pddikti mahasiswa, dan cara cek data mahasiswa di forlap dikti: Pengertian, Fungsi, dan Cara Daftar semoga dapat bermanfaat.

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami