Entertainment

Apa yang Melandasi Bangsa Indonesia Untuk Berkontribusi Dalam Perdamaian Dunia?

CIANJUR UPDATE – Indonesia selalu terlibat dalam usaha perdamaian terhadap negara lain. Misalnya, kontingen Garuda yang diturunkan ke Mesir, Kongo, Vietna, Lebanon, sampai Irak. Tetapi, Apa yang Melandasi Bangsa Indonesia Untuk Berkontribusi Dalam Perdamaian Dunia?

Bahkan, Indonesia pun terlibat dari beragam usaha diplomasi. Semisal untuk Myanmar serta Palestina. Indonesia yang terlibat dalam upaya perdamaian dunia pun bisa dibilang tidak perlu diragukan lagi.

Tetapi, masih banyak yang belum tahu Apa yang Melandasi Bangsa Indonesia Untuk Berkontribusi Dalam Perdamaian Dunia. Padahal hal itu penting diketahui untuk menumbuhkan rasa cinta kepada bangsa Indonesia.

Apa yang Melandasi Bangsa Indonesia Untuk Berkontribusi Dalam Perdamaian Dunia

Bangsa Indonesia wajib terlibat dalam usaha menciptakan perdamaian dunia lantaran kedamaian global adalah cita-cita kemerdekaan. Selain itu juga, merupakan tujuan politik luar negeri Indonesia.

Indonesia memberikan pernyataan sikap dalam menciptakan pedamaian dunia. Hal itu sudah tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Berikut ini adlaah cita-cita kemerdekaan serta tujuan bangsa Indonesai yang wajib diketahui.

  1. Melindungi Segenap Bangsa Indonesia dan Seluruh Tumpah Darah Indonesia
  2. Memajukan Kesejahteraan Umum
  3. Mencerdaskan kehidupan bangsa
  4. Melaksanakan ketertiban dunia yang berdasar kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial

Poin-poin di atas adalah Apa yang Melandasi Bangsa Indonesia Untuk Berkontribusi Dalam Perdamaian Dunia. Salah satu usaha Indonesia dalam memenuhi tujuan nasional ialah Indonesia wajib terlibat dalam mendamaikan dunia.

Indonesia adalah bagian dari masyarakat global. Keterlibatan Indonesia dalam mewujudkan kedamaian dunia telah menjadi kewajiban. Impian kemerdaakan Indonesia pun sudah mengungkapkan, segala upaya penjajahan perlu dimusnahkan. Sebab kemerdekaan merupakan hak. Itulah Apa yang Melandasi Bangsa Indonesia Untuk Berkontribusi Dalam Perdamaian Dunia.

Oleh karena itu, sudah seharusnya Indonesia ikut serta membuat bangsa-bangsa terjajah mendapatkan kemerdekaan. Selain itu, dengan mengikuti Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB, Indonesia sudah membukti bahwa Nusantara aktif dalam menciptakan kedamaian.

Indonesia pun sempat menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB pada masa 2019-2020. Hal itu terjadi pada 8 Juni 2018 lalu. Indonesia bersama Jerman, Afrika Selatan, Belgia, dan Repbulik Dominkia, membuka periode tugas pada 1 Januari 2019 sampai 31 Desember 2020.

Di Asia Tenggara, Indonesia pun Indonesia berperan di Asean. Indonesia mendukung gerakan area bebas nuklir. Hal itu merupakan bentuk peran Indonesia dalam mewujudkan kedamaian dunia.

Nah itu dia beberapa penjelasan mengenai Apa yang Melandasi Bangsa Indonesia Untuk Berkontribusi Dalam Perdamaian Dunia. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami