Cianjur Update

Jamaah Haji Asal Cianjur Dibatasi, Jadwal Pemberangkatan 2022 Belum Pasti

CIANJURUPDATE.CO, Cianjur – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur belum dapat memastikan pemberangkatan jamaah haji di tahun 2022. Bahkan, kuota jamaah haji di tahun ini pun dibatasi hanya 629 orang.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Cianjur H Usep Muhamad Tammam mengaku, pihaknya masih menunggu jadwal pemberangkatan haji di tahun 2022.

“Menunggu hasil kurah, jadi kurah insya pada tanggal 23 Mei, jadi kami akan diundang rapat, kurah akan diundi, sekarang Cianjur pada kloter berapa, hari apa, tanggal berapa. Jadi sampai sekarang belum ada hasil kurah dan masih menunggu,” kata dia kepada wartawan, Senin (23/5/2022).

Baca Juga: Perkokoh Persatuan Bangsa, Tjetjep Muchtar Soleh Sosialisasikan Pilar Kebangsaan di Desa Cikahuripan

Usep menjelaskan, berbagai persiapan terus dilakukan. Sementara itu, di beberapa tahun sebelumnya, jamaah haji asal Cianjur dibagi menjadi tiga kloter, yaitu dengan peserta sebanyak 1361 jamaah.

“Kalau tahun sekarang pengurangan kuota, yaitu menjadi 46 persen, di angka 629 yang pemberangkatan tahun ini 2022. Masyarakat Alhamdulillah antusias, daftar saat ini menggeliat seiring dengan umrah juga menggeliat,” ungkap Usep.

Jamaah Haji Cianjur 2022 Dimohon Berdoa

Dirinya pun menyampaikan kepada jamaah Cianjur dengan jadwal pemberangkatan haji di tahun 2022 ini agar tetap berdoa dan bersyukur.

“Mudah-mudahan maskud tujuan terutama sekali diberikan keselamatan dan kesuksesan dalam pemberangkatan jaji. Yang masih tertunda tetap bersabar, ini terkait dengan panggilan Allah SWT,” jelas Usep.

Tolong bersabar, insya Allah pada waktunya ketika Allah sudah memberikan takdir insya Allah kami siap melayani,” imbuh dia.

Selain itu, dia pun mengungkapkan, jamaah haji Cianjur dengan jadwal pemberangkatan tahun 2022 kebanyakan yang tahun kemarin tertunda. 

“Jadi dua tahun yang tertunda itu, 2020, 2021. Sekarang tahun 2022 Alhamdulillah terjadi persiapan untuk keberangkatan. Tapi yaitu dengan pengurangan kuota,” kata dia.

“Yang berangkat tahun ini, berdoa juga untuk jamaah yang lain, mudah-mudahan untuk di tahun selanjutnya normal kembali,” ujar Usep.

Selain itu, dirinya menambahkan, pembatasan pemberangkatan jemaah haji Cianjur di 2022 ini adalah kebijakan dari Saudi Arabia.

“Jadi kami sebagai tamu hanya mengikuti aturan yang di sana (Saudi Arabia),” tutup dia.(afs)

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami