Cianjur Update

Jokowi Jelaskan Mekanisme Bantuan Rp50 Juta Untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur

CIANJUR UPDATE, Cianjur – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kembali meninjau lokasi bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Senin (5/12/2022). Presiden Jokowi pun menjelaskan mengenai bentuk bantuan terhadap warga terdampak gempa.

Soal bantuan Rp50 juta untuk rumah rusak bera, Rp25 juta untuk rusak sedang, dan Rp10 juta untuk rusak ringan, Jokowi menjelaskan bantuan akan disalurkan secara langsung. Tidak hanya itu, ia pun mengatakan, bantuan juga disalurkan lewat tabungan.

“Ada yang langsung, ada yang lewat. Semuanya sudah disiapkan mekanisme,” ucap dia kepada wartawan, Senin (5/12/2022).

Tidak hanya itu, Jokowi pun mengungkapkan, banyak pengungsi ingin pembangunan rumahnya segera dimulai. Maka, dia menegaskan pada hari ini pembangunan rumah relokasi di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku segera dilaksanakan.

“Hari ini dimulai pembangunannya,” tegas dia.

BACA JUGA: Fokus Bantu Korban, DPC PDI-P Cianjur Dirikan 13 Posko Bantuan

Selain itu, Jokowi pun menyebut, pada Kamis (8/12/2022), bantuan terhadap warga yang rumahnya rusak akan dilaksanakan. Saat ini, pihaknya masih melaksanakan persiapan dan verifikasi. 

“Kamis yang bantuan Rp 50 juta, Rp 25 juta, dan Rp 10 juta juga diberikan sehingga masyarakat mulai ikut beraktifitas membangun rumahnya, kita harapkan juga ada kegiatan masyarakat, ada kegiatan ekonomi, itu yang kita harapkan,” ungkap dia.

Soal waktu pembangunan dan pemberian bantuan, Jokowi berharap bisa secepatnya. Akan tetapi, ia mengatakan dengan jumlah kerusakan yang banyak, tentu tidak dibatasi oleh waktu.

“Ini jumlahnya tidak sedikit, totalnya 56 ribu,” ucap dia. 

Mengenai lokasi relokasi rumah warga terdampak gempa Cianjur di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Jokowi mengatakan lokasi tersebut sudah teruji keamanannya melalui kajian. 

“Itu sudah lewat uji kajian dari BMKG dan dari instansi yang terkait, itu sudah semua,” tutup dia.(afs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami