Cianjur Update

Kisah Kakek-Nenek di Haurwangi Cianjur Tinggal di Rutilahu yang Hampir Roboh

CIANJUR UPDATE, Haurwangi – Kakek dan nenek di Kampung Cipetir RT 02/08, Desa Sukatani, Kecamatan Haurwangi, Cianjur masih hidup di rumah tidak layak huni (rutilahu).

Rumah itu milik Emak Uum (50). Diketahui, seluruh bagian rumahnya telah roboh dan rusak. Tentu tidak layak untuk di tempati.

“Kalau hujan semuanya bocor, kadang-kadang suka ngikut di tetangga karena takut roboh apalagi kalau ada angin,” kata Emak Uum pada wartawan, Kamis (9/6/2022).

Ternyata, Emak Uum tinggal bersama suami dan cucunya di rutilahu Haurwangi, Cianjur tersebut. Selain itu, Emak Uum dan suaminya kerap sakit-sakitan.

“Suami sudah tidak bekerja karena sakit sudah lama, anak saya bekerja bangunan tidak cukup untuk merenovasi rumah ini,” ungkap dia.

Tetangga Emak Uum, Eti (50) mengatakan, rumah tersebut sudah tidak layak huni selama setahun. Hingga saat ini, lanjut dia, belum ada perbaikan atau bantuan dari siapapun.

“Udah pernah ngajuin juga kaya ke Desa di bantu RT, RW tapi katanya jawabannya iya nanti nanti gitu jawabannya,” ungkap dia.

Baca Juga: Jalan Kaki Dari Jakarta Menuju Garut, Pria Asal Depok Meninggal Di Cianjur
Penampakan bagian dalam rutilahu yang ditinggali Emak Uum (50) dan suaminya di Haurwangi, Cianjur.(Foto: Istimewa)

Walaupun anak Emak Uum bekerja, kata, Eti, namun penghasilannya hanya cukup untuk makan dan berobat bapaknya. Selain memenuhi kebutuhan anak-anaknya.

“Mau gimna ngerenovasi, ada juga buat makan, buat anaknya dan juga buat berobat, kerena kan udah pada sakit, Mak Uum juga sama biasanya ikut serabutan sama petani sekarang enggak kadang sakit,” ucap dia.

Tidak hanya itu, Eti pun menjelaskan, suami Ema Uum enggan keluar dari rumahnya. Meskipun, rumahnya sendiri sudah hampir roboh.

“Apalagi kalau hujan di suruh keluar juga gak mau, dia di dalam aja ngeliatin rumah gak mau keluar takutnya kan pas hujan ada angin takut roboh,” ucap dia.

Eti berharap, ada pihak manapun yang mau membantu Emak Uum untuk merenovasi rumahnya. Sehingga bisa kayak ditinggali.

“Saya juga suka kasian, saya juga pengen bantu tapi saya juga gak punya, ya semoga aja ada dari pihak manapun yang bisa membantu keluarga Emak Uum,” tutup dia.(afs)

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami