Cianjur Update

Mengenal Sekolah, 432 Siswa MAN 1 Cianjur Ikuti Matsama 2022

CIANJUR UPDATE, Cianjur – Sebanyak 432 siswa MAN 1 Cianjur menjalani Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) MAN 1 Cianjur pada Senin (18/7/2022). Kegiatan ini dilakukan di Aula Serbaguna MAN 1 Cianjur dan berlangsung selama tiga hari hingga Rabu, (20/7/2022).

Dari pantauan Cianjur Update, tampak siswa-siswi memadati aula dengan mengenakan pakaian SMP. Mereka duduk secara lesehan di lantai aula sembari menyimak penyampaian materi tentang pengenalan sekolah yang akan menjadi tempat belajarnya.

Tidak hanya siswa baru, tercatat ada dua siswa pindahan kelas XI yang ikut serta dalam kegiatan Matsama. Hal ini dilakukan untuk mengenal lebih jauh tentang tempat belajar mereka yang baru.

Wakil Kepala MAN 1 Cianjur Bidang Kesiswaan, Dadang Romawi mengatakan, Matsama tahun 2022 menjadi yang pertama kalinya digelar secara tatap muka. Sebelumnya, Matsama digelar secara online selama dua tahun akibat penyebaran virus Covid-19.

“Insya Allah tidak ada kendala dari para peserta dan juga panitia. Meskipun, panitia Matsama yang tahun ini juga tidak menjalani dan melaksanakan Matsama tatap muka sebelumnya,” ucap dia kepada Cianjur Update, Senin (18/7/2022).

Dadang pun mengungkapkan, meskipun para peserta menjalani pembelajaran daring selama dua tahun tidak menyurutkan semangat. Dirinya menilai para peserta antusias menjalani Matsama.

“Indikator antusiasnya adalah mereka datang tepat waktu. Ketika pukul 06.30 datang untuk upacara bendera, mereka tidak ada yang terlambat,” jelas Dadang.

Mengenal Sekolah, 432 Siswa MAN 1 Cianjur Ikuti Matsama 2022
432 siswa baru MAN 1 Cianjur mengikti Pra-Matsama pada, Sabtu (16/7/2022).(Foto: Afsal Muhammad/cianjurupdate.com)

Pria yang akrab disapa Daro ini mengatakan, peserta didik baru diharapkan bisa cepat beradaptasi dengan sistem pembelajaran tatap muka. Sehingga, bisa megnenal guru, teman, dan kakak kelasnya.

“Dengan Matsama ini juga diharapkan sekolah bisa menggali minat bakat mereka. Contohnya ada yang sudah tahfidz quran bisa diarahkan ke ekskul yang relevan dengan bakat mereka,” ucap dia.

Tidak hanya itu, dirinya pun menekankan tentang penerapan tata tertib yang berlaku di MAN 1 Cianjur. Hal ini tentunya dilakukan demi terciptanya iklim sekolah yang kondusif.

“Jadi disampaikan juga pelanggarannnya dan juga poin-poinnya,” jelas dia.

Tahun ini MAN 1 Cianjur mengalami peningkatan jumlah siswa baru. Sebelumnya, MAN 1 Cianjur hanya menerima 10 rombongan belajar (rombel), sementara kini menerima 12 rombel.

“Alhamdulillah peningkatan, kita menerima untuk 12 kelas dengan jumlah siswa per kelasnya 36 orang. Dan Alhamdulillah penuh,” ungkap Dadang.(afs)

Berita Terkait

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami