Nasional Update

MLFF, Sistem Pembayaran Tol Terbaru Bakal Gantikan E-Toll

MLFF, Sistem Pembayaran Tol Terbaru Bakal Gantikan E-Toll

MLFF adalah sistem pembayaran terbaru yang akan hadir menggantikan E-Toll . Sistem Multilane Free Flow atau MLFF ini memang berbeda dengan sebelumnya yang memungkinkan pengemudi dapat melakukan pembayaran tanpa berhenti terlebih dahulu di pintu atau gerbang tol.

Sebelum berlakukan sistem MLFF pengemudi biasanya berhenti di pintu atau gerbang toll untuk melakukan pembayaran dengan menempelkan kartu E-Toll pada mesin pemindai yang telah tersedia di gerbang tol.

Namun, kini pengemudi tidak perlu menempelkan kartu yang terkadang saat masuk gerbang tol bikin macet dan laju kendaraan terhambat sehingga membuat kemacetan. Sistem baru ini menjadi kemudahan dan kenyamanan bagi pengemudi tidak repot melakukan hal tersebut.

Apa Itu MLFF

Sebelum mengenal lebih dekat tentangMLFF terlebih dahuhu ada baiknya memahami maupun mengetahui apa itu MLFF?. Melansir Indonesiabaik.id Multi Land Free Flow atau MLFF adalah pembayaran tol tanpa berhenti.

Atau dengan kata lain pengguna jalan tol tidak perlu berhenti di gerbang jalan tol hanya untuk membayar tol apalagi sampai antri melakukan pembayaran  di gerbang tol. Sistem ini memungkinkan pengguna transaksi memakai aplikasi  di smartphone  dengan tehnologi Global Navigation  Satelit System dan dibaca oleh satelit.

Kemudian sistem MLFF tersebut pasang dalam mobil dan ketika kendaraan melaju menuju gerbang tol terus alat ini akan terbaca melalui sistem di satelit. Sistem pembayaran tol terbaru yang rencananya akan dikenalkan dan diterapkan secara penuh akhir tahun 2022 memang berbeda dan menarik.

Baca Juga: Cara Bikin e-KTP Terbaru 2022,  Begini Syarat  dan Ketentuannya yang Penting Diketahui

Meski secara resmi diterapkan tahun 2023, tetapi tahap awal akan mulai ujicoba pada 40 ruas tol yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali tahun 2022. Menurut Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan sistem MLFF masih dalam bentuk konsep dan masih proses riset oleh pihak Badan Pengatur Jalan Tol atau BPTJ. Riset tersebut melibatkan beberapa pihak terkait, termasuk PURR.

Melansir dari laman resmi  Badan Pengatur Jalan Tol atau BPTJ Sistem Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PURR). Sistem MLFF telah lama direncanakan tahun sebelumnya sekitar tahun 2021kemudian dikembangkan tahun 2022 dengan melakukan riset oleh BPJT.

Penggunaan MLFF mengurangi antrian kendaraan di gerbang tol yang biasanya 4-10  detik. Maka sejak diperlakukan sistem baru tidak ada lagi antrian kendaraan membuat macet sehingga memperlancar arus lalu lintas.

Teknologi nirsentuh yang bernama MLFF, menjadi inovasi baru dalam berlalu lintas di jalan tol. Keberadaannya mampu memperlancar laju kendaraan membuatnya nyaman dan aman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami